Beberapa Kelebihan Monopod Kamera yang Harus Anda Ketahui  

Beberapa Kelebihan Monopod Kamera yang Harus Anda Ketahui  

Bagi Anda yang senang melakukan perjalanan wisata dengan tidak lupa melakukan hobi fotografi, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya monopod kamera. Monopod sendiri sangat berguna mengambil gambar atau video tanpa harus meminta bantuan orang lain untuk prosesnya. Monopod hampir menyerupai tripod. Perbedaannya tripod memiliki tiga kaki yang berfungsi untuk menopang kamera, sedangkan pada monopod hanya memiliki satu kaki untuk berpijak. Monopod biasanya sering digunakan untuk kegiatan memotret pertandingan sepak bola atau memotret burung.

 Beberapa Kelebihan Monopod Kamera yang Harus Anda Ketahui  

Meskipun memiliki fungsi yang sama dengan tripod, yaitu membantu mempermudah pengambilan objek gambar tanpa harus meminta bantuan orang lain, namun monopod memiliki kelebihan tersendiri. Jika Anda mencari alat yang membantu menstabilkan kamera dari guncangan atau memotret di dalam ruangan dengan kondisi yang minim cahaya, maka monopod menjadi pilihan yang tepat. Monopod sendiri memiliki beberapa kelebihan yang sangat tepat digunakan untuk membantu kegiatan fotografi. Berikut ini beberapa diantaranya:

Lebih ringan dan ringkas.

Monopod memiliki bentuk yang ringkas, bisa dilipat bahkan dimasukkan ke dalam tas kamera. Selain itu lebih ringan dibandingkan dengan tripod yang beratnya bisa 3x lipat dibandingkan dengan monopod.

Cepat dirakit.

Untuk menggunakan monopod kamera pun cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya tinggal mengulurkan monopod kemudian memasang kamera dan memposisikannya ke tanah sebelum digunakan. Berbeda dengan tripod yang cara memasangnya harus merentangkan terlebih dahulu ketiga kakinya satu persatu. Jika permukaan tanah atau pijakannya tidak rata akan membuat tripod tidak seimbang.

Lebih lincah.

Monopod sangat tepat digunakan pada kondisi dan situasi yang mana membutuhkan kestabilan dan kelincahan untuk bergerak. Karena lebih ringan dan ringkas untuk dibawa kemana-mana, monopod menjadi salah satu alat fotografi favorit, terutama untuk mengambil gambar pertandingan olahraga.

Baca Juga : Jangan Salah Memilih Monopod Kamera

Harga yang relatif lebih murah.

Monopod juga terbilang lebih terjangkau untuk didapatkan. Anda bisa memiliki alat fotografi ini untuk yang berkualitas tinggi dan mampu menahan beban seberat 10 kg hanya pada kisaran harga 500 ribu rupiah saja.

Perspektif lebih keren.

Jika Anda memiliki lensa wide ataupun fish eye bisa memasangkannya ke monopod. Lakukan penyetingan set memotret dengan timer. Angkat monopod Anda pada posisi yang tinggi. Cara ini akan memungkinkan Anda bisa memotret dalam perspektif yang tinggi dan berbeda.

 

Monopod kamera memang merupakan alat fotografi yang berguna untuk mempermudah pengambilan objek gambar. Namun yang perlu diingat saat membeli alat fotografi yang satu ini, pastikan bahwa monopod mampu menahan beban kamera Anda. Meskipun banyak monopod yang sudah mampu menahan beban kamera DSLR, namun tidak semua yang dijual di pasaran mampu untuk melakukan hal yang sama. Untuk itu Anda perlu memperhatikan dengan seksama spesifikasi pada masing-masing monopod yang dijual di pasaran.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *