Category Archives: Tips & Trik

Tips Memilih Kamera CCTV yang Terbaik untuk Mobil Anda

Tips Memilih Kamera CCTV yang Terbaik untuk Mobil Anda

Kamera CCTV merupakan jenis kamera yang berukuran kecil dan bisa digunakan untuk kamera yang merekam berbagai kegiatan. Jenis kamera ini bisa diletakkan di banyak tempat dan digunakan untuk mengetahui berbagai kegiatan yang dilakukan di tempat tersebut. Sehingga bisa digunakan juga sebagai kamera pengaman. Misalnya kamera ini bisa dipasang di dalam rumah ataupun di bagian luar rumah untuk memantau keadaan sekitar, bisa dipasang di jalan, di gedung perkantoran, di tempat parkir, dan juga bisa untuk memasangnya di mobil. Ketika akan membeli kamera yang dipasang di dalam mobil tentunya bisa digunakan untuk menjadi kamera yang merekam di dalam mobil sehingga bisa digunakan sebagai kamera pengaman ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di dalam mobil seperti terjadinya kecelakaan atau pencurian. Ketika akan memilih kamera yang digunakan di dalam mobil ini ada beberapa pertimbangan yang bisa digunakan, seperti berikut ini:

 Tips Memilih Kamera CCTV yang Terbaik untuk Mobil Anda

  • Fitur yang ada di dashboard

Tips pertama ketika akan memilih kamera yang akan dipasang di mobil adalah memastikan bahwa mobil mempunyai fitur dasar. Seperti misalnya fitur continuous loop, g force sensor, dan juga emergency recording. Berbagai fitur tersebut akan dapat untuk membantu kamera bekerja dengan lebih baik untuk perekaman menggunakan kamera ini.

  • Kualitas gambar dari kamera

Pertimbangan selanjutnya ketika akan memilih kamera CCTV adalah dari kualitas gambarnya. Ketika akan memilih kamera yang digunakan untuk merekam berbagai kejadian dan juga digunakan sebagai pengaman maka gambar yang dihasilkan harus jelas. Oleh karena itulah perhatikan mengenai kualitas gambar kamera ketika mengambil gambar baik ketika siang dan terutama akan tetap jelas ketika mengambil gambar di malam hari. Untuk mendapatkan gambar dengan kualitas yang bagus tersebut tentu saja Anda bisa untuk memperhatikan resolusinya yang terbaik sehingga mendapatkan gambar yang jernih.

  • Kapasitas penyimpanan

Pertimbangan selanjutnya ketika akan memilih kamera dashboard ini adalah dari kapasitas penyimpanannya. Pilihlah kapasitas yang besar dan juga yang bisa untuk menggunakan memori eksternal. Pada umumnya kamera tersebut akan dapat untuk merekam 8 hingga 10 jam video dan bisa untuk menggunakan kapasitas memori eksternal 32 GB. Oleh karena itulah perhatikan mengenai kapasitas penyimpanan agar mendapatkan kamera dashboard yang tepat.

  • Kapasitas baterai

Dan pertimbangan terakhir ketika akan memilih kamera CCTV yang digunakan di dalam mobil adalah kapasitas baterainya. Pilihlah kamera yang mempunyai kapasitas baterai cukup tinggi sehingga akan bisa merekam dalam waktu yang lama. Selain itu pilihlah juga kamera yang mempunyai baterai tambahan sehingga tetap bisa untuk merekam ketika mesin mobil dalam keadaan mati. Oleh karena itulah untuk mendapatkan kamera yang tepat maka Anda bisa untuk memilih kapasitas baterai kamera yang dibutuhkan.

Tips Mudah yang Bisa Anda Terapkan untuk Mendapatkan Action Kamera Murah

Tips Mudah yang Bisa Anda Terapkan untuk Mendapatkan Action Kamera Murah

Kamera aksi atau action camera merupakan kamera yang sering digunakan untuk mengambil gambar dan juga video ketika melakukan petualangan dan jalan-jalan. Jenis ini dikenal dengan ukurannya yang termasuk dalam kamera kecil sehingga mempunyai keuntungan lebih mudah dibawa kemana-mana. Terutama ketika dibawa untuk jalan-jalan bisa untuk menggunakan tripod sehingga bisa bermanfaat untuk mengambil berbagai gambar dan juga video selama melakukan liburan. Untuk harganya sendiri kamera aksi ini mempunyai harga yang beragam dari pilihan kamera murah hingga yang mempunyai harga mahal. Dan beberapa pertimbangan yang bisa digunakan agar mendapatkan harga kamera lebih murah adalah sebagai berikut ini:

 Tips Mudah yang Bisa Anda Terapkan untuk Mendapatkan Action Kamera Murah

  • Merek yang dipilih

Tips pertama ketika akan memilih dan mendapatkan action kamera dengan harga yang murah adalah dengan memilih mereknya. Ada banyak sekali merek action cam yang bisa dipilih di pasaran dan hal tersebut juga akan menentukan budget yang akan dikeluarkan. Ada merek yang terkenal mempunyai kualitas yang bagus dan mempunyai harga yang mahal yaitu sekitar 4 jutaan rupiah. Tetapi juga ada merek yang mempunyai harga yang lebih terjangkau dan biasanya merupakan merek dari China. Berbagai merek kamera dari China tersebut bisa didapatkan mulai harga 500 ribuan sehingga akan lebih terjangkau dan murah untuk kantong.

  • Membeli kondisi bekas

Tips terbaik selanjutnya ketika akan membeli kamera murah untuk action cam adalah memilih kondisinya. Untuk kamera aksi yang mempunyai kualitas yang bagus tentunya akan mempunyai harga tinggi. Akan tetapi apabila ingin mendapatkan harga yang lebih murah maka Anda bisa untuk memilih kondisi kamera tersebut dalam kondisi bekas. Sehingga dengan begitu harga yang akan didapatkan tentunya lebih murah. Sebelum membeli kamera bekas tersebut tentunya harus menggunakan beberapa pertimbangan agar tetap mendapatkan harga murah tetapi dengan kualitas yang bagus. 

  • Memilih tipenya

Hal lainnya yang mempengaruhi murahnya harga kamera aksi yang akan didapatkan adalah dari tipenya. Ada banyak tipe kamera yang bisa dipilih dari satu merek dan hal tersebut akan membedakan dari spesifikasi yang akan didapatkan. Spesifikasi dan juga fitur dari tipe kamera tersebut akan menentukan murah dan mahalnya harga kamera aksi yang akan dipilih. Sehingga tipe ini menjadi pilihan terbaik sebelum membeli kamera yang murah. 

  • Membeli di waktu yang tepat

Dan tips terakhir untuk mendapatkan kamera murah ketika akan membeli kamera aksi adalah dari waktunya. Ada banyak cara untuk mendapatkan kamera dengan harga murah yaitu ketika ada harga promo. Misalnya saja ketika membeli di toko online akan ada flash sale, diskon dan promo yang ditawarkan, dan juga beberapa event lainnya yang bisa digunakan. Anda bisa untuk membeli kamera tersebut ketika ada harbolnas dan diskon lainnya yang ditawarkan untuk mendapatkan harga murah.

 

3 Teknik Photography Dasar untuk Pemula

3 Teknik Photography Dasar untuk Pemula

 Mengambil gambar yang bagus tentunya bisa didapatkan dengan latihan dan juga apabila Anda mengetahui teknik-teknik yang tepat. Sehingga tidak hanya sembarang untuk mengambil gambar tetapi akan mendapatkan gambar yang bagus dan terbaik. Oleh karena itulah bagi yang tertarik untuk mengambil gambar dengan hasil yang bagus dan lebih menarik bisa untuk menggunakan teknik photography dasar yang harus diketahui. Sehingga gambar yang dihasilkan akan lebih bagus dan terlihat lebih profesional. Dan tiga teknik untuk menghasilkan gambar yang lebih bagus adalah sebagai berikut ini:

 3 Teknik Photography Dasar untuk Pemula

  • ISO

Teknik pertama yang harus diketahui oleh pemula adalah Iso yang merupakan sensitifitas dari sensor kamera pada cahaya. Sensor tersebut akan mempunyai fungsi untuk dapat merekam cahaya dan menjadikannya sebuah gambar. Karena disekitar objek yang akan di foto mempunyai intensitas cahaya yang berbeda-beda maka untuk fotografer bisa untuk belajar mengenai ISO ini agar mendapatkan hasil foto dengan pencahayaan yang tepat. Terutama beberapa teknik yang bisa digunakan ketika berada di dalam ruangan yang gelap dan mempunyai cahaya yang kurang. Untuk pemula sebaiknya untuk memilih jenis kamera yang mendukung untuk mendapatkan pengaturan pencahayaan yang lebih baik yaitu memilih kamera digital. Sehingga dapat lebih mudah untuk mengatur cahaya agar mendapatkan foto yang lebih baik di lokasi indoor ataupun outdoor.

Selain itu teknik photography ketika akan menghasilkan pencahayaan yang lebih baik adalah memilih kamera dengan ISO range mulai dari 50-1600. Dan beberapa aturan ketika akan memilih kamera dengan ISO yang tepat adalah:

  • Semakin tinggi noise pada gambar akan didapatkan ketika mempunyai kamera dengan ISO yang tinggi.
  • ISO yang tinggi juga akan membuat gambar menjadi lebih terang karena mempunyai sensor yang mengatur sensitifitas cahaya.
  • Semakin tinggi ISO juga dapat untuk mendapatkan kualitas gambar yang semakin menurun.
  • Aperture

Teknik dasar lainnya yang perlu diketahui adalah aperture atau diafragma yang merupakan bukaan lensa yang dipakai. Jenis ini mempunyai banyak pilihan yaitu f1.2, f2.0, f8.0, f11, dan juga berbagai pilihan lainnya. Dan semakin kecil nomor nya dapat untuk membuat bukaan yang lebih besar. Selain itu juga dapat untuk membuat cahaya lebih masuk ke sensor, dapat untuk mengambil gambar dengan hasil lebih terang, dan bisa untuk membuat ruang fokus yang menyempit.

  • Speed

Dan teknik photography dasar yang perlu diketahui adalah dari kecepatan ketika akan mengambil foto. Kecepatan ini merupakan cepatnya shutter kamera sehingga akan dapat untuk menangkap cahaya yang masuk dalam sensor kamera. Perhatikan pengaturan dan juga fitur kecepatan pada kamera yang Anda punyai sehingga akan mendapatkan hasil gambar yang terbaik. Karena semakin lambat speednya akan membuat semakin banyak cahaya yang masuk sensor dan membuat gambar lebih terang.

Tips Perawatan Baterai Kamera Biar Awet

Tips Perawatan Baterai Kamera Biar Awet

Tak jarang baterai menjadi komponen yang seringkali dianggap sepele oleh beberapa orang. Pada kamera misalnya, ada saja fotografer yang kurang perhatian terhadap sumber daya perangkat ini. Meskipun harganya bisa dibilang lebih rendah dibanding komponen lain, baterai kamera yang terawat tentunya dapat memberikan kemampuan optimal kapanpun saat dibutuhkan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang baterai Anda;

Tips Perawatan Baterai Kamera Biar Awet

  • Setelah membeli baterai untuk kamera, lakukan pengisian hingga penuh sebelum dipakai.
  • Pada penyimpanan dengan suhu rendah/ dingin, daya dalam baterai dapat berkurang secara perlahan hingga akhirnya terkuras habis. Kurangi efek penyusutan daya ini dengan menyimpannya di tempat hangat sekitar 15-25 derajat Celcius.
  • Lepas baterai dari unit kamera ataupun charger setelah tidak digunakan, sebab daya juga akan menyusut apabila terpasang pada suatu perangkat.
  • Jangan isi daya baterai jika sudah penuh
  • Umumnya umur baterai adalah 300 hingga 500 kali pengisian, selebihnya baterai akan drop (angka indikator langsung anjlok dalam waktu singkat).
  • Jika akan disimpan cukup lama, usahakan untuk mengunakan baterai kamera hingga habis. Lakukan pengisian sekitar 15 menit saja tiap 6 bulan sekali.
  • Pakailah baterai sampai benar-benar habis sebelum charge. Kinerjanya akan lebih baik dan tahan lebih lama.
  • Jangan buang sampah baterai di tempat sampah biasa sebab ia dapat didaur ulang.

Cara untuk merawat baterai kamera sebenarnya tidaklah rumit selama pemakaian dan perawatan dilakukan dengan benar. Berikut ini beberapa perlakuan yang tepat untuk merawat baterai Anda:

  • Hindari Over Charge

Pengisian baterai hingga penuh umumnya tidak mencapai 4 jam. Hindari melakukan pengisian terus-menerus atau bahkan dibiarkan charging semalaman. Pengisian yang terlalu lama ini dapat memperpedek umur pakai baterai.

  • Hindari Suhu Ekstrem

Jika Anda ingin menyimpan baterai, sebaiknya simpan baterai dalam suhu kamar atau letakkan dalam lemari bersama kamera. Atau jika Anda memiliki Dry Box, baterai juga dapat Anda letakkan sendiri di dalamnya.

  • Hindari Charger Abal-abal

Pada kemasan baterai, Anda biasanya menemukan peringatan untuk selalu memakai charger orisinil. Pengisi baterai asli memiliki komponen elektronik yang sanggup mengelola arus masuk menjadi stabil dimana komponen sirkuit semacam ini tidak dimiliki oleh charger imitasi.

  • Segera Isi Daya Jika Tersisa 20%

Apabila baterai masih cukup atau masih menunjuukan angka indikator di atas 20%, Anda belum perlu melakukan pengisian daya baterai. Hal ini berhubungan dengan umur baterai yang biasanya sanggup bertahan hingga ratusan kali pengisian daya.

Sebagai sumber daya, baterai kamera menjadi komponen penting yang wajib dijaga performanya. Apabila kondisi baterai sudah tidak layak, cepat habis, tidak bisa terisi penuh saat charging, besar kemungkinan Anda harus berbelanja baterai.

Teknik Fotografi Dasar Yang Perlu Anda Tahu

Teknik Fotografi Dasar Yang Perlu Anda Tahu

Menjadi seorang fotografer profesional tak cukup dengan peralatan mahal dengan kamera beraneka lensa saja. Yang juga menjadi kunci penting apabila pemula ingin menggeluti dunia fotografi adalah penguasaan teknik fotografi. Dengan kemampuan untuk mengeksekusi teknik yang tepat, Anda dapat menentukan bagaimana menghasilkan suatu gambar yang berkualitas. Dengan hasil jepretan yang memuaskan, pemula akan semakin bersemangat untuk terus berlatih.

Teknik Fotografi Dasar Yang Perlu Anda Tahu

Lantas Apa Saja Teknik Fotografi Tersebut?

  • Teknik Memegang Body Kamera

Teknik dasar pertama yang akan dibahas adalah soal handling atau memegang kamera. Teknik ini berguna untuk mengurangi getaran. Sebab apabila kamera tidak stabil ketika menangkap gambar, maka foto yang dihasilkan menjadi tidak maksimal. Tangan kanan digunakan untuk memegang body kanan kamera. Posisikan telunjuk pada shutter sementara ibu jari ke body belakang kamera. Ketiga jari lain untuk memegangi body depan. Tangan kiri umumnya digunakan menopang kamera atau menopang bagian lensa sesuai dengan kebutuhan. Selain kedua tangan, posisi tubuh akan lebih stabil bila Anda berlutut atau bersandar pada objek yang solid. Jika kondisi tidak memungkinkan, Anda juga bisa melakukan kuda-kuda demi mendapatkan posisi tubuh yang stabil.

  • Teknik Menekan Shutter

Untuk mendapatkan kendali tombol shutter dengan baik, sebaiknya Anda tidak menggunakan ujung telunjuk untuk menekan melainkan bagian datar telunjuk. Lalu tekan secara perlahan untuk mendapatkan fokus hingga akhirnya Anda tekan sepenuhnya untuk mengambil gambar. Selain itu, sebaiknya hindari mengambil napas dulu sebelum memencet shutter untuk mencegah peluang getaran.

  • Teknik Mendapatkan Fokus

Setelah Anda menentukan objek utama dalam gambaran foto, posisikan objek tersebut sesuai dengan yang akan Anda jadikan fokus tersebut di tengah frame atau sesuai keinginan. Tekan tombol shutter hingga tanda fokus muncul untuk mengunci fokus. Setelah itu, Anda bisa mengatur kembali frame diinginkan hingga akhirnya Anda tekan penuh shutter setelah view yang Anda inginkan didapat.

  • Teknik HDR (High Dynamic Range)

Umumnya teknik ini digunakan untuk mendapatkan jangkauan cahaya dinamis lebih besar atau dengan kata lain untuk mempertahankan detail di area gelap terang gambar. Pada dasarnya, proses pengambilan gambar HDR didapat dari penggabungan banyak foto dengan tingkat pencahayaan berlainan. Selain itu, foto HDR sebenarnya juga bisa didapatkan melalui edit Photoshop.

  • Teknik High Speed

Teknik fotografi, menangkap gambar dengan shutter yang cepat, yaitu 1/8000s untuk membekukan momen yang ingin dibidik sekaligus melenyapkan blur.  Anda akan menggunakan lensa aperture lebar, dengan pencahayaan terang serta pengaturan ISO yang tepat. Kamera Anda juga harus berbekal sensor, shutter hingga lampu sorot yang baik.

  • Teknik Soft Focus

Teknik fotografi ini dihasilkan oleh kamera khusus yang dapat menghasilkan garis lembut dalam foto sehingga gambar yang dihasilkan agak buram dengan garis tepi yang tegas. Gaya foto semacam ini memang berkesan dreamy atau glamour yang umumnya dipakai untuk fotografi model fashion ataupun wedding.

  • Teknik Infrared

Teknik ini lebih kepada seni menangkap cahaya yang tak kasat mata dan disebut juga dengan sprektrum warna infrared. Anda akan menggunakan filter infrared serta tripod untuk melakukan teknik fotografi ini. Tripod memegang peranan penting sebab kamera Anda harus dalam posisi stabil ketika memotret menggunakan shutter speed yang lambat dengan exposure kecil.

  • Teknik Fisheye

Menggunakan lensa fisheye yang memiliki pandangan khas melingkar 180 derajat untuk mendapatkan foto dalam perspektif berbeda. Angle lebar dalam teknik ini sanggup memberikan kesan berbeda terhadap foto yang dihasilkan.

  • Teknik Levitasi

Teknik ini membuat utama objek foto seolah melayang. Anda perlu mengatur kamera dalam shutter speed tinggi untuk mendapatkan foto semacam ini. Anda juga harus memastikan bahwa lokasi foto Anda memiliki pencahayaan cukup sebab kecepatan shutter ada di nilai yang tinggi memerlukan cahaya lebih.

Baca juga tips dan trik nya memilih kamera untuk para pemula. Simak selengkapnya di beritakamera.com

  • Teknik Siluet

Hasil foto yang diharapkan melalui teknik adalah objek gelap total dengan latar belakang terang. Carilah momen kondisi cahaya yang pas sebab Anda tidak akan menggunakan LED Flash. Usahakan agar objek memiliki bentuk yang menarik. Atur ukuran exposure hingga Anda mendapatkan preview sesuai keinginan. Sebaiknya Anda menggunakan mode manual ketika melakukan hal ini.

Mengganti Lensa Kamera yang Aman dengan Menerapkan Tips Pintar Ini!

Mengganti Lensa Kamera yang Aman dengan Menerapkan Tips Pintar Ini!

Kebanyakan dari masyarakat Indonesia, terutama yang dalam usia produktif lebih tertarik dengan dunia fotografi dan menekuninya dengan membeli beberapa jenis kamera dan juga lensa yang dapat digunakan untuk mengambil gambar dengan resolusi yang lebih baik. Jenis kamera yang lensanya bisa diganti memang sangat sedikit, dan kebanyakan darinya adalah bertipe DLSR. Jenis kamera inilah yang sekarang ini menjadi incaran masyarakat Indonesia karena mampu mengambil gambar dengan kualitas yang begitu baik serta memiliki desain kamera yang begitu menarik dan membuat mereka merasa sensasi yang berbeda ketika menggunakannya. Jenis lensa kamera untuk jenis yang satu ini memang ada banyak dan dapat diganti dengan mudah, akan tetapi Anda juga harus sangat berhati-hati ketika menggantinya. Untuk itu, terapkan beberapa tips di bawah ini:

Mengganti Lensa Kamera yang Aman dengan Menerapkan Tips Pintar Ini!

Mengalungkan

Tips paling pertama yang harus Anda terapkan ketika sedang mengganti lensa dari kamera yang sering Anda gunakan adalah mengalungkannya di leher agar lebih aman meski terlepas dari genggaman. Posisikan kamera tersebut dengan benar, yakni dalam posisi menggantung dan menghadap ke arah bawah. Pastikan juga untuk tidak lupa menutup bagian depan dari lensa yang terpasang pada kamera dan ingin Anda ganti. Hal ini akan membuat penggantiannya lebih aman dan tidak membuat lensa tersebut cepat lecet.

Melepas Lensa

Untuk membuka lensa kamera yang terpasang, Anda harus menekan tombol kunciannya yang biasanya terdapat pada sisi kiri dari komponen tersebut. Kemudian, Anda harus memutarnya secara perlahan dengan berlawanan arah dengan jarum jam. Lakukan hal tersebut hingga lensa terasa kendor, namun jangan sampai lensa tersebut benar-benar terlepas dari kamera. Ambil terlebih dahulu lensa lain yang nantinya akan dipasangkan kemudian. Lepaslah penutup belakang lensa baru atau end cap dan letakkan di dekat Anda.

Baca juga : Teknik Fotografi Dasar Yang Perlu Anda Tahu

Memasangkan yang Baru

Setelah melakukan hal tersebut, Anda pun bisa melepas yang lama dengan secara perlahan, lalu pasangkan yang baru secara cepat namun dengan hati-hati juga. Sambil memasang, pastikan untuk memperhatikan titik putih yang ada pada lensa dan pastikan jika titik tersebut sejajar dengan titik yang ada pada kamera Anda. Kemudian, Anda pun bisa memutarnya dengan perlahan hingga sudah terasa terkunci. Meski sangat sepele, namun lakukanlah semuanya dengan hati-hati dan perlahan.

Menyimpannya

Setelah selesai menggantinya, Anda harus menutup bagian belakang dari lensa kamera yang lama, kemudian simpanlah pada tas kamera yang sudah tersedia. Usahakan untuk tidak menyimpannya secara sembarangan karena benda tersebut sangatlah sensitif dan mudah rusak. Oleh karena itu, lebih baik menyimpannya di tempat yang aman dan diluar dari jangkauan orang-orang lainnya. Simpan di tempat tersembunyi namun jangan sampai suhu tempatnya lembab karena dapat menyebabkan beberapa masalah lainnya pada lensa tersebut.

Keuntungan Memiliki Memory Card dengan Kapasitas Besar di Kamera Anda

Keuntungan Memiliki Memory Card dengan Kapasitas Besar di Kamera Anda

Dunia kamera memang merupakan dunia yang menyenangkan karena dengan menggunakan kamera Anda bisa untuk menangkap dan mengabadikan setiap momen yang ada di sekitar Anda untuk tersimpan dengan rapi di dalam kamera yang Anda miliki tersebut. Untuk bisa menyimpan banyak foto dan juga video yang telah Anda rekam dan juga ambil gambarnya dengan baik di dalam kamera yang Anda miliki tentu saja membutuhkan yang namanya memory card yang memiliki kapasitas yang besar juga yang nantinya akan membuat kamera Anda mampu untuk menyimpan foto dan video dengan jumlah yang lebih banyak dan yang pasti dengan jumlah yang lebih besar juga nantinya.

Keuntungan Memiliki Memory Card dengan Kapasitas Besar di Kamera Anda 

Menyukai kamera tentu saja akan membuat Anda juga ingin mempelajari berbagai macam teknik yang ada di dalam dunia kamera itu sendiri yang nantinya akan membuat Anda menjadi seseorang yang mampu untuk menggunakan kamera dengan teknik terbaik yang akan sangat berguna dan bermanfaat di dalam dunia kerja nanti yang berhubungan dengan kamera. Hal tersebut tentu saja merupakan sebuah hal yang positif yang akan membuat Anda bukan hanya mampu untuk menggunakan kamera dengan baik saja akan tetapi juga bisa menggunakan kamera tersebut dengan benar sesuai dengan teknik yang di butuhkan untuk pekerjaan Anda nantinya. 

Mengenai kartu memori yang ada di dalam kamera tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kondisi yang ada di dalam kamera yang akan Anda pakai nantinya. Karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terhadap kamera yang mereka miliki yang nantinya akan mempengaruhi kinerja dari kamera yang akan Anda pakai. Berikut ini ada beberapa keuntungan yang di miliki kamera dengan memiliki memory card yang berkapasitas besar untuk kelangsungan dari kamera itu sendiri, antara lain adalah sebagai berikut ini: 

  • Kamera dengan kartu memori yang besar tentu saja mampu untuk menampung atau menyimpan berbagai macam file seperti foto dan juga video dalam bentuk yang besar dan juga banyak.
  • Kamera dengan kartu memori yang besar tidak akan lemot atau lambat ketika di pakai untuk berbagai macam kegiatan yang akan Anda lakukan dengan kamera tersebut.
  • Kamera dengan kartu memori yang besar akan lebih membuat kamera tersebut lebih ringan ketika di pakai karena tidak terbebani dengan banyaknya file yang Anda simpan di dalamnya.

Memory card dengan kapasitas yang besar memang sangat banyak memberikan keuntungan dan juga manfaat untuk Anda setiap kali Anda gunakan, terutama ketika Anda sedang menggunakan kamera tersebut untuk keperluan yang mendesak sehingga tidak akan perlu lagi untuk menambah kapasitas memory dari luar yang akan menjadi jauh lebih efektif.

 

Bagaimana Melakukan Perawatan Kamera dengan Alat yang Ada di Rumah

Bagaimana Melakukan Perawatan Kamera dengan Alat yang Ada di Rumah

Memiliki barang berharga yang Anda gunakan dan butuhkan setiap harinya tentu saja mengharuskan Anda juga untuk bisa memiliki waktu untuk melakukan perawatan terhadap barang berharga yang Anda miliki tersebut. Salah satu barang berharga yang sudah banyak di miliki oleh orang-orang sekarang ini adalah kamera. Ya, kamera yang merupakan alat untuk memotret berbagai macam peristiwa dan juga momen yang Anda miliki yang ada di sekitar Anda menjadi salah satu barang yang selalu di bawa ketika Anda pergi liburan atau juga main bersama dengan teman-teman untuk bisa menjadi alat perekam dan juga alat memfoto kegiatan Anda bersama dengan teman-teman. Melakukan perawatan kamera yang Anda miliki juga bisa dilakukan di rumah saja dengan alat atau bahan yang ada di dalam rumah.

 Bagaimana Melakukan Perawatan Kamera dengan Alat yang Ada di Rumah

Untuk melakukan perawatan terhadap kamera yang Anda miliki di rumah tentu saja tidak perlu juga untuk mengeluarkan banyak uang atau biaya yang mana dengan alat-alat tersebut bisa untuk membuat kamera Anda tetap terjaga dengan baik dan mampu untuk tetap berfungsi dengan maksimal. Karena itulah untuk melakukan proses perawatan terhadap kamera yang Anda miliki dan gunakan setiap harinya merupakan kewajiban yang harus dilakukan secara rajin dan juga teratur.

Untuk melakukan perawatan terhadap kamera yang Anda miliki sebenarnya tidaklah membutuhkan banyak waktu dan juga banyak alat untuk bisa membuat kamera yang Anda miliki tetap terjaga kualitas dan juga model dari kamera itu sendiri nantinya. Perawatan kamera yang bisa untuk Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan dan memanfaatkan alat yang ada seperti halnya kain yang akan di pakai untuk membersihkan debu atau kotoran yang ada di lensa kaca kamera Anda dengan perlahan dan yang pasti dengan alat atau kain yang lembut juga agar tidak meninggalkan bekas di lensa kaca kamera. 

Perawatan terhadap kamera Anda juga bukan hanya mengenai bentuk fisik dari kamera tersebut saja, akan tetapi juga perawatan tersebut harus diseimbangkan dengan tempat kamera yang juga harus di rawat dan di jaga dengan sangat baik agar nantinya tempat kamera tersebut tidak kotor atau juga terkena benda tajam yang akan membuat kamera yang akan di simpan di dalamnya pun bisa rusak dan tidak terawatt nantinya. 

Perawatan kamera dengan cara yang mudah tentu saja akan mampu untuk menghemat pengeluaran Anda nantinya yang mana untuk bisa melakukan perawatan terhadap kamera juga tidak selalu dilakukan oleh ahlinya. Dan yang paling penting juga adalah dengan melakukan perawatan sendiri akan membuat Anda lebih mandiri ke depannya untuk melakukan perawatan terhadap kamera yang Anda miliki.

Mengenal Jenis Tas Kamera dan Kegunaannya

Mengenal Jenis Tas Kamera dan Kegunaannya

Kamera DSLR, mirrorless, dan kamera saku merupakan jenis-jenis kamera yang biasa dipergunakan oleh sebagian besar orang. Saat bepergian dan harus membawa kamera untuk suatu kegiatan tentu kita tidak bisa menaruh alat fotografi ini pada tas dengan sembarangan. Perlu tas kamera yang disesuaikan dengan jenis kamera yang dimiliki. Mencari tas untuk kamera yang sesuai memang tidaklah mudah. Sebelum membeli kita harus memperhatikan dari bahan, kualitas, kesesuaian untuk menampung kamera, serta harganya.

 Mengenal Jenis Tas Kamera dan Kegunaannya

Ada beberapa jenis tas untuk kamera yang memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pouch dan holster.

Jika Anda memiliki kamera saku akan sangat sesuai menggunakan tas berjenis pouch. Tas yang satu ini akan mampu menyimpan kamera saku dengan lebih ringkas. Sedangkan holster sendiri adalah pouch yang berukuran sedikit besar dan penggunaannya ditujukan untuk yang memiliki kamera mirrorless maupun DSLR yang hanya membutuhkan satu lensa yang terpasang pada bodi kamera saat bepergian. Umumnya pouch maupun holster bisa dikaitkan pada sabuk maupun celana sehingga kan memudahkan akses pengambilan kamera jika sewaktu-waktu harus mengabadikan momen yang nampak di depan mata.

  • Messenger bag atau tas selempang.

Tas kamera yang satu ini juga sering dikenal dengan shoulder bag. Tas jenis ini terbilang cukup populer untuk menaruh kamera saat bepergian karena mampu menampung kamera DSLR maupun mirrorless beserta beberapa tambahan lensa dan aksesoris lainnya, seperti charger dan flashgun. Dengan posisi yang menyamping tas ini akan lebih memudahkan saat pengambilan kamera dengan waktu yang cepat.

  • Backpack atau tas ransel.

Dengan adanya backpack atau ransel, para fotografer akan lebih mudah menyusun banyaknya kamera dan peralatannya dalam satu tempat sekaligus. Tas model ini biasanya juga dilengkapi dengan kompartemen khusus untuk menaruh laptop, sehingga sangat cocok untuk fotografer profesional yang harus bepergian keluar kota untuk membidik objek dan membutuhkan peranan laptop untuk editingnya.

  • Sling bag.

Sling bag bisa menjadi pilihan bagi yang merasa ukuran backpack terlalu besar untuk tampungan kamera dan berbagai perlengkapan kamera yang dimiliki. Mengingat sling bag hanya disangga oleh satu bahu saja, penggunaannya tidak boleh untuk beban yang terlalu berat. Untuk akses mengambil kamera terbilang lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan menggunakan ransel. Tinggal menggeser ke arah depan saja.

  • Rolling case atau tas troli.

Tas kamera jenis ini memang tergolong sangat jarang digunakan. Namun jika Anda harus mengambil objek foto di tempat yang cukup ekstrem, tas yang satu ini sangat cocok digunakan terutama yang bertipe hard case. Untuk daya tampungnya terbilang cukup luas. Bahkan jika Anda ingin mengambil objek foto dengan drone, tas yang satu ini bisa menampung drone yang Anda bawa.

Ini Dia 4 Tata Cara Memilih Tas Kamera yang Ideal

Ini Dia 4 Tata Cara Memilih Tas Kamera yang Ideal

Memiliki kamera kesayangan untuk dijadikan modal menikmati hobi fotografi tentu wajib dirawat dengan teliti. Anda tentu tidak boleh terlupa untuk membeli tas kamera yang nantinya akan melindungi kamera tersebut ketika dalam perjalanan ke spot fotografi yang Anda pilih. Tas satu ini juga bisa membantu membawa kamera beserta aksesorisnya sehingga praktis di dalam satu wadah yang sama. Anda pun tidak akan kesulitan untuk mengambil perlengkapan fotografi tersebut karena tersimpan rapi di dalam tas khusus.

Ini Dia 4 Tata Cara Memilih Tas Kamera yang Ideal

Tata Cara Memilih Tas Terbaik untuk Kamera

Fungsi dari tas ini ternyata tidaklah sempit, karena melindungi sekaligus merapikan kamera setiap kali diajak bepergian. Bagi yang suka traveling ataupun memotret di banyak lokasi wajib hukumnya memiliki tas tersebut, dan pilih yang terbaik. Berikut tata cara memilihnya:

  • Pilih yang ukurannya sesuai kebutuhan,

Banyak penyuka fotografi cenderung teliti memilih ukuran tas, dan biasanya mencari yang bisa dipakai jangka panjang. Sebab bisa jadi saat ini hanya butuh tas kecil namun beberapa bulan ke depan akan bertambah banyak dengan aksesoris. Jadi silahkan memilih ukuran yang sesuai kebutuhan atau paling tidak bisa dipakai lebih lama.

  • Pastikan bahannya bagus dan memberi perlindungan,

Bahan dari tas kamera tentu wajib sekali diperhatikan sebab disinilah perlindungan terhadap kamera akan didapatkan. Bahan tas jenis ini sepertinya secara khusus dipilih yang agak tebal kemudian diberi lapisan khusus di bagian dalam. Lapisan ini berfungsi untuk meredam guncangan ketika kamera kesayangan diajak bepergian kemana-mana. Usahakan mencari tas yang demikian jadi tidak hanya bahannya bagus melainkan diberi lapisan tambahan di dalam untuk memaksimalkan perlindungannya.

  • Cari yang menyediakan rain cover,

Ketika bepergian sembari membawa kamera beserta aksesorisnya tentu ada kemungkinan terjebak oleh hujan. Padahal kamera dirancang memiliki komponen yang sensitif terhadap zat cair sehingga tidak aman membiarkannya basah. Oleh sebab itu pilih tas yang memang menyediakan rain cover, supaya setiap kali hujan bisa melindungi tas dari resiko basah kuyup. Kalau mau lebih praktis silahkan pilih tas yang bahannya anti air hanya saja pilihan ini cenderung lebih mahal, namun kalau kantong tebal tentu tidak jadi soal.

  • Model tas yang sekiranya nyaman dibawa bepergian,

Tas untuk meletakan kamera sebenarnya memiliki model yang beragam, ada yang dibuat tas selempang ada pula yang dibuat tas ransel. Kemudian desainnya juga dibuat beragam dan mayoritas nampak keren serta elegan. Maklum saja sebab tas ini digunakan untuk melindungi barang mahal sekelas kamera DSLR dan berbagai lensa yang harganya tidak murah. Usahakan dalam memilih modelnya pastikan sesuai kebutuhan supaya bisa memberi rasa nyaman, jadi kurang tepat kalau memilih tas kamera hanya mengikuti trend saja.