Category Archives: Tips & Trik

Ternyata Melakukan Perawatan Kamera DSLR Tidak Sesulit yang Dibayangkan

Mempunyai kamera DSLR bukan berarti kita bisa bebas menggunakannya, namun kamera DSLR ini juga harus dirawat dengan baik agar bisa digunakan secara maksimal. kamera DSLR juga memerlukan perawatan agar selalu bersih. Selain itu perawatan yang Anda lakukan juga akan mempengaruhi kualitas kamera tersebut. Sebenarnya perawatan kamera ini tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan. Berikut beberapa tips melakukan perawatan.

Pertama, jaga kebersihan lensa Anda. selalu jaga dengan baik kebersihan lensa walaupun kamera sedang tidak digunakan. Cara untuk membersihkan lensa kamera DSLR ini menggunakan cleaning kit, namun Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih, namun hindari menyemprotkan cairan tersebut langsung ke lensa, semprotkan cairan dan lap dengan menggunakan microfiber, usapkan lap hingga ke seluruh bagian lensa. Jangan lupa pasang les cap saat lensa tidak Anda gunakan. Lens cap bisa melindungi lensa kamera dari debu dan sidik jari.

Cara melakukan perawatan kamera yang kedua ialah bawa kamera menggunakan tas khusus. Saat Anda akan membawa kamera untuk pengambilan foto, pergunakan tas khusus untuk kamera. Lengkapi tas dengan bantalan empuk di dalam untuk menjaga kamera dari benturan. Di dalam tas ini juga terdapat ruang khusus menyimpan charger, filter serta perlengkapan lain sebagai pendukung aktivitas pengambilan gambar Anda. tas khusus ini bisa melindungi kamera sehingga tidak mudah rusak. Jangan memasukkan tas di dalam tas biasa karena tas tersebut tidak mempunyai pelindung dan tidak bisa menjaga kamera tetap dalam kondisi aman.

Baca Juga:Cara Perawatan Kamera Mirrorless dan Penyimpanannya

Ketiga, jangan lupa gunakan pelindung layar pada kamera. Kamera sebenarnya hampir sama dengan ponsel, cara melakukan perawatannya, apalagi untuk bagian LCD-nya bisa dilakukan dengan pemasangan screen guard. Pelindung ini bisa menjaga layar sehingga tidak tergores atau tidak terkena sidik jari. Bahkan, screen guard dapat menjaga LCD sehingga terlindung dari debu. Jika kita membicarakan masalah harga, sebenarnya harga pelindung layar kamera DSLR ini tidak mahal, sayangnya banyak fotografer yang malas memasangi kamera DSLR mereka menggunakan pelindung layar, padahal pelindung layar adalah satu-satunya cara melindungi LCD tetap mulus.

Perawatan kamera yang terakhir dengan pasang filter agar bisa melindungi lensa. Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan untuk melindungi kamera DSLR Anda sehingga tetap awet. Pasang UV filter pada lensa. Anda tidak perlu cemas karena pemasangan filter tidak akan mengurangi kualitas bidikan gambar Anda. sesuai dengan nama yang dimilikinya, UV Filter dapat menjaga lensa dari berbagai pengaruh buruk sinar matahari yang memiliki kandungan ultraviolet, bukan hanya itu. Fungsi dari filter sebagai pencegah kotoran dan debu menempel pada lensa. Filter pun harus dibersihkan dengan berkala. Tetapi, Anda harus berhati-hati saat membersihkan filter ini.

 

Cara Perawatan Kamera Mirrorless dan Penyimpanannya

Bagi seseorang yang memiliki hobi menggunakan berbagai kamera untuk menghasilkan sebuah gambar, mungkin penggunaan kamera mirrorless dapat menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mereka gunakan. Selain memiliki berat yang ringan serta ukuran yang kecil dibanding dengan kamera digital lainnya, kamera ini juga memungkinkan para penggunanya untuk dapat dengan mudah mengambil gambar dalam berbagai angle, tanpa kesulitan dan tidak memerlukan teknik khusus dalam pengambilan gambarnya. Cara perawatan kamera mirrorless yang mudah juga menjadi satu alasan tepat, bagi pemula untuk dapat memilih kamera jenis ini sebagai salah satu alternatif pilihan yang tepat.

Cara paling efektif untuk menjaga keawetan dari jenis kamera digital ini adalah dengan menjaga kondisi dari kamera tersebut, agar tidak basah dan lembab. Menjauhkan kamera mirrorless dari percikan atau siraman air, merupakan cara paling efektif yang dapat Anda gunakan untuk menjaga keawetan dari kamera tersebut. Apabila kamera dalam kondisi yang lembab , maka bagian dalam kamera akan mudah berembun dan dapat menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian kamera lainnya.

Berikut ini cara perawatan kamera mirrorless, yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, yang antara lain adalah:

  • Bersihkan lensa kamera dengan menggunakan cairan khusus pembersih lensa, yang dituang di atas kain microfiber, kemudian usapkan kain tersebut keatas lensa kamera.
  • Apabila Anda hendak mengeluarkan baterai atau memori card, pastikan kamera dalam keadaan mati, agar nantinya hal tersebut tidak merusak sistem yang terdapat dalam kamera.
  • Pastikan pula kamera dalam kondisi mati, saat Anda menghubungkannya dengan komputer ataupun laptop.
  • Isilah kembali baterai, ketika baterai tidak dalam kondisi lemah, agar nantinya baterai dapat bertahan lama, serta kamera dalam posisi off.

    Baca Juga: Mengenal Cara Perawatan Kamera DSLR yang Benar

Apabila Anda menggunakan kamera pada suatu tempat yang banyak mengandung zat yang dapat menyebabkan perkaratan pada lensa dan bagian kamera lainnya, maka segeralah bersihkan lensa dan bagian kamera lainnya, dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang telah di semprotkan pada kain microfiber yang lembut. Hal ini perlu Anda lakukan, setelah Anda melakukan pengambilan gambar di pantai atau tempat lainnya yang mengandung banyak debu.

Untuk hal penyimpanan kamera mirrorless, pastikan Anda menyimpannya ditempat yang kering dan sejuk, sehingga tidak menimbulkan kelembaban pada kamera. Jika Anda akan penyimpanannya dalam waktu yang tergolong lama, maka sebaiknya Anda menyertakan pemberian silica sel pada box penyimpanan, agar nantinya silica sel dapat menyerap berbagai zat yang dapat menimbulkan kerusakan pada kamera, termasuk embun yang timbul karena suhu ruangan. Cara perawatan kamera dan penyimpanan yang tepat, dapat menentukan daya tahan dari kamera yang Anda miliki. Oleh karena itulah selalu berhati-hati dalam penggunaannya dan rawatlah kamera dengan maksimal.

 

Tips Mudah Merawat Kamera Analog Kesayangan

Industri fotografi kini semakin berkembang dengan munculnya berbagai produk kamera canggih di pasaran. Publik pun diuntungkan dengan adanya hal ini lantaran bisa memilih kamera yang diinginkan sesuai kebutuhan. Dalam dunia kamera, terdapat dua jenis kamera yang tersedia di pasaran yaitu kamera analog dan kamera digital. Di masa modern ini, banyak yang lebih suka menggunakan kamera digital untuk memotret lantaran praktis dan lebih mudah, padahal kamera jenis analog pun mampu memberikan kualitas gambar tak kalah baik.

Mungkin masih banyak di antara Anda yang belum tahu perbedaan antara kamera jenis analog dan digital, padahal dengan mengetahuinya maka Anda bisa lebih faham akan jenis kamera yang ada. Untuk itu, berikut ini perbedaannya:

  • Kamera analog:
  • Masih memakai media berupa pita film untuk menangkap gambar.
  • Data gambarnya berupa bentuk film yang harus diproses untuk bisa mendapat foto cetakannya.
  • Kamera jenis ini mampu menangkap seluruh warna pantulan matahari dan cukup sensitif.
  • Kamera ini juga merekam dengan penggunaan film negatif berwarna dan juga film positif serta hitam putih.
  • Kamera digital:
  • Kamera digital mampu menyimpan gambar dalam bentuk digital sehingga bisa dinikmati hasil tangkapan gambarnya setelah pemotretan.
  • Kamera ini belum mampu dalam menangkap keseluruhan warna pantulan matahari namun hasilnya lebih kontras.
  • Kamera digital merekam dengan pixel.

Memang dapat diakui jika di zaman serba praktis dan modern ini, kamera digital lebih sering dipakai karena memberikan berbagai kemudahan dalam memotret. Namun bukan berarti kamera jenis analog tidak memiliki penggemar karena ternyata masih banyak juga yang memakainya. Berikut ini beberapa tips dalam merawat kamera jenis analog:

  • Rawatlah body kamera dengan selalu membersihkannya menggunakan kain lembut, blower serta cairan pembersih. Hal ini lantaran kamera jenis ini body umumnya adalah terbuat dari alumunium dan besi.
  • Selanjutnya untuk merawat lensa, Anda bisa membersihkannya menggunakan blower untuk menghilangkan semua debu. Kemudian lap saja lensa kamera dengan tissue khusus lensa sehingga lensa tidak cacat.
  • Untuk menyimpan kamera, usahakan memakai dry box sehingga suhu dan kelembaban di dalamnya bisa terjaga dan tidak merusak kamera. Sedangkan untuk penyimpanan dalam jangka waktu yang cukup lama bisa juga dengan dry box, namun untuk yang tidak memiliki dry box bisa menyimpannya di dalam lemari baju yang diberi kamper.

Itulah beberapa tips dalam merawat kamera analog Anda sehingga tetap memiliki kualitas yang baik saat akan dipakai. Cara merawat kamera jenis digital dan analog sendiri hampir sama, yaitu sama-sama harus dibersihkan dan lebih dijaga saat penyimpanan sehingga bisa lebih tahan lama untuk dipakai nantinya.

Mengenal Cara Perawatan Kamera DSLR yang Benar

Saat ini perkembangan teknologi pemotretan semakin canggih yang terbukti dengan banyaknya spesifikasi dan fitur yang ada pada kamera keluaran terbaru yang semakin lengkap dan modern. Harga untuk kamera DLSR sendiri biasanya juga cukup tinggi yang biasa dibanderol termurah adalah 3 jutaan dan termahal bisa sampai puluhan juta rupiah. Mengingat mahalnya harga kamera yang harus Anda bayarkan, maka ada baiknya jika perawatan kamera juga harus secara maksimal sehingga kamera bisa memiliki performa bagus dan tahan lama.

Perlu diketahui jika sebagian besar wilayah Indonesia merupakan wilayah yang tropis dengan tingkat kelembaban tinggi. Hal ini kerap menjadi pemicu pada komponen pada kamera DSLR yang Anda miliki. Salah satunya adalah dengan adanya kerusakan terhadap komponen elektronik dan juga sensor pada kamera, ditambah lagi dengan kemungkinan adanya jamur yang datang untuk sehingga Anda butuh dana untuk bisa membersihkan jamur tersebut ke service center.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips perawatan kamera yang perlu Anda ketahui

  • Yang pertama adalah sebisa mungkin untuk menjauhkan kamera dari air dan tempat basah karena memungkinkan untuk timbulnya kelembaban di dalam kamera yang berpotensi merusak bagian komponen pada kameranya. Namun beda halnya jika kamera yang Anda miliki anti air karena bisa digunakan dengan lebih bebas.
  • Matikan kamera dengan segera sebelum Anda mengeluarkan baterai atau kartu memori. Selain itu jika Anda ingin menghubungkan kamera ke laptop atau komputer, maka matikan jual kamera sehingga bisa lebih menyiapkan komputerisasi di dalam kameranya.
  • Alangkah lebih baik jika tidak meninggalkan kamera dalam mobil pada jangka waktu lama, terlebih jika mobil terkena panas matahari secara langsung karena suhu panas dalam mobil bisa melebihi rentang yang dikuasai kamera.
  • Hindari juga meletakkan kamera di dalam lemari yang memiliki kapur barus karena bisa merusak di bagian sirkuit elektroniknya.
  • Pasang strap kamera jika Anda hendak melakukan pemotretan demi meminimalisir jatuhnya kamera secara tidak sengaja.
  • Ketika Anda melakukan pemotretan untuk daerah pantai, usahakan untuk segera membersihkan kamera karena ditakutkan ada sisa garam yang bisa menempel di bagian body kamera atau lensanya karena bisa menyebabkan korosif pada lensa maupun body kamera.
  • Usahakan untuk selalu menyimpan atau menggunakan kamera pada tempat yang kering dan tidak terkena dengan cahaya matahari secara langsung.
  • Apabila Anda menyimpan kamera, maka hindarkan juga dari berbagai benda yang bisa memiliki arus magnet karena dapat mempengaruhi bagian sirkuit elektronik kamera.

Itulah beberapa tips sederhana dalam perawatan kamera DSLR yang Anda miliki. Usahakan untuk menyimpan kamera dengan baik di dalam box khusus sehingga bisa lebih terjaga.

 

Kenali Cara Merawat Memori Kamera Anda Agar Tetap Tahan Lama

Jika Anda memiliki perangkat digital, maka pasti sangat paham dengan fungsi penting dari adanya kartu memori sebagai alat penyimpan semua data Anda. Begitu juga dengan kamera digital dimana memiliki memori kamera yang juga memiliki peran yang amat vital sebagai penyimpan gambar dan video yang Anda abadikan. Namun benda kecil berupa memori pada kamera justru kerap dianaktirikan dalam hal perawatannya, bahkan lalai dan tidak tahu-menahu terkait cara perawatan terhadap memori di kamera.

Untuk itu, mulai sekarang pahami jika kartu memori pada kamera Anda adalah benda penting dan juga wajib dirawat seperti ketika Anda merawat kameranya. Jangan sampai ada kejadian dimana foto dan file penting lain di dalamnya hilang karena kartu memori yang rusak, terutama bagi Anda yang berkecimpung di dunia fotografi karena berbagai momen spesial kerapkali tidak dapat diabadikan untuk kedua kalinya.

Merawat kartu memori kamera sama halnya seperti merawat kartu memori pada ponsel sehingga bisa dijadikan panduan. Berikut ini tipsnya:

Baca Juga: Jangan Salah Pilih Memori Kamera!

  • Pertama, hindari untuk terlalu sering memindah kartu memori pada perangkat satu ke perangkat lainnya. Jika memang Anda memiliki kamera lebih dari satu, maka usahakan untuk memiliki kartu memori yang juga lebih dari satu.
  • Dibanding dengan mengeluarkannya dari perangkat kamera, alangkah lebih baik jika memakai Card Reader dalam proses pemindahan dari kamera ke komputer. Pastikan memiliki Card Reader dengan kualitas baik sehingga keamanan dalam pemindahan serta kecepatan dalam transfer file lebih baik lagi.
  • Sebisa mungkin, pastikan untuk menutup semua file dari kartu memori sebelum mencabutnya dari komputer karena hal ini kerap menjadikan akibat fatal dimana file penting yang terbuka menjadi rusak atau justru hilang.
  • Sesekali format kartu memori yang Anda miliki juga penting, misalnya 1 bulan atau 2 bulan sekali sehingga bisa mengembalikan kapasitas dan fungsi dari media kartu memori ini seperti semula. Lakukan pencadangan terlebih dulu kepada isi dari kartu memori keseluruhan sebelum diformat secara total.
  • Ketika Anda menemukan proses pembuatan atau loading pada file foto, maka lebih baik bersabar hingga foto terbuka. Jangan sampai Anda justru mematikan kamera ketika file sedang proses memuat karena bisa menyebabkan hilangnya foto tersebut.
  • Ketika kapasitas memori sudah mencapai 90%, ada baiknya hentikan kegiatan memotret dan kemudian ganti dengan kartu memori lain atau pindahkan dulu beberapa file di dalamnya.
  • Berikan perlindungan ekstra kepada kartu memori Anda sehingga terhindari dari benturan dan bahkan percikan air.

Itulah beberapa cara mudah dalam merawat kartu memori kamera maupun di ponsel Anda. Sebetulnya caranya sederhana, namun banyak juga yang kerap abai terhadap hal ini yang mengakibatkan rusaknya kartu memori.

4 Bentuk Perawatan Kamera Analog

Paham bagaimana melakukan perawatan kamera nantinya akan membantu mempertahankan performa dari kamera itu sendiri. Apapun jenis kamera yang dimiliki, entah jenis digital ataupun analog (film) sama-sama memerlukan perawatan rutin. Khusus untuk kamera analog atau manual memang memiliki komponen yang lebih awet dibanding kamera digital. Meski demikian usahakan tetap rutin memberikan perawatan sebab termasuk jenis kamera tua yang tentunya perlu perawatan terbaik agar performanya terjaga. Kebetulan untuk perawatan pada kamera model manual ini terbilang simpel dan tentunya bisa dilakukan siapa saja.

Apa Saja Bentuk Perawatan Rutinya?

Kamera analog memiliki prinsip kerja yang simpel dan dijamin mendukung harapan memiliki foto berkualitas, maka eksistensinya tetap ada sampai sekarang. Supaya kamera Anda lebih awet maka berikan beberapa bentuk perawatan berikut ini:

  • Merawat bagian body,

Bagian body tentu menjadi bagian paling muda untuk dirawat yakni cukup dijaga kebersihannya memakai kain lap, blower, dan juga cairan pembersih khusus. Gunakan cairan pembersih untuk noda yang sulit hilang misalnya noda yang lengket. Khusus untuk bagian yang sering terkena debu gunakan blower dulu baru kemudian dilap dengan kain yang lembut.

  • Perawatan tepat untuk bagian lensa,

Bagian lensa menjadi komponen vital yang menentukan kualitas hasil foto yang diambil memakai kamera tersebut. Maka butuh pemahaman perawatan kamera yang baik untuk menjaga kualitas lensa sehingga tetap mengkilap dan bebas goresan. Lebih dianjurkan dibersihkan memakai blower dan kain lap khusus atau tisu khusus lensa kamera. Hindari memakai lap dan tisu biasa sebab nantinya bisa meninggalkan bekas goresan yang tentunya merusak kualitas lensa tersebut.

  • Merawat komponen baterai,

Baterai pada kamera analog baiknya dirawat dengan seksama terlebih bagi pemilik kamera yang baterainya sudah tidak diproduksi lagi. Usahakan untuk memakainya secara efisien misalnya dengan mengaktifkan fitur lightmeter. Fitur satu ini berguna untuk mengatur keluarnya cahaya dari kamera ketika menekan tombol membidik obyek foto. Ketika diatur dengan baik maka efisiensi pemakaian daya baterai akan lebih terjamin, sayangnya tidak semua kamera analog menyediakan fitur ini. Intinya jika memang tersedia fitur satu ini jangan ragu untuk langsung mengaktifkannya.

  • Penyimpanan terbaik yang perlu dilakukan,

Apabila kamera satu ini sering dipakai maka akan lebih baik disimpan di dalam dry box untuk menghindari timbunan debu dan kelembaban yang mengundang jamur. Sementara untuk penyimpanan dalam waktu lama misalnya kamera memang sudah tidak lagi dipakai, bisa karena rusak atau lainnya. Maka lebih aman disimpan di lemari kaca untuk kemudahan mengecek kondisi kamera supaya bisa tepat waktu membersihkan jamur, debu, dan sebagainya. Paham perawatan kamera dengan benar membuat kamera tersebut terawat baik dan dipastikan lebih awet.

 

Jangan Salah Pilih Memori Kamera!

Kartu memori khusus kamera atau memori kamera tentu sudah menjadi kebutuhan bagi penyuka kegiatan fotografi. Tidak hanya kamera perangkat bernama handycam pun biasanya disediakan slot khusus sebagai tempat kartu memori ditanamkan. Keberadaannya akan memudahkan penyimpanan hasil foto maupun video, sehingga bisa menyimpan lebih banyak sesuai kapasitas kartu memori tersebut. Melihat kondisi pasar yang menawarkan beragam kartu memori untuk perangkat kamera maka Anda pun memiliki tanggung jawab untuk lebih jeli dalam memilih.

Tips Memilih Kartu Memori Terbaik untuk Kamera Kesayangan

Menyediakan kartu memori yang bagus maka akan menguntungkan, sebab bisa mengamankan foto dan video secara maksimal. Sebab beberapa jenis kartu memori memang mudah mengalami corrupt yang bisa menghapus file yang tersimpan di dalamnya. Maka simak tips berikut agar jauh dari salah pilih:

  • Menentukan jenis memori yang pas,

Sebelum membeli kartu memori usahakan membaca buku panduan kamera yang dimiliki, sebab setiap kamera butuh jenis memori tertentu. Maka jangan dipukul rata sebab jenis kartu memori khusus kamera ada beberapa dan jika asal maka kartu tersebut tidak bisa dipakai. Penting untuk mengecek kebutuhan kamera yang dimiliki supaya tidak keliru dan merugi.

Baca Juga: Daftar Harga Memori Kamera Terkini Februari 2017

  • Memastikan kapasitasnya sesuai kebutuhan,

Ketika membeli memori kamera tentu akan mendapati beberapa pilihan kapasitas penyimpanan dan terbilang sangat beragam. Saat ini mayoritas kartu memori dibalut dengan kapasitas lapang sehingga meningkatkan performa dari kamera yang dimiliki. Namun dalam menentukan pilihan usahakan sesuai dengan kapasitas dari kamera itu sendiri jangan sampai berlebihan sebab dampaknya bisa fatal. Pastikan pula kapasitas yang dipilih sesuai kebutuhan jika memang butuh memori besar maka jangan memilih yang kecil

  • Mempertimbangkan kecepatan kartu memori,

Kini perkembangan teknologi ikut mempengaruhi pembuatan kartu memori baik untuk kamera, handphone, dan lain sebagainya. Salah satunya ada standar class pada kartu memori yang memberi informasi tingkat kecepatan ketika transfer data. Semakin tinggi class kartu memori ini juga menunjukan kualitasnya yang semakin baik sehingga bisa dipertimbangkan untuk dibeli. Minimal Anda butuh kartu memori di class 6 yang memberi kecepatan transfer data sekitar 6MB per detik, sehingga tidak terlalu lemot untuk menyimpan hasil bidikan

  • Pilih merek yang terpercaya,

Merk kartu memori pun baiknya dijadikan bahan pertimbangan dan alangkah baiknya memilih merek yang sudah terpercaya. Cari tahu merek kartu memori yang terbaik khusus untuk dipasangkan pada perangkat kamera digital. Semakin banyak informasi didapat maka semakin kecil kesalahan bisa dilakukan, alhasil kartu memori yang mumpuni berhasil dikantongi. Penting sekali memilih kartu memori yang tepat untuk meningkatkan perlindungan file foto di dalam kamera. Maka jangan asal membeli memori kamera jika ujung-ujungnya Anda menangis, karena kecewa.

 

Simak 4 Tips Berikut Agar Daya Baterai Kamera Lebih Hemat

Bagi yang suka mengambil foto di berbagai kesempatan dijamin selalu membawa serta kamera di tas atau sakunya, namun pernahkah memperhatikan baterai kamera tersebut? Kamera zaman sekarang memang menggunakan baterai yang bisa diisi ulang dayanya sehingga lebih efisien dan mudah untuk digunakan. Baterai pada kamera tentu memiliki kapasitas beragam yang tentunya oleh produsen kamera sudah disesuaikan dengan karakter kamera buatannya. Semakin tinggi spesifikasi kamera maka baterai yang disematkan di dalamnya akan memiliki kapasitas semakin besar sehingga tidak saling tumpang tindih.

Cermat Menghemat Baterai Pada Kamera

Melihat penggunaan baterai yang dicharger, maka ada baiknya paham bagaimana menghemat daya di baterai supaya lebih puas mengambil foto ketika di perjalanan. Adapun beberapa cara menghemat daya baterai tersebut antara lain:

  • Matikan fitur auto focus,

Membantu kamera diet dalam mengkonsumsi daya listrik bisa mematikan fitur auto focus, dan langkah ini khusus pengguna kamera DSLR ataupun mirrorless. Ketika fitur auto focus dinyalakan maka setiap membidik obyek kamera akan bekerja lebih ekstra mencari dan mengunci obyek tersebut. Sehingga konsumsi listriknya pun lebih besar ketimbang memakai fitur manual focus.

  • Kurangi aktifitas menyalakan layar kamera,

Mayoritas orang usai membidik obyek akan melihat atau memeriksa hasilnya, sehingga layar kamera menyala lebih lama. Tindakan ini bisa berdampak pada baterai kamera yang dayanya bisa cepat ludes apalagi jika sampai memakai fitur live view untuk melihat hasil jepretan. Ketika membidik usahakan langsung mengambil beberapa kali jepretan, tidak perlu langsung dilihat hasilnya. Nanti saja sesampainya di rumah supaya kamera bisa digunakan sampai seharian penuh dan memotret lebih banyak.

  • Pertimbangkan menurunkan flash dan meningkatkan ISO,

Dalam dunia fotografi biasanya pengguna kamera mengaktifkan fitur flash dengan maksud menghasilkan foto yang jernih. Terutama untuk pengambilan gambar di lokasi minim cahaya, namun pilihan ini rupanya kurang baik untuk baterai. Akan lebih dianjurkan memanfaatkan fitur ISO yang sama-sama mampu memperbaiki kualitas cahaya yang buruk ketika memotret. Menariknya fitur ISO yang dinaikkan tidak membuat konsumsi daya listrik membengkak malah semakin hemat. Hasilnya baterai di kamera kesayangan akan lebih tahan lama sehingga lebih puas mengambil foto.

  • Matikan kamera usai membidik obyek,

Demi menghemat baterai pada kamera kesayangan Anda bisa mencoba segera mematikan kamera usai membidik obyek. Meski kurang efisien karena harus menekan tombol on maupun off secara berulang namun hasilnya baterai lebih hemat. Pertimbangkan langkah lain dengan mengaktifkan fitur auto on off pada kamera sehingga usai memotret kamera secara otomatis akan dalam kondisi mati. Langkah ini bisa diaplikasikan untuk membantu menghemat daya sekaligus merawat baterai kamera sehingga lebih maksimal ketika mengambil foto.

Tips Memilih Tas Kamera yang Tepat untuk Digunakan

Kamera merupakan alat yang digunakan untuk dapat mengabadikan sebuah obyek dalam sebuah gambar. Ada banyak jenis kamera yang ada misalnya kamera handphone, kamera digital, kamera profesional seperti DLSR, SLR, dan juga kamera mirrorless. Berbagai jenis kamera tersebut mempunyai banyak sekali aksesoris yang bisa digunakan untuk menunjang kerja dan juga keamanan serta kebersihan kamera tersebut. Baik aksesoris primer untuk kamera misalnya charger, baterai, memori penyimpanan, lensa kamera, dan masih banyak lainnya. Selain itu ada juga jenis aksesoris yang bisa digunakan untuk menjaga dan merawat kamera agar awet seperti tas kamera, kit pembersih kamera, tripod, penutup lensa kamera, dan masih banyak jenis aksesoris lainnya.

Salah satu jenis aksesoris yang digunakan untuk tas untuk kamera yang mempunyai banyak kegunaannya. Dimana tas tersebut digunakan agar melindungi kamera agar terhindar dari debu sehingga tetap bersih ketika akan digunakan. Tas tersebut juga untuk tempat yang tepat menaruh berbagai aksesoris lainnya agar tidak terpisah dan selalu berkumpul dalam satu wadah. Sehingga tas bisa digunakan untuk tempat baterai, charger, memori penyimpanan data, dan kamera itu sendiri. Untuk dapat memilih jenis tas yang tepat ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih tas tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan memilih tas untuk kamera tersebut adalah:

  • Memilih ukuran tas

Apabila ingin mendapatkan tas kamera yang tepat maka langkah pertama adalah dengan memilih ukuran tas tersebut. Pilihlah tas yang sesuai dengan kebutuhan apakah kecil hanya digunakan untuk tempat kamera atau yang besar sekalian. Dimana tas tersebut bisa digunakan untuk menyimpan aksesoris lainnya bahkan juga dapat menjadi tempat penyimpanan untuk tripod. Perhatikan berbagai aksesori kamera yang telah Anda miliki sehingga dapat menentukan besarnya tas yang akan dipilih.

  • Memilih bahan tas

Dan apabila ingin memilih tas hal kedua yang harus diperhatikan adalah dengan memilih bahan tas yang tepat. Untuk dapat memilih tas tersebut, pilihlah bahan tas yang akan mampu menahan berbagai aksesoris yang akan dibawa oleh tas. Pilihlah bahan tas yang tebal dan juga tahan air sehingga akan dapat melindungi dari hujan atau ketika dibawa ke tempat berair. Beberapa bahan yang bisa dipilih seperti bahan kanvas, Spun polyester, dan juga dari bahan parasit yang dapat menyerap air dengan baik.

  • Pilih aksesoris tas

Dan cara memilih tas kamera yang terakhir adalah dengan memperhatikan aksesoris pada tas tersebut. Selain bahan aksesoris tas yang harus diperhatikan misalnya

  • Pilihlah resleting yang menggunakan resleting gampang dibuka dan tidak mudah rusak.
  • Perhatikan gasper tas tersebut dengan memilih gasper yang mudah dilepas pasang.
  • Pilihlah padding busa untuk sekat tas yang mempunyai ketebalan ideal yaitu 0,5-1 cm.
  • Pilihlah tas dengan banyak kantong.

 

3 Filter Kamera Favorit yang Sering Digunakan Profesional

Filter kamera adalah alat seperti cincin dalam berukuran besar yang bisa dipasangkan pada lensa kamera bagian depannya. Dimana lensa kamera ini membutuhkan filter agar hasil gambar yang diambil menjadi lebih bagus dan juga bervariasi. Banyak penggemar fotografi yang menggunakan filter untuk dapat membuat gambar yang diambilnya menjadi lebih hidup dan juga lebih fotogenik lagi. Ada banyak jenis filter yang bisa dipilih dan juga dikumpulkan untuk dapat berganti-ganti efek kamera yang dihasilkan ketika menggunakan filter ini.

Filter sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yang bisa dipilih. Apabila dilihat dari berbagai efek yang ditimbulkan filter ini mempunyai beberapa jenis yang bisa dipilih. Pertama adalah filter persegi panjang atau slot ini yang mempunyai bentuk persegi panjang. Jenis filter ini akan dimasukkan dalam frame di dalam kamera. Sedangkan untuk filter yang kedua adalah jenis lingkaran dimana merupakan filter umum yang banyak digunakan oleh orang. Fitur ini mempunyai diameter yang sama dengan lensa dan bisa langsung dipasang dengan cara mengikuti arah jarum jam. Sehingga apabila ingin memilih filter, pilihlah dahulu menurut bentuk yang akan dipasangkan pada kamera Anda. Sedangkan untuk hasil filter tersebut ada 3 filter yang menjadi favorit pada umumnya seperti berikut ini:

  • Ultraviolet Filter

Merupakan filter kamera pertama yang paling sering digunakan oleh penyuka dan pengguna kamera. Filter ultraviolet ini dapat digunakan untuk membuat gambar menjadi lebih bagus apabila terkena cahaya matahari yang berlebihan. Sehingga filter ultraviolet ini bisa digunakan untuk dapat mengurangi pengaruh sinar UV pada gambar. Apabila menggunakan filter ini, gambar yang akan dihasilkan akan mempunyai warna yang kebiru-biruan dan juga seperti berkabut. Filter ini sendiri biasanya dibiarkan terpasang di lensa kamera karena digunakan juga untuk dapat melindungi lensa kamera.

Baca Juga: Mengenal Lebih Tentang Jenis-Jenis Filter Kamera Dan Fungsinya

  • Polarizer filter

Adalah jenis filter yang kedua yang bisa dipilih oleh penyuka fotografi. Dimana filter ini dapat digunakan untuk dapat mengurangi pantulan dari sinar matahari, air, dan juga kaca. Filter ini dapat menghasilkan polasari yang tepat untuk hasil gambar yang akan diperoleh. Filter ini sendiri sangat cocok digunakan untuk mengambil langit, lautan, dan juga tempat yang mempunyai cahaya banyak dan banyak terjadi pantulan sehingga gambarnya akan kabur.

  • Natural density filter

Merupakan filter kamera selanjutnya yang menjadi favorit dan paling banyak digunakan oleh pecinta fotografi. Efek yang bisa ditimbulkan dari filter ini untuk hasil foto adalah dapat untuk menurunkan intensitas cahaya dalam foto. Sehingga bisa menggelapkan pemandangan yang ada pada objek. Filter ini sendiri sering digunakan untuk pengambilan gambar yang banyak airnya seperti pada pantai, air terjun, laut, dan juga tempat lainnya sehingga akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus.