Category Archives: Tips & Trik

Tips Melakukan Setting Kamera B Pro 5  

Memiliki kamera B Pro 5 namun tidak bisa melakukan pengaturan? Contohnya saja seperti untuk menghubungkan kamera dengan smartphone. untuk melakukan penyettingan, Anda bisa menyiapkan kamera dan smartphone pastinya. Di sini, Anda dapat menggunakan Android atau pun iPhone untuk alat bantu menghubungkan dengan kamera.

 

Aktifkan WiFi yang berada di action kamera. Untuk mengaktifkan WiFi cukup mudah karena hanya perlu menekan tombol yang berada di bagian atas dan terdapat gambar WiFi selama beberapa detik. Harus diketahui, di tahap ini kamera harus berada di mode video. Jika WiFi sudah aktif, nantinya lampu indikator WiFi bisa dilihat di mode pengaturan dan mencari tulisan password, klik oke agar bisa melihat password kamera Anda. biasanya kamera menetapkan password standar yakni 12345678. Anda tidak perlu cemas karena password ini dapat diubah sesuai dengan keinginan Anda.

 

Ketiga, buka WiFi dari smartphone dan buka aplikasi Brica. Anda bisa melakukan setting kemudian B Pro 5 dan masukkan password dari kamera. Untuk aplikasi, bila belum mempunyai aplikasi di smartphone, Anda bisa melakukan download secara gratis di Google Play Store. Sedangkan untuk IOS Anda bisa menggunakan aplikasi Linkineyes. Jika layar di kamera mati, ini tandanya Anda sudah sukses menghubungkan kamera dan tinggal menggunakan kamera kesayangan bersama dengan teman-teman.

 

Menggunakan kamera yang berkualitas seperti B Pro, pasti ingin agar hasil foto juga menjadi yang terbaik. Apalagi, ketika pengambilan gambar dilakukan di malam hari. Untuk melakukan setting kamera di malam hari, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

 

Berikut beberapa tips melakukan setting kamera B Pro 5 saat malam hari, antara lain:

 

  • Setting ISO lebih tinggi. ISO merupakan tingkat sensitifitas dari kamera pada cahaya. Bila semakin tinggi ISO akan semakin sensitif pula pada cahaya, sehingga ketika malam hari diperlukan ISO yang lebih tinggi agar dapat menghasilkan sebuah gambar yang lebih terang. Setting ISO bisa berada di angka 400 hingga 1600. Namun Anda harus ingat, bila setting terlalu tinggi bisa memunculkan noise berlebihan,
  • Melakukan setting eksposur ke plus. Eksposur merupakan jumlah paparan cahaya yang diterima sensor kamera. Ini maksudnya ialah bila kita melakukan penyettingan eksposure di angka minus, cahaya yang ditangkap bisa menjadi lebih sedikit, dan bila eksposur plus, sensor bisa menangkap cahaya dengan lebih banyak,
  • Matikan anti getar. Anti getar di dalam kamera action digunakan sebagai anti guncangan ketika mengambil gambar saat melakukan pergerakan atau tangan tidak stabil. Fungsi fitur ini bisa membantu sehingga gambar yang muncul akan tetap jelas. Sayangnya, bila fitur ini diaktifkan, nantinya secara otomatis, sensor bisa menghambat cahaya yang sedang masuk. Sehingga, lebih baik kita mematikannya namun menggunakan kamera dengan hati-hati.

 

Tahukah Anda Perbedaan dari Kamera SLR dan DSLR?

Bagi para pecinta dunia fotografi, apalagi mereka yang telah mengenal lika-liku dengan baik, sudah pasti tidak asing lagi dengan adanya kamera SLR dan DSLR. Mungkin Anda mengira jika kamera ini adalah kamera yang sama, dengan kata lain, entah SLR atau pun DSLR, keduanya sama. Padahal, kedua kamera ini memiliki perbedaan. Dari dua kamera ini, mungkin yang sering Anda kenal atau Anda gunakan adalah DSLR.

Sebenarnya, kamera memang digunakan untuk mengabadikan momen penting, dengan kamera profesional, Anda akan memperoleh hasil gambar dari apa yang telah Anda abadikan sebelumnya. Di pasaran telah ada berbagai macam jenis kamera seperti kamera Saku, SLR dan DSLR. Untuk masalah harga, dari beberapa kamera di atas sudah pasti mempunyai keragaman harga, ada harga yang dibanderol murah, namun ada pula yang dibanderol dengan cukup mahal.

Bagaimana dengan kamera SLR? Seperti yang kita tahu, SLR mempunyai kepanjangan Single Lens Reflex atau menggunakan satu lensa saja. Artinya cahaya dibawa oleh satu lensa di dua tempat sekaligus, yakni di focal plane serta view finder. Dengan demikian, Anda akan memperoleh gambar berlayar yang sebenarnya mempunyai kesamaan persis atau sama dengan hasilnya. Fotografer bisa memastikan ketika pengambilan gambar di layar. Setelah gambar di ambil, jepretan akan disimpan di gulungan film, dengan gulungan ini, Anda bisa dengan mudah untuk mencetak. Namun, si pemilik tidak bisa melakukan modifikasi atau melakukan edit foto sebelum pencetakan. Ini adalah salah satu kelemahan yang dimiliki SLR.

Kedua, kamera DSLR. Kamera ini mempunyai kepanjangan Digital Single Lens Reflex. Kamera ini merupakan kamera modern. Di dalamnya sudah dibekali dengan sistem yang bisa memfokuskan cahaya di viewfinder. Kamera ini tidak memerlukan gulungan film karena secara otomatis menyimpan gambar ke memori card. Untuk menggunakannya juga tidak bisa sembarangan. Anda diharuskan mengerti titik fokus sehingga gambar yang dihasilkan bisa sesuai dengan apa yang diinginkan, kamera ini mempunyai LCD yang dapat menampilkan hasil dari pengambilan. Anda bisa memilih, apakah ingin menyimpan gambar atau menghapusnya. Untuk mencetaknya juga mudah dilakukan, Anda hanya membutuhkan printer dan kemudian mengcopy dari memori kamera ke laptop, kemudian melakukan pencetakan. Bila Anda memiliki profesi sebagai seorang fotografer namun kamera ini sangat direkomendasikan karena di dalamnya telah disematkan mode yang bisa mempermudah urusan pengambilan gambar.

Dari dua kamera tersebut, kedua-duanya dicap sebagai trend kamera yang paling baik. bila dulu ada orang yang membawa kamera SLR atau kamera DSLR, dipastikan mereka ialah fotografer, namun sekarang sudah berbeda karena banyak remaja yang sudah menenteng kamera ini. kamera ini tetap saja menjadi barang mewah, namun bisa dibeli oleh siapa pun serta tidak mengharuskan fotografer saja yang bisa memilikinya.

 

Tips Menggunakan Gopro Hero 3 Agar Hasil Gambar Lebih Menarik

Gopro Hero 3 merupakan salah satu kamera action yang bisa memudahkan kita mengambil gambar dimana pun. Bahkan Anda dapat menggunakan Gopro ini untuk mengambil gambar ketika di dalam air ketika sedang berenang atau melakukan diving. Tidak mengherankan bila sekarang ini banyak orang yang menggunakan Gopro untuk mengambil gambar ketika sedang berada di berbagai macam tempat yang menakjubkan. Tetapi, apakah Anda tahu beberapa trik yang dapat membuat gambar yang dihasilkan kamera ini menjadi menakjubkan? Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat gambar menjadi menakjubkan.

Pertama, tak perlu ragu mencoba sudut berbeda. biasanya, foto yang paling baik atau yang paling berkesan dihadirkan oleh sudut tidak biasa. Anda bisa membiarkan imajinasi berjalan secara sendirinya agar menghasilkan foto dan video yang memiliki hasil lebih baik. contohnya saja saat akan mengambil video yang bermain sepatu roda. Anda cukup membiarkan kamera Gopro Anda di lantai, nantinya Gopro akan menangkap seluruh pergerakan para pemain sepatu roda. Dari sini, kita bisa menilai jika orang-orang sering menggunakan sudut gambar bagian atas, padahal mengambil bawah dari sudut bawah juga tak masalah.

Kedua, pendek dan tajam. Jika ingin mengambil video dengan menggunakan Gopro Hero 3, Anda bisa merekam video dengan durasi yang cukup pendek, selain itu pertajam objek yang sekarang ini Anda rekam. Sebenarnya, tidak masalah membuat video yang memiliki durasi panjang, namun hal ini bisa sangat membosankan bagi mereka yang melihatnya. Anda bisa mencoba merekam video menggunakan Gopro dengan durasi tidak lebih dari 3 menit. Setelah itu usahakan mempertajam objek yang sekarang di rekam agar bisa merebut perhatian orang yang melihat video tersebut.

Ketiga, belajar dari mereka yang berpengalaman dan profesional. Tidak perlu ragu untuk mempelajari teknik pengambilan gambar yang baik oleh para profesional. Contohnya, Anda tidak pernah mencoba mengambil gambar dengan melekat di helm saat bersepeda. Sementara itu mereka yang sudah profesional sering mencoba hal tersebut. Mengapa Anda tidak ikut mencoba teknik tersebut? Anda bisa bergabung dengan komunitas untuk memperoleh teknik yang terbaik untuk mengambil gambar. Selain itu Anda dapat mempelajari cara menggunakan Gopro yang tepat.

Terakhir, menggunakan Gopro Hero 3 di dalam air. Salah satu cara untuk menggunakan Gopro sebagai alat merekam yang tidak dapat terjangkau oleh kamera biasa ialah menggunakannya di bawah laut. Sepertinya akan sangat rugi jika kita memiliki Gopro namun tidak menggunakannya di dalam laut atau untuk merekam keindahan laut. Untuk beberapa orang yang gemar menyelam, mereka tidak akan ragu karena bisa memberikan pengalaman baru, namun apakah Anda tidak ingin mencoba pengalaman baru ini?

Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Foto Liburan Anda

Liburan tentu menjadi momen yang selalu ditunggu, terlebih jika Anda liburan ke tempat yang baru. Pastinya yang tidak akan bisa dilewatkan adalah dengan mengabadikan setiap momen ketika liburan. Hal ini lantaran momen indah tersebut belum tentu bisa terulang lagi sehingga setiap momennya begitu berharga. Oleh karena itu pastikan siapkan kamera dan juga kartu memori besar sehingga muat menyimpan semua foto Anda. Selain itu, perindah lagi gambar-gambar Anda dengan aplikasi edit foto sehingga kian sempurna.

Pasti seringkali ada momen dimana gambarnya sebetulnya bagus, namun kurang sempurna baik pencahayaan kurang, gambar kurang tajam, ada beberapa bagian blur hingga ada obyek yang seharusnya tidak masuk justru masuk ke frame. Tentu hal ini menjadikan gambarnya kurang sempurna. Oleh karena itu, Anda butuh aplikasi untuk edit foto sehingga bisa membenarkan foto tersebut.

Bagi Anda yang kini sedang cari-cari referensi aplikasi untuk edit foto, maka berikut ini beberapa aplikasi yang bisa jadi pilihan:

  • VSCO

Untuk anak muda kekinian pasti tidak akan melewatkan aplikasi yang satu ini. Ya, VSCO memang aplikasi populer untuk edit foto. Dengan banyak pilihan filter yang ada di dalamnya menjadikan estetika dalam foto bisa lebih menonjol dan kian artistik. Anda pun dapat mengatur secara manual dari segi warna, cahaya hingga keseimbangan warnanya. Aplikasi gratis yang satu ini pasti akan mampu memuaskan Anda.

  • Tiny Planet

Bagi para penghobi traveling, aplikasi edit foto Tiny Planet ini adalah aplikasi yang pasti Anda butuhkan. Hal ini lantaran tak hanya kaya akan filter, namun aplikasi ini juga mampu mengubah foto Anda jadi kian unik dan berbeda. Namun bagi Anda yang menginginkan aplikasi ini, maka Anda butuh merogoh kocek karena aplikasi ini adalah aplikasi berbayar.

Cari tau juga beberapa aplikasi untuk editan foto terbaik di beritakamera.com

  • Enlight

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan di bidang desain grafis dan seni, maka Enlight ini akan jadi aplikasi yang sangat disarankan. Dengan aplikasi yang satu ini, maka Anda akan bisa mendapatkan foto dengan hasil berbeda dan pastinya artistik. Banyaknya pilihan latar belakang hingga frame yang dapat ditimpa foto akan menjadikan foto Anda lebih menarik lagi.

  • Snapseed

Apabila Anda cukup detail dalam hal edit foto, maka aplikasi Snapseed ini akan sangat cocok Anda pilih. Ada berbagai aspek yang dapat diedit dengan Snapsees misalnya pengaturan warna, cahaya, fading hingga ke aspek lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto Anda. Tak hanya untuk para penghobi traveling saja, namun semua aplikasi ini juga bisa digunakan semua orang. Anda butuh latihan dulu dalam edit foto sehingga tiap menunya bisa dipergunakan.

Pilah-pilih Kamera Video Terbaik dengan Trik Jitu Berikut Ini!

Kamera cenderung identik dengan perangkat yang digunakan untuk berfoto. Namun banyak juga yang menggunakannya untuk membuat video juga. Jika Anda ingin kamera yang bisa memberikan kualitas video terbaiknya maka kamera video lebih disarankan untuk dimiliki. Kamera untuk video ini tentu alat yang tepat dalam mengabadikan tiap momen terbaik dalam bentuk video. Dengan memiliki kamera khusus video, maka tentu video yang Anda hasilkan akan lebih baik.

Mengabadikan momen tentunya menjadi aktivitas yang amat penting mengingat momen-momen dalam kehidupan tidak bisa terulang lagi. Mengabadikannya dalam foto mungkin bisa dilakukan, namun mengabadikan semuanya dalam video pasti akan kian istimewa sehingga Anda bisa mengingat kembali memori sebelumnya. Jika kini Anda sedang mencari kamera khusus video, maka berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Harga

Mengapa harga jadi tips pertama? Hal ini lantaran setiap kamera khusus video dibanderol dengan harga yang berbeda-beda. Selain itu setiap orang juga punya budget-nya masing-masing. Untuk jenis kamera yang termurah biasanya dibanderol dengan harga mulai dari 5 jutaan. Namun untuk harga kamera premium adalah puluhan juta rupiah. Tentunya untuk harga kamera yang murah dan premium selalu ada perbedaan, namun ada baiknya menyesuaikan saja dengan anggaran yang dimiliki.

  • Sesuai kebutuhan

Ketika Anda membeli kamera khusus video, maka ada baiknya jika Anda sudah menentukan obyek apa yang Anda ingin rekam. Mengapa harus? Tentu harus, karena nantinya hal ini pun akan menjadi faktor yang menentukan kamera seperti apa yang Anda pilih.

  • Kemampuan bidik dalam gelap

Merekam momen tak hanya dilakukan ketika siang hari dan cerah saja, namun juga dilakukan ketika malam hari atau ketika kondisi gelap. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda bisa mempertimbangkan kemampuan kamera video untuk merekam dalam kondisi gelap.

  • Kemampuan auto fokus

Fungsi auto fokus secara khusus adalah dipakai untuk membidik obyek bergerak. Dengan fungsi ini, maka Anda akan bisa mengabadikan momen dalam aktivitas dan kondisi apapun juga. Oleh karena itu pastikan untuk mengecek kecepatan dalam penyesuaian fokus pada kamera sebelum memutuskan membelinya.

  • Kualitas suara

Video tak sama seperti foto mengingat video adalah gambar bergerak. Oleh karena itu jangan hanya mempertimbangkan pada kualitas gambar saja, namun juga kepada kualitas suara juga. Dengan kualitas suara yang maksimal, maka ketika rekaman video diputar pun akan memuaskan.

Saat ini hampir semua perusahaan kamera mengeluarkan produk kamera khusus videonya. Tentunya hal ini membingungkan bagi Anda yang akan membelinya. Oleh karena itu, pertimbangkan beberapa hal tersebut sehingga bisa dipilih kamera video yang memang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

 

Rekomendasi Kartu Memori untuk Smartphone Android Terbaik

Perkembangan gadget beberapa tahun belakangan ini memang bisa dibilang sangat cepat dan signifikan. Tak heran jika tiap tahunnya terus bermunculan ragam produk yang baru di pasaran gadget dan meramaikannya. Selain spesifikasi mumpuni dari gadget, ada juga hal lain yang tak kalah penting yakni dari segi kartu memori. Dengan tersedianya memory card ini, maka pengguna pun akan bisa menyimpan file dengan lebih bebas.

Memory card memang sangat dibutuhkan. Hal ini lantaran kapasitas simpan di dalam smartphone pun terbatas. Tak heran jika hampir semua pemilik smartphone hampir pasti memiliki memory card ini. Perlu diketahui jika setiap memory card memiliki kecepatan yang berbeda. Kecepatan ini tentu akan sangat berpengaruh pada transfer datanya. Bagi Anda yang kini sedang bingung ingin membeli memory card, maka berikut ini beberapa rekomendasi memory card terbaik yang bisa jadi referensi Anda:

  • SanDisk Extreme 16 GB MicroSDHC

Yang pertama ada SanDisk Extreme 16 GB MicroSDHC adalah perangkat media eksternal penyimpanan yang sudah dikenal dengan kecepatan akses datanya lebih cepat dibanding dengan sejenisnya. Dalam hal kecepatannya. Maka micro SD pabrik dari SanDisk ini bisa memberikan kecepatan sampai 90 MB per detiknya. Dengan begitu, Anda akan diberikan kemudahan dalam hal transfer data. Selain bisa dipakai dalam smartphone, Anda juga bisa memakainya di perangkat lain mulai dari tablet, kamera dan lainnya. Harganya pun masih terjangkau yakni sekitar 160 ribu saja.

Baca Juga: Tips Penting Memilih Kartu Memori yang Tepat Sesuai Kebutuhan

  • Samsung Evo+ Class 32 GB microSD

Jika Anda ingin kapasitas lebih besar untuk memory card yang diinginkan, maka Anda bisa memilih memory card dari Samsung. Untuk seri Samsung Evo+ Class 32 GB ini kecepatan transfernya juga cepat yakni hingga 80 MB per detiknya. Selain itu kartu memori dari Samsung yang satu ini juga memiliki ragam fitur unggulan misalnya saja tahan air, tahan suhu serta cuaca, tahan medan magnet dan juga tahan pada X-Ray. Meski memang kualitasnya mumpuni, namun Samsung tak membandrol produknya dengan harga yang mahal karena harganya hanya 150 ribu saja.

  • HP MicroSDHC 32 GB Class

Kartu memorinya dengan kapasitas 32 GB ini juga memiliki kelebihan pada segi kecepatan transfer datanya. Kecepatan yang mencapai 95 MB per detik menjadikan kartu dari HP ini cukup difavoritkan banyak orang sehingga bisa lebih menghemat waktu. Jangan khawatir akan harganya karena Anda bisa memilikinya dengan 170 ribu rupiah.

Itulah beberapa rekomendasi kartu memori untuk smartphone yang bisa Anda jadikan alternatif pilihan. Semua kecepatannya sangat cepat sehingga akan memudahkan Anda dalam hal transfer data. Anda pun akan lebih hemat waktu ketika transfer file apapun juga.

Belajar Teknik Dasar Landscape Photography untuk Mengambil Gambar Alam

Ada banyak sekali masyarakat yang menggemari fotografi, sebagai hobby atau bahkan dijadikan sebagai sumber penghasilan mereka. Faktanya gambar-gambar berkualitas tinggi yang didapatkan nantinya bisa dijual untuk mendapatkan uang atau dibuat sebuah pameran, itulah yang membuat banyak diantaranya meluangkan waktu untuk sekedar berburu atau hunting gambar. Jenis fotografi yang digemari masing-masing orang juga berbeda, ada yang cenderung lebih senang memotret manusia, kemudian juga hewan ataupun pemandangan yang paling banyak diburu. Khusus untuk jenis fotografi alam ini maka Anda juga harus tau teknik-teknik mengenai landscape photography.

Pada dasarnya belajar fotografi memang tak hanya sekedar jepret-jepret saja, selain ada beberapa ilmu dasar yang agaknya penting untuk dikuasai, sehingga nantinya gambar yang dihasilkan juga memiliki makna, bukan sekedar indah. Tipe landscape photography ini pada dasarnya memang banyak dipilih karena membuat ruang dalam fpare terlihat lebih luas, tepat bagi yang senang dengan kegemaran memotret lingkungan.

Agaknya ada beberapa hal dasar yang perlu dipelajari terkait dengan memotret menggunakan model landscape tersebut, diantaranya adalah:

Baca Juga:6 Tips Foto Pada Waktu Malam Hari

  1. Tentukan obyek yang luas, seperti diantaranya adalah langit ataupun daratan. Obyek yang paling tepat digunakan untuk memotret menggunakan model landscape tersebut adalah langit dan juga daratan atau bahkan bisa kedua-duanya digabungkan, sehingga mendapatkan komposisi yang bagus.
  2. Tentukan titik fokus objek yang akan dibidik, kenyataannya karena terlalu luas bagian yang nantinya masuk dalam frame tak jarang menyebabkan sulit dalam menentukan mana obyek fokus utama. Sehingga ada baiknya menemukan lebih banyak komposisi obyek yang masuk dalam frame, kemudian pilih yang paling menarik, itulah acuan utama dalam membidik gambar.
  3. Bukan hanya background yang harus dilihat melainkan juga foreground, terkadang bagi mereka yang menikmati pemandangan indah, maka hanya background fokus utama dalam pengambilan gambar, padahal ada yang jauh lebih penting dan sering kali dikesampingkan yaitu keberadaan foreground. Komponen yang satu ini adalah pemanis yang akan memberikan arti dalam gambar yang diambil tersebut.
  4. Untuk hasil yang lebih stabil maka bisa diaplikasikan triport, ada kalanya dalam kondisi cuaca yang terlalu tinggi kecepatan anginnya menyebabkan pengambilan gambar menjadi shaking atau bergetar, Anda tentunya tidak bisa hanya dengan mengandalkan tangan, butuh bantuan sarana lain untuk membuat pengambilan gambar lebih stabil yaitu triport.
  5. Mainkan holder hour dan blue hour, ini adalah bagian yang jarang sekali disentuh oleh fotografer pemula, padahal dengan mengaplikasikan hal ini justru akan memberikan warna yang jauh lebih pekat pada gambar yang berhasil ditangkap.

Pada dasarnya landscape photography ini adalah salah satu bagian dari permainan tampilan alam dan juga teknik memotret untuk hasilkan gambar bagus.

Tips Penting Memilih Kartu Memori yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Kapasitas memori handphone sudah pasti terbatas. Oleh sebab itu, kita memerlukan kartu memori atau memory card agar bisa menambah kapasitas memori. Bila memori penuh, performa dari alat tidak bisa sempurna. Selain dapat digunakan di handphone, memory card ini bisa digunakan di tab, handycam hingga kamera. Bila Anda ingin menyimpan banyak data, Anda bisa mencoba produk memory card.

memory card sendiri sering digunakan di berbagai macam media seperti kamera digital, handphone, MP3 Player hingga perangkat game. Dengan teknologi terbaru yang dimiliki oleh memory card, Anda bisa sepenuhnya menikmati berbagai macam multimedia berkelas tinggi serta penyimpanan tinggi pula. Kecepatan transfer data pun mencapai 360 foto per menitnya atau sama dengan kecepatan transfer yang mencapai 48 mb per detik. Waktu Anda bisa digunakan untuk berkumpul bersama dengan keluarga dibandingkan dengan menunggu proses transfer data bisa selesai.

Kadang, kapasitas kartu memori ini sampai berada di batas maksimalnya, agar bisa menggunakannya, Anda harus memindahkan file ke memori yang lebih besar. Salah satu caranya ialah menggunakan adaptor karena adaptor di laptop tidak disediakan memory card. Anda bisa menggunakan adaptor yang mempunyai bentuk mirip memory card atau menggunakan adaptor yang mirip dengan flashdisk. Cara menggunakannya juga mudah. Di adaptor yang memiliki bentuk memory card, micro SD ditempatkan di bawah dan dimasukkan ke port yang ada di bagian laptop.

Baca juga:Kenali Cara Merawat Memori Kamera Anda Agar Tetap Tahan Lama

Alat adaptor ini berguna dipakai dimana saja, karena alat ini mempunyai desain yang cukup minimalis serta mudah ditaruh dimana pun. Sudah pasti tidak akan memakan banyak ruang. Dengan menggunakan alat ini, Anda juga tidak perlu cemas lagi karena bisa memindahkan data di dalam memori ke laptop hanya dengan mencolokkannya ke adaptor untuk penyambung dengan laptop.

Kembali ke kartu memoriberikut tips melakukan pemilihan memory card yang tepat, antara lain

  • Perhatikan jenis memory card. Sepintas, mungkin Anda menganggap sama jenis memory card, padahal ada perbedaan yang cukup terlihat dari SHDC serta SDXC. Untuk SDHC mendukung kapasitas 2 GB hingga 32 GB, sedangkan untuk SDXC telah mendukung 32 GB sampai 2 TB,
  • Perhatikan dukungan memory card di ponsel pintar Anda. satu foto dengan resolusi 16 MP dapat menghasilkan file yang mencapai 7 MB, agar bisa semakin leluasa menyimpan gambar, Anda bisa memilih memori dengan kapasitas yang mencapai 128 GB,
  • Kecepatan dari memory card. Semakin cepat kecepatan memory card yang Anda gunakan, akan semakin cepat juga Anda bisa mengelola seluruh file yang berada di dalam memory card. Bila Anda merupakan pengguna ponsel yang aktif menggunakan konten multimedia, lebih baik pilih memory card dengan kelas terbaik dan super cepat.

 

 

Rekomendasi Gear Lensa Kamera yang Dapat Anda Pilih

Apa arti kamera jika tidak ada lensa kameraDi waktu yang sama, banyak gear lensa yang malah membingungkan fotografer apalagi untuk mereka yang masih pemula. Apalagi ditambah dengan harganya yang cukup bervariasi membuat banyak dari kita menjadi pusing. Secara umum, jenis dari lensa di dalam kegiatan fotografi dibagi menjadi beberapa jenis yakni lensa fix, lensa zoom. Untuk jenis zoom serta fix mempunyai berbagai macam kelebihan, kegunaan serta kekurangan yang berbeda. ada beberapa tipe gear kamera lensa yang sekarang ini digunakan.

Pertama, lensa fix. Lensa ini mempunyai nama lain lensa prime. Jika Anda menemukan kamera yang memiliki kombinasi huruf “f” serta garis miring yang berjumlah hanya satu, tanda tersebut merupakan lensa prime yang memiliki jarak fokus satu arah dan tidak terdapat fitur seperti zoom. Walaupun demikian, aperturenya luas serta hasil gambar nan tajam bisa memudahkan kita untuk mengambil gambar pada situasi yang minim cahaya. Sehingga lensa ini mempunyai nilai tambah selain beratnya yang cukup ringan serta mudah dibawa kemana saja kita pergi.

Kedua, lensa wide. Lensa wide atau wide angle adalah jenis lensa kamera yang mempunyai kekuatan utama di pengambilan gambar yang lebar dengan jarak dekat atau pun jauh. Pengambilan gambar dengan lebar ini bisa membuat kamera dengan lensa wide cocok untuk mengatur foto landscape yang memerlukan banyak objek foto di dalamnya. Sekarang ini lensa wide terdapat berbagai macam pilihan focal leght mulai dari medium wide sampai extreme wide yang bisa memberikan sudut pandang yang lebar dari jangkauan mata Anda.

Baca Juga:Lensa Kamera Anda Akan Selalu Awet dengan Menerapkan Tips Berikut!

Ketiga, lensa tele serta makro. Apakah sekarang ini Anda sedang mencari gear lensa yang memiliki fokus fleksibel bisa memilih lensa makro atau tele. Panjang fokus dari tele kurang lebih 50 sampai 200 mm sehingga lensa ini sangat cocok untuk pengambilan gambar yang memerlukan jarak jauh seperti sports atau wildlife. Kedalaman gambar dari lensa ini juga memungkinkan Anda mengambil gambar dengan lebih terfokus di objek foto.

Berikut beberapa rekomendasi gear lensa kamera yang bisa Anda pilih, antara lain:

  • Canon EF 35 mm f/2 IS USM. Jika Anda ingin menggunakan barang antik tetap bisa berfungsi dengan baik Anda bisa memilih Canon EF 35 mm f/2 IS USM. Canon EF 35 mm f/2 IS USM mempunyai ciri khas yang tajam dan baik untuk memberikan gambar berkualitas baik,
  • Fujifilm Fujinon XF 35 mm. Fujifilm Fujinon XF 35 mm mempunyai fitur seperti tahan debu, cuaca serta cipratan air. Fujifilm Fujinon XF 35 mm bisa berfungsi di tempat dengan suhu yang mencapai minis 10 derajat. Fujifilm Fujinon XF 35 mm ini merupakan kamera yang banyak diburu pecinta dunia potret memotret.

 

 

Tips untuk Memotret Landscape Fotografi dengan Subjek Pemandangan Alam yang Indah

Fotografi saat ini banyak dijadikan hobi oleh banyak kalangan terutama kalangan menengah keatas. Menghasilkan foto yang indah dan berkualitas bukan hanya memerlukan sebuah kamera canggih yang memiliki harga mahal saja namun juga kerja keras, kreatifitas dan berbagai ilmu untuk dipraktekkan. Salah satu tehnik fotografi adalah mengambil gambar secara landscape dengan subjek paling banyak yaitu pemandangan alam. Pada landscape fotografi diperlukan tehnik yang lebih mahir dibandingkan memotret biasa atau subjek di perkotaan.

Bagi Anda yang ingin memulai untuk mengambil gambar landscape dengan subjek panorama alam, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan gambar dengan lebih tajam dan nyata

  • Lakukan survey sehari sebelum pemotretan di lokasi agar bisa menemukan angel dan waktu pemotretan yang tepat. Misalnya untuk waktu di pagi hari dan sore hari pasti memiliki pencahayaan yang berbeda dengan nuansa yang juga berbeda. Jika melakukan survey sehari sebelumnya maka Anda akan bisa menentukan waktu dan lokasi mana yang bisa menghasilkan foto terbaik untuk diabadikan.
  • Tentukan titik fokus.

Untuk pemotretan alam atau pemandangan, seringkali pemotret akan kebingungan menentukan titik fokus karena banyaknya keindahan yang disajikan Sang Pencipta. Namun hal tersebut jika tidak Anda putuskan akan mengurangi nilai hasil jepretan Anda. Anda bisa menentukan titik fokus antara daratan atau langit atau bahkan pohon ataukah awan. Jika ada makhluk hidup yang tak sengaja hinggap atau datang maka Anda juga bisa menentukan titik fokus hewan tersebut agar mendapatkan potret yang lebih nyata.

  • Berikan foreground.

Foreground merupakan rahasia landscape fotografi untuk memberikan kualitas foto yang lebih baik. Jangan lupa memberikan foreground di depan kamera untuk memotret fokus yang lebih jauh dibelakang. Dengan foreground yang tepat justru foto Anda akan terlihat lebih berdimensi dan lebih berskala untuk mendapatkan kualitas yang lebih bisa dibanggakan.

Baca Juga:5 Tips Foto Landscape

  • Manfaatkan gerakan alam.

Jika subjek Anda adalah pemandangan yang bergerak misalnya air terjun, hewan terbang atau sebagainya, bisa dimanfaatkan sebagai subjek yang menarik untuk dijadikan fotografi landscape. Dengan tehnik dan keahlian lebih, Anda bisa menghasilkan foto alam yang menakjubkan tanpa perlu menentukan subjek yang mengada-ada.

Tips di atas bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam tehnik landscape fotografiUntuk tehnik yang lebih mendalam dan detail, Anda bisa mempelajarinya melalui buku-buku atau literatur fotografi yang saat ini banyak didapatkan di pasaran. Selain belajar melalui buku atau literatur Anda juga bisa belajar secara otodidak melalui pengalaman diri sendiri atau orang lain. Banyak-banyak mengeksplor berbagai tempat untuk dijadikan subjek pemotretan agar Anda semakin kreatif untuk bisa menghasilkan foto unik namun berkualitas.