Category Archives: Tips & Trik

Tips Pemasangan Kamera CCTV di dalam Rumah yang Perlu Diperhatikan

Maraknya kejahatan yang selama ini terjadi, mengharuskan para pemilik rumah untuk selalu waspada dan memberikan sistem keamanan yang lebih pada rumah mereka. Untuk memberikan sistem keamanan yang lebih dalam sebuah rumah, tentunya kita tidak bisa secara penuh mengandalkan tenaga keamanan lingkungan, yang memiliki tugas untuk mengawasi tidak hanya satu rumah saja. Oleh karena itu cara lain yang lebih efektif untuk agar sebuah rumah dapat memiliki sistem keamanan yang lebih adalah dengan memasang kamera CCTV yang mampu memberikan pengawasan terhadap keadaan disekitar lingkungan rumah tinggal. Kamera yang biasa disebut dengan kamera pengintai ini dapat membantu Anda untuk mengawasi segala pergerakan yang terjadi disekitar lingkungan tempat tinggal Anda.

Agar kamera pengintai yang Anda pasang dalam rumah Anda nantinya dapat bekerja dengan optimal, tentunya Anda harus meletakkan kamera tersebut pada titik-titik strategis tertentu, sehingga kamera pengintai tersebut dapat berfungsi secara optimal. Dalam pemasangan kamera ini, selain titik-titik penempatan yang sesuai, beberapa hal lain terkait dengan situasi rumah pun, harus Anda perhatikan agar nantinya kamera dapat melakukan perekaman berbagai hal yang mungkin terjadi secara lebih optimal.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan, ketika melakukan pemasangan kamera CCTV pada rumah Anda, yang antara lain adalah:

  • Pilihlah tempat atau sudut didalam rumah, dengan tingkat pencahayaan yang sedang, kamera pengintai yang ditempatkan persis bersebelahan ataupun terlalu dekat dengan lampu, akan dapat mempengaruhi hasil rekaman gambar, karena pencahayaan yang berlebihan.
  • Tempatkan kamera pengintai pada tempat yang memiliki jarak jauh dan tinggi dari lantai ataupun tanah, agar kamera tersebut, tidak mudah dijangkau dan dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan memiliki niat untuk melakukan kejahatan didalam rumah.
  • Tempatkan kamera pengintai pada permukaan yang datar dan tidak ada penghalang, agar nantinya kamera dapat bekerja dan mengintai semua aktivitas yang terjadi, tanpa danya suatu benda yang menghalangi, gerak dan perputaran kamera tersebut.

Untuk pemasangan kamera pengintai yang akan Anda gunakan didalam rumah, sebaiknya Anda meminta saran ataupun bantuan tenaga ahli yang memang telah memiliki pengalaman dalam melakukan pemasangan kamera tersebut. Mintalah tenaga ahli tersebut untuk menempatkan kamera pada sudut-sudut rumah, yang memang perlu untuk mendapatkan pengawasan yang lebih dan merupakan sudut yang rawan untuk dimasuki oleh orang yang tidak dikenal.

Gunakan monitor ataupun layar yang dapat menampilkan rekaman kamera CCTV secara jelas, sehingga nantinya Anda ataupun anggota keluarga lainnya dapat mengawasi berbagai pergerakan yang terjadi didalam semua sudut rumah dengan lebih jelas. Untuk penempatan monitor pengawas sendiri, Anda dapat menempatkannya diruang-ruang tertentu didalam rumah Anda, sesuai dengan kenyamanan dan keamanan Anda dalam melakukan pengawasan.

 

Tips Memilih Kamera Terbaik untuk Mengabadikan Setiap Moment

Berbagai moment indah dalam hidup, tentunya akan menjadi hal yang selalu ingin dikenang oleh setiap insan. Selain akan dapat memberikan rasa kebahagiaan, mengenang moment indah dalam hidup pun terkadang dapat membawa dampak positif bagi sebuah hubungan. Bagi Anda yang memang sedang ataupun akan melewati moment terindah dalam hidup, ada baiknya Anda mengabadikan moment tersebut dengan menggunakan kamera terbaik, agar nantinya Anda dapat selalu mengenang dan mengingat moment-moment indah dalam hidup Anda tersebut. Selain dapat memberikan hasil rekaman gambar yang menarik, Anda juga dapat memperoleh efek yang sangat luar biasa dalam gambar yang dihasilkan, jika tepat dalam memilih kamera yang Anda gunakan untuk mengabadikan moment tersebut.

Untuk dapat memperoleh kamera dengan hasil pemotretan yang baik ini, Anda dapat menggunakan kamera digital terbaru, yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk dapat melakukan perekaman gambar. Kamera digital ini akan pun dapat digunakan oleh semua kalangan baik yang termasuk dalam kategori profesional, maupun amatir, karena sistem yang terdapat didalamnya mudah dipahami oleh siapapun, sehingga dapat dijalankan dengan mudah.

Bagi Anda yang memang membutuhkan kamera terbaik untuk mengabadikan moment indah dalam hidup Anda, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk dapat melakukan pemilihan kamera tersebut, yang antara lain adalah:

  • Pilihlah jenis kamera digital sesuai dengan kebutuhan Anda, jika Anda membutuhkan kamera hanya untuk melakukan perekaman ataupun pengambilan gambar pada saat terjadinya moment-moment penting dalam hidup Anda, maka pemilihan kamera digital entry level sudah layak untuk Anda pertimbangkan.
  • Pilihlah kamera dengan nilai sensor yang lebih tinggi, karena sensor pada kamera tersebut akan mempengaruhi hasil pengambilan gambar nantinya.
  • Sesuaikan kamera yang akan Anda beli dengan budget yang Anda miliki, agar nantinya tidak terjadi pembengkakan dana yang Anda miliki.
  • Pemilihan kamera dengan mode operasi yang mudah dikenali, dan dapat dipahami oleh orang awam, akan lebih disarankan untuk Anda gunakan.

Baca Juga: Berikut Ini Kriteria Kamera Terbaik yang Layak Anda PIlih

Ketika Anda telah memiliki kamera yang telah Anda sesuaikan dengan kebutuhan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami fungsi dari setiap tombol yang ada. Pastikan bahwa fungsi dari tombol tersebut telah Anda kuasai dan lakukanlah praktek terlebih dahulu dengan objek-objek pemotretan yang ringan dan dapat Anda temukan disekitar Anda berdiri.

Dengan latihan secara bertahap dan teratur, nantinya dapat dipastikan bahwa saat moment terindah dalam hidup Anda tiba, Anda sudah dapat menggunakan kamera terbaik yang Anda miliki untuk mengabadikan moment tersebut. Aturlah dan gunakan sistem pencahayaan yang memadai dan sesuai dengan aturan pemotretan yang ada, agar hasil gambar yang Anda bidik menjadi lebih indah dan menawan.

 

 

Tips Sederhana untuk Mengaktifkan Kamera Laptop dengan Benar

Pada jaman dahulu, jaman dimana segala nya masih di lakukan dengan cara yang ribet, karena memang jaman dahulu tidak semodern jaman sekarang ini yang mana sekarang hanya dengan mengandalkan smartphone canggih maka Anda dapat untuk melakukan segalanya dengan mudah, termasuk untuk melakukan video call yang saat ini sedang ngetren di jaman modern ini. Berbeda lagi pada jaman dahulu pada saat ingin melakukan video call pada kamera laptop yang mana hal ini dianggap jauh lebih ribet jika dibandingkan dengan jaman sekarang yang hanya mengandalkan smartphone, maka dimana pun Anda berada dapat melakukan video call.

Dalam melakukan percakapan melalui laptop, maka tidak semua laptop bisa di gunakan untuk melakukan video call, karena tidak semua laptop memiliki kamera serta tidak jarang pula diantara laptop yang memiliki kualitas kamera tidak terlalu bagus. Namun tidak perlu dikhawatirkan lagi karena untuk mempercantik kamera pun juga masih ada jalan keluar yang bisa untuk Anda lakukan, yaitu dengan menggunakan kamera portable.

Namun tidak jarang diantara para masyarakat setempat yang tidak bisa untuk mengoperasikan kamera laptop dengan benar. Beginilah cara menggunakan kamera pada laptop dengan cara yang benar, yaitu sebagai berikut ini

  1. Hidupkan laptop dan Anda dapat langsung mengklik pada tombol star, ketik Device Manager kemudian tekan pada enter yang ada di keyboard.
  2. Anda dapat langsung menekan pada tombol FN dan F10 pada keyboard secara bersamaan.
  3. Pada jendela Device Manager akan melakukan refresh secara otomatis kemudian Anda dapat mencari menu imaging Device dan klik 2 kali.
  4. Jika kamera sudah siap, maka akan terdapat Device pada imaging Device, Anda bisa langsung untuk mencobanya pada program webcam dan melakukan panggilan video.

Cara di atas dapat untuk Anda jadikan sebagai acuan saja, karena memang pada setiap laptop memiliki tombol kamera yang berbeda-beda , sehingga tidak semuanya sama. Seperti yang sudah Anda rasakan, bahwa untuk saat ini perkembangan jaman sudah mulai mengalami kemajuan. Sehingga sudah menjadi suatu hal yang dianggap ribet dalam hal penggunaan kamera yang ada di laptop, karena memang sekarang ini hanya dengan mengandalkan smartphone canggih masa kini, maka Anda pun juga dapat melakukan video call, jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan penggunaan kamera pada laptop.

Jika Anda ingin flash back ke jaman yang belum modern, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba kembali pada kamera laptop yang Anda miliki untuk melakukan video call, karena memang seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern telah meninggalkan banyak hal kuno dan proses yang ribet, karena memang banyak para masyarakat yang menginginkan segalanya dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan juga cepat.

 

 

Inilah Fungsi Serta Kegunaan dari Tripod Kamera

Tripod kamera atau yang sering disebut sebagai kaki tiga adalah salah satu dari aksesoris kamera yang memiliki bentuk stand berguna untuk menopang pada body kamera. Sedangkan pada tripod itu sendiri pun juga memiliki banyak macam dan jenis serta memiliki kegunaan yang berbeda-beda pula. Sehingga perlu untuk Anda ketahui bahwa tripod tidak hanya berguna untuk menopang pada body kamera saja, melainkan memiliki banyak fungsi yang dapat untuk Anda ketahui jauh lebih rinci lagi.

Dengan adanya aksesoris kamera jenis ini, maka Anda pun tidak perlu merasa kerepotan lagi ketika ingin melakukan foto akan tetapi tidak ada orang yang bisa membantu Anda untuk memotret Anda, dengan bantuan tripod, maka segala hal dapat Anda lakukan dengan cara yang mudah dan juga praktis, sehingga wajar saja jika salah satu aksesoris ini banyak di cari oleh para masyarakat di berbagai kalangan.

Berikut ini adalah fungsi dari tripod kamera itu sendiri, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Dapat mengurangi pada kelelahan akibat menopang beban kamera.
  2. Tripod dapat digunakan untuk melakukan pemotretan shutter speed rendah dan pemotretan long exposure.
  3. Dapat membantu pemotret untuk mencapai angle yang sulit dalam pemotretan landscape.
  4. Dapat membantu pemotret dalam menghasilkan foto HDR.
  5. Dapat digunakan untuk pemotretan fotografi makro.
  6. Dapat digunakan untuk pemotretan dengan fitur timer.
  7. Dapat digunakan untuk mempertajam gambar pada saat melakukan focal length yang panjang.

 Baca juga beberapa aksesoris kamera di beritakamera.com

Seperti yang sudah Anda baca pada ulasan yang ada di atas bahwa tripod memiliki peran yang begitu sangat penting dalam hal pemotretan, karena dengan menggunakan tripod maka dapat untuk melakukan pemotretan jauh lebih mudah lagi tanpa membuat ribet. Memang tidak bisa di hindarkan pada segala jenis aksesoris pada kamera yang dapat untuk Anda miliki sebagai salah satu cara untuk membantu pemotretan Anda, salah satu aksesoris yang saat ini banyak diburu adalah tripod, meskipun sebagian orang tidak membutuhkan tripod, namun bagi Anda yang membutuhkan peran tripod, maka tidak ada salahnya jika Anda memilikinya.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa tripod kamera tidak hanya berguna sebagai alat untuk penyangga saja, karena memang jenis aksesoris yang satu ini memiliki banyak fungsi yang tidak akan membuat Anda merasa dirugikan ketika memilikinya. Meskipun aksesoris kamera yang satu ini kedengarannya sepele, namun dengan kegunaannya yang memiliki banyak fungsi telah menjadikan tripod menjadi incaran banyak orang, karena dengan penggunaan tripod, maka ketajaman pada hasil foto pun dapat Anda rasakan hasilnya, serta tripod juga akan membantu Anda dalam hal mengurangi guncangan dan kamera akan selalu dalam keadaan yang stabil.

 

Lensa Kamera Anda Akan Selalu Awet dengan Menerapkan Tips Berikut!

Memiliki kamera tentu membuat Anda memiliki waktu khusus secara periodik melakukan perawatan terhadap benda kesayangan ini. Selain body kamera secara keseluruhan, bagian lensa kamera pun baiknya tidak luput dari tindak perawatan tersebut. Apalagi lensa sendiri bagi sebuah kamera merupakan ‘mata’ yang wajib selalu dalam kondisi prima untuk hasil bidikan terbaik. Lensa sendiri terbilang sebagai komponen yang rawan mengalami kerusakan, maklum di dalamnya terdapat optik yang memang sensitif baik terhadap suhu dan kelembaban sekitar.

Bagaimana Menjaga Lensa Agar Selalu Awet?

Melihat komponen kamera bertajuk lensa ini rawan sekali terhadap kerusakan, otomatis perlu perawatan ekstra. Membiarkan lensa rusak bisa membuat kantong mengkerut sebab harga satu lensa memang tidak murah apalagi dengan fungsi khusus untuk menghasilkan foto dengan efek yang khas. Sebab lensa pada sebuah kamera punya efek yang sangat vital dalam menghasilkan sebuah foto. Mulai dari kemampuannya menangkap cahaya, menangkap warna obyek, detail pada gambar yang ditangkap, dan lain sebagainya. Nah, simak beberapa tips berikut agar lensa selalu awet:

  • Simpan di tempat yang memang layak,

Penyimpanan kamera memang agak sedikit ribet ketimbang elektronik jenis lainnya, karena alasan lensa kamera yang rentan rusak tadi. Lensa akan mudah error ketika berada di suhu lembab padahal Indonesia beriklim tropis dengan kelembaban sekitar 70% sehingga kurang begitu mendukung. Baiknya tidak disimpan sembarangan, lebih dianjurkan membeli dry cabinet yakni sejenis lemari yang suhu di dalamnya bisa diatur. Anda bisa membelinya di toko kamera langganan dan memang agak mahal sebab harga paling murah sekitar Rp 1 jutaan

  • Hindarkan dari air dan kelembaban,

Kondisi lembab memang sulit untuk dijauhi sama sekali sebab ada banyak spot fotografi yang memang lebih lembab. Mau tidak mau kamera kesayangan akan bersinggungan dengan air dan kelembaban tersebut. Akali dengan membawa kain microfiber sehingga setiap beberapa menit sekali kamera dilap dengan kain tersebut. Gunanya untuk mengurangi efek kelembaban, misal pada saat melakukan pemotretan di tepi pantai, daerah pegunungan, dan lokasi lainnya. Merawat kamera memang perlu dilakukan secara intens toh budget untuk biaya belanja lensa baru bisa melebihi harga kamera itu sendiri

  • Lebih hati-hati saat menukar lensa,

Kamera DSLR memiliki kelebihan yang khas yakni lensa yang bisa diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan. Saat ini memotret memakai lensa standard, kemudian bisa diganti dengan kamera micro untuk memotret obyek kecil dan bergerak. Obyek berbeda memerlukan lensa yang berbeda pula maka akan lumayan sering membongkar pasang lensa. Jika tidak hati-hati dijamin lensa mudah rusak, maka kenali langkah aman mengganti lensa. Sehingga lensa kamera awet dan hasil bidikan sempurna sesuai dengan apa yang diinginkan.

 

Tips Melakukan Perawatan Kamera yang Benar Agar Tidak Merusak Kamera

Memiliki barang memang tidak akan terlepas dari yang namanya perawatan, terlebih lagi jika memiliki barang berharga mahal seperti kamera, tentu haruslah melakukan perawatan kamera dengan cara yang benar, karena jika salah dalam merawatnya, maka kamera mahal kamu akan mengalami kerusakan. Hal tersebutlah yang menjadikan banyak orang takut memiliki barang tersebut yang mana kamera sangatlah rawan dengan yang namanya kerusakan. Sebab itulah melakukan perawatan yang benar sangatlah dianjurkan.

Dalam hal melakukan perawatan pun tidak dapat dilakukan dengan sembarang cara, karena sebelum kamu melakukan perawatan pun kamu harus tahu bagian-bagian serta komponen-komponen yang ada di dalam kamera, karena selain rawan kerusakan, kamera pun juga rawan retak, pecah dan berjamur. Dengan begitu menjaga kamera agar terhindar dari hal-hal tersebut merupakan tindakan yang sangatlah benar.

Berikut ini adalah tips melakukan perawatan kamera agar tidak terjadi kerusakan pada kamera kamu, yaitu sebagai berikut ini:

  • Jauhkan dari air.

Kamera sangat sensitif dengan air, sehingga jauhkan kamera dari air.

  • Tetap jaga kebersihan pada lensa.

Gunakan cleaning kit untuk membersihkan lensa kamera, namun jangan langsung menyemprotkan cairan ke lensa, gunakan lap microfiber.

  • Gunakan tas kamera.

Aksesoris tas kamera sangatlah penting dalam menempatkan kamera agar terhindar dari goncangan, gesekan dan getaran.

  • Gunakan pelindung layar pada LCD kamera.

Hal ini agar layar tidak tergores atau terkena sidik jari.

  • Bersihkan body kamera secara teratur.

Anda dapat membersihkan body kamera dengan menggunakan minyak kayu putih.

  • Pasanglah filter untuk melindungi kamera.

Pemasangan filter tidak akan mengurangi kualitas pada foto, dengan begitu tidak ada masalahnya jika kamu memasang filter.

  • Perawatan baterai.

Baterai sangatlah penting, jika kamera tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka lepaslah.

  • Simpan kamera dalam dry box.

Dry box berguna untuk melindungi kamera dari perubahan suhu yang ekstrem.

Memang, memiliki kamera tidak akan pernah terlepas dari yang namanya perawatan, karena memiliki kamera jika tidak dirawat, maka sangatlah rawan terhadap kerusakan, banyak sekali para pemilik kamera yang tidak bisa atau tidak mengetahui bagaimana cara melakukan perawatan yang benar dan tepat, tidak jarang jika diantara mereka melakukan perawatan dengan asal dan sembarangan.

Dengan begitu agar kamera kamu terhindar dari yang namanya kerusakan, maka hindari hal-hal yang dapat membuat kamera rentan akan kerusakan, karena memang kamera rentan dan sensitif, dengan begitu untuk tetap menjaga kualitas kamera dan keawetan kamera, kamu dapat menerapkan ke 8 cara yang di atas dalam hal melakukan perawatan kamera dengan cara yang benar dan tepat.

 

Perhatikan 4 Tips Perawatan Kamera Berikut Ini Agar Senantiasa Awet

Memiliki sebuah kamera dengan segala fitur yang super canggih kini menjadi salah satu kebutuhan yang banyak orang inginkan. Terlebih kegunaan kamera yang seperti ini adalah bagian dari banyak pilihan yang bisa dijadikan sebagai alat untuk selfie atau sekedar berfoto ria yang bisa saja di posting dalam beberapa media atau jejaring sosial yang pada akhirnya bisa dijadikan sebagai pilihan banyak orang untuk bisa menjadi salah satu style atau gaya hidup yang saat ini sedang banyak orang gemari dan inginkan. Setidaknya dalam memiliki kamera pun memang ada beberapa hal yang tidak seharusnya Anda biarkan begitu saja, sebab yang namanya perawatan kamera itu sangat perlu dan begitu penting.

Untuk bisa melakukan perawatan kamera yang baik dan benar maka ada beberapa hal yang bisa Anda pastikan dan lakukan diantaranya adalah:

  • Kebersihan lensa,

Hal ini sudah pasti banyak orang ketahui bahwa lensa adalah salah satu bagian dari kamera yang memang sensitif dan penggunaannya seringkali menjadi salah satu komponen yang cukup penting misalnya saja jika lensa kamera kotor maka tidak akan bisa efektif dalam pengambilan gambar dan memang gambar bisa saja tidak terlihat begitu jelas atau memang ada beberapa noda yang tidak bisa dihilangkan. Begitulah seharusnya kamera dan bagian lensa Anda jaga dengan baik dan pastikan cara membersihkannya pun sudah sesuai dengan apa yang dianjurkan.

  • Jauhkan dari panas matahari dalam waktu lama,

Sebagai salah satu benda teknologi yang memang memiliki tingkat sensitivitas yang cukup tinggi maka pilihan untuk menjadikan kamera tetap dalam keadaan baik adalah dengan memastikan bahwa memang bisa dijauhkan dari sinar matahari yang berlebih atau terlalu lama. Sebab jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama bisa saja menjadikan beberapa komponen dalam kamera tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Ternyata Melakukan Perawatan Kamera DSLR Tidak Sesulit yang Dibayangkan

  • Simpan di tempat kering,

Kamera Anda pun sebaiknya di simpan di tempat yang kering sebab jika disimpan di tempat yang terlalu lembab juga bisa membahayakan kamera misalnya saja sebaiknya Anda bisa membeli sebuah dry cabinet untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kelembaban dari ruangan Anda menyimpan kamera. Untuk itu Anda memang harus memiliki budget yang lebih agar kamera Anda tetap terjaga dengan baik dan ada beberapa komponen benda lainnya yang mungkin perlu diganti agar kamera Anda tetap terjaga.

  • Jauhkan dari debu dan jangan sampai jatuh,

Sebab kamera adalah barang yang cukup mahal untuk bisa dijadikan sebagai benda yang bisa dimiliki dalam menjalankan hobi yang cukup bergengsi maka pastikan dalam perawatan kamera dilakukan dengan benar dan jangan sampai Anda salah dalam menentukan cara perawatan yang baik dan juga benar misalnya saja jangan sampai kamera terjatuh atau terkena debu dalam jangka waktu yang lama.

Cara Menggunakan Kamera Digital dengan Benar

kamera memiliki banyak macam yang mana sebelum Anda menggunakan kamera digital, maka Anda pun harus mengetahui terlebih dahulu mengenai fungsi yang ada pada komponen-komponen dari kamera tersebut. Karena pada setiap komponen yang ada di kamera memiliki fungsi dan sistem kerja yang berbeda-beda, maka wajar saja jika Anda dituntut untuk mengetahui segala sesuatunya yang ada di kamera sebelum menggunakannya. Karena apabila salah menekan tombol saja, maka sistem kerja pada kamera pun sesuai dengan tombol yang Anda pencet.

Banyak sekali jenis-jenis kamera yang memiliki banyak perbedaan meskipun sama-sama memiliki fungsi untuk memotret, namun pada setiap jenis dan merk kamera akan memberikan hasil serta kualitas gambar yang berbeda-beda pula. Namun bagi para fotografer jauh lebih menyenangkan jika menggunakan kamera jenis digital, terlebih lagi bagi Anda yang masih pemula atau belajar untuk memotret, maka kamera jenis ini pun cocok untuk Anda gunakan. Wajar saja jika Anda yang masih awam mengenai kamera, masih merasa bingung apa saja fungsi dari beberapa tombol yang ada di kamera.

Adapun beberapa fitur yang ada pada kamera digital yang tidak jauh berbeda dari kamera yang biasanya, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Modus kamera secara otomatis.

Hampir semua kamera memiliki fitur ini yang ada di pengaturan dan fitur ini merupakan cara terbaik yang digunakan dalam hal pengambilan gambar.

  • Zoom.

Pada fitur ini dapat untuk Anda gunakan untuk mendekatkan atau menjauhkan pada objek yang ingin Anda foto.

  • Timer.

Timer digunakan untuk menunda dalam hal pengambilan foto, biasanya penundaan tersebut dalam jangka waktu 10 detik.

  • Flash.

Biasanya, apabila pengambilan gambar ditempat yang gelap, maka fitur flash ini dapat untuk Anda gunakan agar gambar terlihat jelas.

  • ISO.

Fitur ini berfungsi untuk mengontrol pada jumlah cahaya yang nantinya akan mempengaruhi bagaimana fotonya nanti akan terlihat.

  • Fokus.

Fitur ini digunakan untuk memfokuskan objek sebelum diambil gambar.

Adapun fungsi dari kamera jenis digital yaitu sebagai berikut:

  1. Dapat untuk menangkap hasil dari percobaan.
  2. Untuk memotret anggota tim.
  3. Untuk mendokumentasikan lokasi atau pada acara live misalnya pada pembicara tamu.
  4. Untuk menangkap segala sesuatu yang digunakan pada sebuah pekerjaan.
  5. Untuk mengambil gambar untuk pertama kalinya.

Menjadi seorang fotografer memang bisa dikatakan susah-susah gampang, karena pekerjaan dalam hal memfoto pada suatu objek tidak dapat dilakukan dengan cara yang sembarangan, menjadi seorang fotografer dituntut untuk fokus pada suatu objek, agar hasil gambar yang diberikan pun mampu memberikan hasil gambar yang memuaskan, karena dalam hal pengambilan gambar pun juga dibutuhkan suatu trik dan teknik-teknik tersendiri agar gambar yang dihasilkan dari kamera digital mampu menjadi gambar yang berkualitas.

 

Trik Menghasilkan Gambar Berkualitas dari Kamera Murah yang Kamu Miliki

Bagi Anda memiliki kamera murah tidak perlu berkecil hati perihal hasil jepretan yang kalah saing jika dibandingkan dengan kamera mahal. Tahukah kamu? Bahwa semahal apapun harga kamera, namun apabila pemotretnya tidak pandai, maka hasil jepretannya pun tidak akan memberikan hasil yang memuaskan. Sehingga bagi kamu yang memiliki kamera dengan merk yang tidak terkenal serta dengan harga yang murah, tidak perlu merasa sedih lagi, karena dibalik semua itu terdapat trik-trik tersendiri yang dapat kamu lakukan untuk membuktikan bahwa kamera yang murah pun juga akan berani saing dengan kamera mahal.

Pengaruh pada hasil jepretan tidak hanya pada kualitas yang dimiliki kamera saja, akan tetapi pelaku pemotretnya pun justru memiliki peran yang paling utama yang akan memberikan hasil bagus atau tidaknya gambar yang diambilnya. Dengan begitu, muncullah trik-trik pintar yang dapat untuk dilakukan agar hasil jepretan memberikan kualitas gambar yang maksimal serta memberikan kepuasan tersendiri bagi pemotretnya.

Adapun trik yang dapat untuk kamu lakukan agar kamera murah yang kamu miliki tidak akan terlihat murah dengan hasil jepretan yang berkualitas, yaitu seperti berikut ini:

  • Pegang kamera dengan benar.

Dalam hal memegang kamera pun juga memiliki cara tersendiri yang mana dengan pemegangan yang benar akan menghindari dari goyangan serta kestabilan kamera.

  • Gunakan mode Aperture Priority (A).

Jika obyek yang ingin kamu foto adalah manusia, maka gunakan lambang A.Gunakan burst mode.

Pada mode ini dapat kamu gunakan ketika ingin memotret gerakan yang cepat, sehingga sebelum melakukan pemotretan, lakukan settingan terlebih dulu pada kamera kamu.

  • Ambil foto siluet atau bayangan.

Cara yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengambil gambar benda di depan sumber cahaya, kemudian arahkan kamera pada bagian yang terang, namun bukan kearah cahaya.

Nah, diatas adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Menjadi seorang photographer atau memiliki hobi perihal mengambil gambar untuk dijadikan suatu moment tersendiri merupakan hal yang cukuplah menyenangkan, karena selain sebagai alat penghilang stres, maka cara ini pun dapat menjadikan seseorang jauh lebih bisa memfokuskan diri pada sesuatu serta melatih kekonsentrasian sang pengambil gambar, karena gambar yang bagus merupakan gambar yang diambil dengan adanya kerjasama antara mata, hati dan pikiran.

Dengan begitu memiliki kamera murah atau pun mahal bukanlah menjadi suatu kendala bagi kamu untuk belajar, karena hal tersebut tidak lah terlalu berpengaruh. Hal yang paling memiliki pengaruh besar yaitu diri kamu sendiri, bagaimana dalam hal memperlakukan objek secara baik agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal serta memberikan kepuasan tersendiri bagi kamu.

 

Kiat Perawatan Tas Kamera yang Bisa Anda Terapkan

Banyak orang masa kini yang sudah memiliki kamera, karena seiring dengan jaman yang semakin modern telah menjadikan kamera sebagai kebutuhan utama yang banyak dicari anak muda masa kini. Sedangkan harga kamera pun bisa dikatakan sangat mahal, belum nanti aksesorisnya yang sangat banyak macam dan jenisnya. Dan mereka pun tidak memperdulikan harga mahal kamera tersebut, mereka tetap tertarik untuk membelinya, namun sayangnya tidak semua orang yang memiliki kamera mampu merawatnya dengan cara yang benar, misalnya saja mengenai perawatan tas kamera yang belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Memiliki suatu barang, termasuk kamera, haruslah dijaga dengan baik, serta melakukan perawatan yang rutin, hal ini berguna agar kamera mampu bertahan lama dengan kondisinya yang normal, seperti yang sudah Anda ketahui bahwa kamera memang rawan, rawan retak, tergores, bahkan hingga pecah. Jika hal ini terjadi, tentu diri Anda lah yang nantinya akan merugi. Sedangkan harga kamera pun tidak murah, oleh sebab itu rawatlah kamera beserta peralatannya dengan cara yang benar dan rutin.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara merawat tas kamera agar tetap terjaga dengan baik, maka lakukan beberapa hal berikut ini:

Baca Juga: Jangan Memilih Tas Kamera Jenis Ini Karena Akan Merusak Kamera Anda

  1. Jemur tas terutama pada bagian dalamnya dengan rutin, minimal 1 minggu sekali selama 30 menit.
  2. Bersihkan secara dry cleaning, hal ini untuk menghilangkan kotoran-kotoran kecil atau debu.
  3. Masukan silica gel secukupnya hal ini bertujuan agar tas tidak lembab, serta jangan lupa untuk menjemur silica gel dengan rutin.
  4. Apabila tas tidak digunakan, maka letakkan di tempat yang kering, hindari peletakan tas ditempat yang lembab.
  5. Hindari tas dari kapur barus, agar partikel serta aroma kapur barus tidak menempel pada tas.

Pada umumnya tas yang akan digunakan untuk melindungi kamera bahan dasarnya terbuat dari kain. sedangkan pada kain itu sendiri akan menyerap air yang dapat menjadikan lembab, meskipun pada daya serap setiap kain berbeda-beda, akan tetapi busa pelindung yang ada di kamera kemungkinan besar juga dapat lembab, dan jika di dalam tas lembab, maka hal ini akan mengancam kamera. Karena selain menyebabkan jamur pada kamera, maka perawatan kamera yang tidak benar pun dapat menyebabkan kerusakan pada kamera.

Merawat tas kamera memang tidaklah sulit, hanya saja membutuhkan ketelatenan saja. Karena barang apapun jika tidak dirawat dengan baik, tentu tidak akan berfungsi dengan baik pula, dengan begitu lakukan langkah-langkah seperti yang ada di atas agar tas serta kamera yang Anda miliki mampu terjamin kualitasnya. Karena perawatan kamera yang tidak benar akan berdampak pada hasil gambar potretannya pula.