Category Archives: Tips & Trik

Tips untuk Memotret Landscape Fotografi dengan Subjek Pemandangan Alam yang Indah

Fotografi saat ini banyak dijadikan hobi oleh banyak kalangan terutama kalangan menengah keatas. Menghasilkan foto yang indah dan berkualitas bukan hanya memerlukan sebuah kamera canggih yang memiliki harga mahal saja namun juga kerja keras, kreatifitas dan berbagai ilmu untuk dipraktekkan. Salah satu tehnik fotografi adalah mengambil gambar secara landscape dengan subjek paling banyak yaitu pemandangan alam. Pada landscape fotografi diperlukan tehnik yang lebih mahir dibandingkan memotret biasa atau subjek di perkotaan.

Bagi Anda yang ingin memulai untuk mengambil gambar landscape dengan subjek panorama alam, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan gambar dengan lebih tajam dan nyata

  • Lakukan survey sehari sebelum pemotretan di lokasi agar bisa menemukan angel dan waktu pemotretan yang tepat. Misalnya untuk waktu di pagi hari dan sore hari pasti memiliki pencahayaan yang berbeda dengan nuansa yang juga berbeda. Jika melakukan survey sehari sebelumnya maka Anda akan bisa menentukan waktu dan lokasi mana yang bisa menghasilkan foto terbaik untuk diabadikan.
  • Tentukan titik fokus.

Untuk pemotretan alam atau pemandangan, seringkali pemotret akan kebingungan menentukan titik fokus karena banyaknya keindahan yang disajikan Sang Pencipta. Namun hal tersebut jika tidak Anda putuskan akan mengurangi nilai hasil jepretan Anda. Anda bisa menentukan titik fokus antara daratan atau langit atau bahkan pohon ataukah awan. Jika ada makhluk hidup yang tak sengaja hinggap atau datang maka Anda juga bisa menentukan titik fokus hewan tersebut agar mendapatkan potret yang lebih nyata.

  • Berikan foreground.

Foreground merupakan rahasia landscape fotografi untuk memberikan kualitas foto yang lebih baik. Jangan lupa memberikan foreground di depan kamera untuk memotret fokus yang lebih jauh dibelakang. Dengan foreground yang tepat justru foto Anda akan terlihat lebih berdimensi dan lebih berskala untuk mendapatkan kualitas yang lebih bisa dibanggakan.

Baca Juga:5 Tips Foto Landscape

  • Manfaatkan gerakan alam.

Jika subjek Anda adalah pemandangan yang bergerak misalnya air terjun, hewan terbang atau sebagainya, bisa dimanfaatkan sebagai subjek yang menarik untuk dijadikan fotografi landscape. Dengan tehnik dan keahlian lebih, Anda bisa menghasilkan foto alam yang menakjubkan tanpa perlu menentukan subjek yang mengada-ada.

Tips di atas bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam tehnik landscape fotografiUntuk tehnik yang lebih mendalam dan detail, Anda bisa mempelajarinya melalui buku-buku atau literatur fotografi yang saat ini banyak didapatkan di pasaran. Selain belajar melalui buku atau literatur Anda juga bisa belajar secara otodidak melalui pengalaman diri sendiri atau orang lain. Banyak-banyak mengeksplor berbagai tempat untuk dijadikan subjek pemotretan agar Anda semakin kreatif untuk bisa menghasilkan foto unik namun berkualitas.

 

Tips Memilih Tripod Kamera yang Tepat Sebelum Membelinya

Ketika akan memotret, ada berbagai peralatan yang digunakan untuk mendukung kegiatan tersebut. Seperti dengan tripod yang digunakan sebagai tiang penyangga kamera sehingga dapat untuk memotret dengan lebih mudah. Tripod tersebut mempunyai banyak fungsi yang bisa digunakan oleh orang yang memiliki dan juga hobi dengan kegiatan fotografi. Sehingga akan lebih baik untuk menggunakan dan memiliki tripod kamera agar kegiatan memotretnya dapat berjalan lebih lancar. Dimana bagi Anda yang ingin membeli tripod tersebut, ada beberapa cara yang bisa dipertimbangkan sehingga akan mendapatkan tripod terbaik. Beberapa cara yang bisa dilakukan misalnya adalah sebagai berikut ini:

  • Memilih beban tripod

Langkah pertama untuk membeli tripod yang tepat adalah dengan memperhatikan berat tripod. Biasanya tripod ini merupakan barang yang akan dibawa kemana-mana ketika melakukan kegiatan fotografi. Sehingga bagi Anda yang ingin membawa tripod ini akan lebih menyenangkan apabila memilih tripod yang tidak terlalu berat agar lebih mudah dan praktis dibawa kemana-mana. Adapun cara yang bisa dilakukan ketika akan membeli tripod dengan beban yang tepat adalah dengan memilih bahan tripod tersebut. Karena penggunaan bahan yang dipakai juga dapat untuk menentukan berat tripod yang akan dipilih nantinya.

  • Memperhitungkan berat kamera

Dan tips selanjutnya ketika akan memilih dan membeli tripod kamera adalah dari berat kameranya. Apabila Anda memilih tripod tentunya harus memilih tripod yang tepat dengan membeli tripod yang dapat menampung berat kamera. Anda bisa untuk membeli tripod yang sesuai dengan berat kamera yang dimiliki. Sehingga apabila Anda mempunyai kamera yang berat, maka harus juga memilih tripod yang beratnya dapat untuk digunakan untuk tempat kamera tersebut. Oleh karena itulah Anda harus memilih berat tripod dan memperhatikan berat kamera agar mendapatkan tripod yang tepat. Selain dari berat kamera, perhatikan juga untuk memperhitungkan berat alat kamera lainnya yaitu lensa kamera dan alat kamera lainnya.

  • Pilih jenis kaki tripod

Pertimbangan selanjutnya ketika akan memilih tripod adalah bisa untuk memperhatikan kaki tripod tersebut. Anda bisa untuk memilih tripod yang kakinya bisa direntangkan sehingga akan memudahkan Anda untuk mengambil gambar yang diinginkan. Selain itu penting juga bagi Anda untuk memilih jumlah segmen kaki yang tepat sehingga tripod tersebut akan dapat untuk digunakan secara maksimal ketika mengambil gambar.

  • Fitur tripod

Dan tips terakhir sehingga akan mendapatkan tripod kamera yang tepat adalah fitur yang ada pada tripod tersebut. Misalnya dari kepala tripod yang bisa dipilih dimana ada jenis kepada tripod dengan head terpisah atau yang jadi satu. Selain itu perhatikan juga kolom tengah pada kaki tripod. Dan terakhir dari tinggi tripod tentunya yang akan dapat untuk membuat keseimbangan tripod tersebut ketika digunakan.

 

Sebelum Belanja Tripod Kamera Baiknya Pertimbangkan Dulu 4 Hal Penting Ini

Untuk kegiatan fotografi di dunia olahraga tentu Anda akan memerlukan aksesoris kamera yang bernama tripod kamera. Tripod ini didesain seperti kaki tiga, dan dipergunakan untuk menopang badan kamera supaya bisa berdiri tegak untuk kemudahan membidik obyek. Secara umum tripod baru akan dipakai jika membidik obyek yang bergerak dengan cepat sekaligus mudah berubah dan salah satunya memotret momen pertandingan olahraga. Namun kadang kala beberapa orang memilih membeli tripod untuk meningkatkan kualitas foto disaat bepergian.

Pertimbangan Saat Belanja Tripo

Apapun tujuan yang mendasari pembelian aksesoris kamera satu ini usahakan untuk memilih dengan cara yang benar. Kalau salah tentu akan mengurangi kenyamanan memotret dan tidak berguna sama sekali, maka sebelum dibeli pertimbangkan dulu beberapa hal penting berikut

  • Pastikan apakah mudah dilepas pasang atau tidak,

Memilih tripod yang pas dengan kebutuhan dan memberi kenyamanan baiknya menimbang soal skema penggunaannya seperti apa. Setiap tripod yang ada di pasaran memiliki skema pemasangan yang berbeda-beda sehingga baiknya dicoba dulu di tokonya. Tanyakan dulu bagaimana pemasangan dan melepaskan kamera di badan tripod, dan pilih yang paling mudah ataupun paling praktis.

  • Material yang bagus dan cenderung kuat,

Fungsi dari tripod kamera ini adalah untuk menyangga kamera ketika digunakan untuk membidik obyek foto. Maka penting sekali memperhatikan kekuatan rangka pada tripod apakah memang baik atau malah sebaliknya. Secara umum tripod terbuat dari material yang kuat sekelas baja namun sudah diberi lapisan tertentu agar tampil lebih profesional. Kalau tidak jeli bisa jadi malah tertipu oleh casing saja padahal kualitas bahannya buruk, maka cek dengan seksama dan ajak teman untuk membantu.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Tripod Kamera

  • Ukuran dan berat tripod yang dirasa pas,

Ukuran dari aksesoris kamera satu ini tentunya lumayan beragam ada yang sangat tinggi namun ada pula yang cukup pendek. Dalam menentukan ukuran baiknya disesuaikan kebutuhan apabila memang sering memotret obyek yang jaraknya jauh maka tripod yang tinggi menjadi pilihan terbaik. Semakin tinggi tripod ternyata tidak mempengaruhi harganya, meski sangat bergantung pada desain dan jenis material yang digunakan. Selain tinggi atau ukuran dalam memilih tripod baiknya juga menimbang soal bobot.

  • Harga tripod yang memang sesuai isi kantong,

Pertimbangan berikutnya adalah soal harga sebab kalau harga tripod yang diinginkan melebihi kapasitas kantong tentu tidak baik bila dipaksakan. Usahakan untuk mengurungkan niat membelinya di bulan ini dan pertimbangkan di bulan depan ketika tabungan sudah bertambah. Memilih harga yang sesuai menjamin kebutuhan akan tripod bisa dengan mudah terpenuhi selain itu juga menawarkan kenyamanan. Sebab kondisi keuangan tetap sehat meskipun sudah memenuhi kebutuhan tripod kamera dengan kualitas yang terbaik, cobalah untuk dipertimbangkan ulang.

Kamera Murah Cepat Rusak, Mungkin Ini Kesalahan yang Dilakukan Pengguna

Memiliki kamera baru yang selama ini diimpikan tentu menjadi kebanggaan tersendiri, terlebih jika kamera tersebut didapatkan dengan usaha sendiri. Tidak peduli harga kamera murah atau mahal pun, asal bisa menenteng perangkat kamera maka sudah merasa seperti fotografer profesional. Namun jangan terlalu senang dulu karena ada baiknya Anda untuk bisa belajar lebih tentang kamera baru Anda tersebut sehingga bisa mengoperasikannya dengan maksimal, terlebih jika Anda masih pemula.

Para pemula memang terkadang terlalu gaya dengan kameranya sehingga bukannya belajar mengoperasikan, namun justru tanpa disadari membuat kesalahan yang berujung dengan menjadikan kamera rusak. Berikut ini beberapa kesalahan yang kerapkali tidak disadari oleh para pemula yang menjadikan kamera mudah rusak:

  • Setting kamera

Kesalahan yang paling umum terjadi adalah dari sektor setting. Tidak peduli Anda punya kamera murah atau mahal, namun setting dilakukan secara sembarangan maka akan mempengaruhi hasil dari jepretan nantinya. Memang menyenangkan ketika bisa bereksperimen memakai mode serta fitur pada kamera baru Anda. Tapi jika tidak pandai dalam pengaturannya, maka bukan tidak mungkin hasil fotonya akan jadi aneh.

  • Selalu reset kamera

Mungkin hal ini sering sekali dilakukan oleh pemula yaitu dimana sudah terlalu bingung pada setting kameranya yang berubah-ubah lalu tidak mampu mengembalikannya ke mode semula, maka yang jadi pilihan terakhir adalah me-reset kamera ke setting dasar. Tanpa disadari setting lensa juga akan berulang kembali. Selain itu, setting pada flash serta pengaturan lain juga ikut berubah jika dilakukan berulang kali.

  • Atur metering mode

Terkadang terdapat momen dimana saat Anda memotret, maka hasil jepretan pun menjadi terlalu terang atau justru tidak sesuai apa yang diharapkan. Dalam hal ini Anda bisa mencoba untuk melakukan cek di metering mode lalu kembalikan lagi ke posisi standarnya.

Baca tips dan trik nya tentang bagaimana cara perawatan kamera yang baik dan benar. Lihat selengkapnya di beritakamera.com

  • Sering bongkar pasang lensa

Mungkin bongkar pasang lensa sudah menjadi aktivitas yang seringkali dilakukan oleh para fotografer. Memang menyenangkan sekali jika bisa bongkar pasang lensa karena Anda dapat melakukan eksperimen hasil foto. Tapi hindari untuk terlalu sering membongkar pasang lensanya karena akan menjadikan sensor pada gambar Anda lebih mudah kotor terkena debu dan kotoran lainnya. Hal ini nantinya bisa berefek pada hasil foto yang kurang bersih dan buram.

Itulah beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para pemula di dunia fotografi. Tidak peduli Anda punya kamera murah atau mahal jika diperlakukan seenak hati maka kamera tersebut akan mudah rusak. Namun jika Anda berusaha merawat dan menggunakannya dengan baik sesuai prosedur, maka kamera yang Anda miliki akan bisa setia menemani dan tahan lama. Jika memang masih bingung dalam penggunaan, maka bisa juga bertanya kepada yang lebih ahli.

 

Pilah-Pilih Tas Kamera dengan Tips Mudah Berikut Ini!

Fotografi saat ini telah menjadi aktivitas yang banyak digandrungi, terlebih pada para anak muda. Mengambil foto dan menjepret obyek memang memiliki seni serta tantangan tersendiri. Itulah mengapa momen fotografi dianggap selalu menantang. Untuk bisa mendapat jepretan maksimal, maka memakai kamera DSLR tentu lebih dipilih. Mengingat harga kamera DSLR yang tak murah, tentu Anda ingin kamera kesayangan selalu aman. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memiliki tas kamera sehingga kamera DSLR senantiasa terlindung meski dibawa kemana-mana.

Pada dasarnya setiap tas untuk kamera punya model dan desainnya masing-masing. Fungsi yang utama tentu saja untuk mengamankan kamera ketika dibawa kemana-mana. Anda juga bisa memasukkan aksesorisnya sekalian ke dalam tas. Mengingat keselamatan kamera bergantung pada tas yang akan Anda pilih, maka pastikan untuk bisa memilih tas terbaik dengan cara berikut ini:

  • Pertimbangan tentang kapasitas adalah hal utama. Sekeren apapun bentuk dari tas itu, namun jika kapasitasnya kurang bisa mencukupi seluruh kebutuhan Anda maka akan sama saja tidak terlalu berguna bukan? Jadi usahakan untuk memilih tas dengan kapasitas sesuai dengan ukuran kamera dan juga kebutuhan aksesoris yang akan Anda bawa pergi.
  • Raincoat bag merupakan benda yang amat penting sehingga tas dan kamera di dalamnya bisa terlindung ketika Anda terkena kondisi hujan atau terciprat air. Jadi, tas untuk kamera yang Anda pilih juga wajib punya raincoat bag. Jika memang tidak sepaket ketika pembelian, maka bisa juga dengan membeli secara terpisah.
  • Jumlah kantong dalam tas juga bisa jadi pertimbangan. Mengingat aksesoris yang dibawa ketika memotret kerapkali tidak sedikit, maka jumlah kantong di dalamnya wajib mampu mengakomodasi kebutuhan Anda selalu.

Bagi Anda yang kini sedang bingung dalam memilih tas kamera, maka berikut ini ada beberapa rekomendasi produk tas yang bisa dipilih:

  • Lowepro EX 180 – desainnya kecil dan bobotnya ringan sehingga akan praktis dan memudahkan Anda ketika membawanya kemana-mana. Ukuran tas ini adalah muat untuk memasukkan body Canon EOS 450 D beserta dengan kit lense dan juga lensa tele. Harganya 300 ribuan saja.
  • Lowepro Slingshot A200 – modelnya selempang sehingga mudah ketika dipakai dan tetap gaya. Anda pun dapat mengubah mode stand by ke ready to shoot secara lebih simpel. Ruangnya yang cukup banyak menjadikan tas ini tepat dijadikan teman travelling Anda.
  • Komputrekker – Ukurannya sangat muat untuk kapasitas yang lumayan. Dengan harga mulai dari 100ribuan, Anda sudah bisa meminang tas yang satu ini.

Mengingat keselamatan kamera juga bisa ditentukan dari tas kamera yang menjadi tempatnya, maka ada baiknya memperhatikan benar kualitas dari tas yang Anda pilih. Tak masalah mahal sedikit asal kamera selalu aman di dalamnya.

 

5 Trik Membuat Rekaman Berkualitas dengan Action Kamera

Nama action kamera tentunya sudah sangat populer bagi pengguna teknologi, mengingat tak bisa dipungkiri jika seandainya belakangan ini cukup booming di tengah-tengah masyarakat terkait dengan produk yang satu ini. Kamera aksi karena bisa digunakan untuk merekam berbagai macam moment yang terlihat mustahil jika dilakukan oleh kamera biasa. Kemampuannya bahkan bisa dikatakan melebihi produk DSLR, khususnya ketika digunakan dalam merekam di air. Karena dibekali dengan kemampuan yang waterproof.

Khusus untuk Anda yang senang dengan olahraga-olahraga ekstrim seperti diantaranya adalah berselancar, kemudian juga terjun payung, main skateboard sekarang ini bisa mengabadikan setiap video tersebut dengan memakai sarana teknologi kamera aksi. Produk tersebut banyak dijual di pasaran juga dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari 1 jutaan rupiah sudah ada dari beberapa vendor teknologi asal negeri China. Ingin yang lebih canggih dan berkualitas pastinya juga tetap ada, namun harganya sedikit lebih mahal.

Untuk mendapatkan hasil gambar atau video yang berkualitas ketika menggunakan action kamera juga tak boleh sembarangan, berikut ini sedikit tipsnya untuk Anda, yaitu:

  1. Anda harus menentukan tema dari video tersebut, artinya bukan sekedar video perjalanan biasa, untuk hal yang satu ini bahkan dengan menggunakan kamera DSLR juga sudah bisa. Contohnya adalah ingin berselancar, maka bisa direkam dengan menggunakan kamera tersebut, hasilnya juga akan jauh lebih baik dibandingkan dengan kamera biasa.
  2. Bisa digunakan untuk merekam hal-hal yang terduga, selain dipakai dalam merekam sesuatu yang memang sudah di setting sebelumnya, maka faktanya kamera aksi ini juga dapat Anda gunakan dalam merekam hal yang tak terduga dan penuh dengan aksi, video semacam ini tentunya akan jauh lebih menarik perhatian orang lain bukan.
  3. Tentukan angel yang tepat, bagaimana caranya bukan hanya Anda sendiri yang nantinya bis masuk kedalam frame, melainkan juga sesuatu yang ada di sekitarnya, hal ini perlu kreativitas khususnya adalah dalam menentukan angel yang tepat. Sehingga frame yang ada di dalamnya tidak membosankan.
  4. Pastikan hasil rekaman tetap stabil, jika biasanya untuk mendapatkan hasil stabil dengan memakai kamera DSLR dibutuhkan Tripod ataupun monopod, maka berbeda dengan jenis kamera yang satu ini. Agar gambar tak shaking maka harus diimbangi dengan keberadaan stabilitor, umumnya memiliki ukuran yang cukup kecil, namun wajib dimiliki pemilik kamera aksi.
  5. Pastikan bukan hanya gambar atau video saja yang masuk ke dalamnya melainkan juga suara, suara memiliki peran penting dalam memberikan unsur yang lebih dramatis dalam setiap video rekaman.

Dengan mengaplikasikan 5 hal tersebut, maka kualitas video ataupun gambar yang didapatkan dari rekaman action kamera juga jauh lebih baik.

 

4 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Tripod Kamera

Dalam menunjang liburan dan hunting gambar Anda pastinya kamera digital saja tidak cukup untuk melengkapinya, melainkan juga harus ditunjang dengan sebuah sarana pengambilan gambar yang lain, salah satu diantaranya adalah tripod kamera. Pastinya sudah tak asing dengan alat yang satu ini bukan. Tripod umumnya digunakan untuk kebutuhan mengambil gambar maupun video agar hasilnya tidak seeking atau bergoyang. Dengan adanya tripod ini maka Anda sendiri bisa menyesuaikan jarak pengambilan gambar, begitu juga dengan ketinggiannya.

Selain jenis tripod maka ada juga beberapa sarana pendukung seperti diantaranya adalah monopod yang juga memiliki kemampuan sejenis. Umumnya mereka yang memang memiliki hobby dalam mengambil gambar akan dengan senang hati membawa alat yang satu ini, untuk melengkapi hunting foto agar hasil yang didapatkan juga jauh lebih berkualitas. Alat tersebut bisa dengan mudah ditemukan pada toko-toko yang memang menjual perangkat kamera. Harganya juga tergolong terjangkau.

Namun agar tak salah dalam memilih tripod kamera, maka ada baiknya bagi Anda untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini, diantaranya adalah:

Baca Juga:Inilah Fungsi Serta Kegunaan dari Tripod Kamera

  1. Bahan body maupun kaki dari tripod tersebut, pemilihan bahan ini sangat mempengaruhi kualitas, faktanya bukan hanya bahan plastik saja yang umum dipakai dalam pembuatan tripod, melainkan juga ada bahan lain seperti metal yang memang lebih kuat dibandingkan plastik, juga tak mudah rusak. Pemilihan bahan akan sangat mempengaruhi kualitas dari tripod.
  2. Pilihlah jenis tripod yang mudah digunakan, salah satu diantaranya adalah ketika Anda ingin menarik keluar kakinya atau memasangkan tripod tersebut, semakin cepat kerjanya maka juga akan mempercepat Anda dalam mengambil gambar, tak jarang diantaranya beberapa tripod yang kualitasnya memang sangat kurang, sehingga menghambat pekerjaan.
  3. Berat dari tripod tersebut, sebenarnya pilihan bahan sendiri juga sangat mempengaruhi bobot dari sebuah tripod, semakin bagus bahannya, misalnya terbuat dari metal, maka bobotnya juga jadi semakin tinggi. Begitu juga dengan tripod yang terbuat dari bahan plastik umumnya memiliki berat yang lebih ringan. Pilih yang menurut Anda paling nyaman dibawa untuk kebutuhan travelling.
  4. Pertimbangkan fitur dari tripod tersebut, tak kalah penting bagi Anda adalah untuk melihat fitur tambahan yang ada pada tripod, seperti diantaranya adakah busa yang ada pada kaki untuk meminimalkan kerusakan kaki pada saat digunakan, juga tripod hook untuk memungkinkannya lebih kokoh ketika dipakai. Dengan adanya fitur tambahan tentu akan memberikan keunggulan lebih ketika mengambil gambar.

Jadi jangan asal pilih tripod kamera, pastikan untuk menggunakan yang terbaik sehingga pengambilan gambar bisa jauh lebih mudah dengan hasil yang berkualitas. Beli tripod ini di beberapa toko perlengkapan kamera terdekat dengan tawaran harga terjangkau.

 

Trik yang Bisa Anda Gunakan untuk Memperoleh Kamera Murah Namun Berkualitas

Untuk memperoleh kamera murah tentu Anda butuh usaha khusus sebab tanpanya bisa jadi akan memperoleh harga sesuai pasar atau kalau apes malah lebih mahal. Melirik harga kamera tentu Anda akan selalu memperhatikan isi kantong sebab semua kamera memiliki kisaran harganya sendiri-sendiri. Semakin mahal maka semakin bagus hasil jepretannya sehingga menawarkan kepuasan maksimal pada pengguna, terlebih jika memang berkecimpung di dalam profesi fotografi. Berbekal kamera yang bagus maka dijamin akan memperoleh penghasilan tinggi sebab fotografi sendiri menjadi hobi yang menghasilkan.

Trik Memperoleh Kamera yang Lebih Murah

Kamera yang bagus tidak melulu hanya bisa dimiliki usai menggelontorkan sejumlah dana yang lumayan, sebab beberapa juga dibandrol dengan harga murah. Supaya bisa mendapatkan harga yang murah tersebut beberapa trik ini layak untuk dicoba:

  • Memilih kamera DSLR untuk pemula,

DSLR yang ada di pasaran ternyata terbagi menjadi beberapa jenis dan salah satunya DSLR dengan fitur standar. Dikenal pula dengan istilah DSLR untuk pemula yang baru tahap belajar dan coba-coba di dunia fotografi. Pilihan ini tentu menawarkan kamera dengan hasil bagus namun kebutuhan budgetnya tidak tinggi karena memang murah.

  • Perhatikan kisaran harga berbagai merek kamera,

Membandingkan harga berbagai merek kamera tentu menjadi trik yang pintar supaya tidak sulit mendapatkan kamera murah. Budget yang minim membuat pilihan lebih terbatas namun bukan berarti membuat posisi Anda sulit sebab bisa memperoleh pilihan yang benar-benar ideal. Pertimbangkan untuk memilih merek kamera yang dikenal bagus dan berkualitas namun harga yang disediakan bersahabat. Tentunya setiap merek memproduksi beberapa tipe kamera dan bisa memilih yang harganya paling cocok.

Baca Juga: Cara Mudah Dapatkan Kamera Murah Second Berkualitas

  • Menantikan promo dari toko kamera,

Promo ternyata tidak hanya bisa didapatkan di toko yang menjual pakaian, namun bisa pula di banyak toko. Salah satunya toko kamera sehingga ketika promo ini digelar dijamin akan memperoleh diskon yang menarik, tentu bergantung dulu jenis promonya apa. Bisa jadi promo hanya berupa gratis merchandise untuk pembelian kamera model atau tipe tertentu. Tunggu saja adanya promo diskon sehingga bisa membeli kamera bagus dengan biaya yang terbatas, sehingga jauh lebih hemat.

  • Perhitungkan untung rugi membeli kamera bekas,

Opsional lainnya adalah membeli kamera dengan harga murah yang dijual dalam kondisi bekas sehingga tidak perlu membayar terlalu mahal. Beberapa fotografer memilih menjual kamera lamanya karena tidak dipakai lagi sebab fiturnya sudah tidak sesuai kebutuhan. Sehingga mereka memilih membeli kamera baru yang menyediakan fitur yang lebih pas, tentu kondisi kamera masih sangat enak dipakai. Pintar dalam memilih kamera bekas dijamin tidak hanya memperoleh kamera murah namun juga tetap enak dipakai dan hasilnya tetap memberikan kepuasan.

Kiat Cerdas dalam Memilih Tas Kamera yang Tepat

Bagi pengguna kamera DSLR tentu tidak perlu ragu untuk melindunginya ke dalam tas kamera sehingga menarik untuk disediakan. Tas khusus kamera tentu sangat penting disediakan untuk memberikan perlindungan optimal pada kamera kesayangan agar tidak lekas rusak. Kamera DSLR memiliki lensa dan sensor yang rapuh oleh air maupun benturan sehingga mudah sekali mengalami error dan performanya akan menurun. Sebagai bentuk perlindungan maka baiknya menyediakan tas khusus untuk meletakkannya ketika diajak bepergian maupun disimpan untuk waktu sebentar.

Kiat Memilih Tas yang Benar

Tas yang didesain khusus untuk menyimpan kamera selama diajak bepergian hadir dalam berbagai model, dan baiknya cermat ketika memilih. Kiat-kiat berikut tentu sangat membantu memilih tas yang benar dan menguntungkan:

  • Mempertimbangkan kebutuhan di masa mendatang,

Seiring berjalannya waktu maka dijamin aksesoris kamera yang dimiliki akan semakin banyak demi menunjang kegiatan fotografi. Maka ketika belanja tas khusus kamera baiknya melirik masa mendatang dan pastikan tas ini tetap berguna meski aksesoris kamera sudah bertambah banyak. Maka disarankan untuk memilih tas dengan kapasitas besar sehingga bisa menampung tidak hanya kamera namun semua aksesorisnya

  • Pastikan tas memiliki rain cover,

Mayoritas kamera yang tersedia di pasaran mudah sekali rusak apabila terkena air, terlebih oleh air hujan yang datang cukup deras. Memastikan bahwa kamera kesayangan aman meski hujan turun lebat maka gunakan tas kamera yang dilengkapi rain cover. Rain cover ini biasanya terbuat dari bahan anti air yang dipasang pada tas ketika hari hujan sehingga melindungi semua isi di dalam tas tersebut. Kamera pun akan terlindungi, terlebih komponen lensa yang rusak jika terkena air

  • Pertimbangkan tas customade untuk budget terbatas,

Belanja tas untuk membawa kamera dengan mudah sepanjang perjalanan baiknya juga disesuaikan dengan jumlah budget yang ada. Jangan sampai membeli tas yang terlalu mahal sebab bisa mempengaruhi kesehatan finansial dan pemenuhan kebutuhan lain dalam hidup Anda. idealnya disesuaikan kemampuan toh di pasaran tersedia tas khusus kamera yang dibuat oleh mereka yang kreatif menyediakan jasa customad atau homemade dimana harganya jelas lebih terjangkau yang cocok untuk budget tipis.

  • Menimbang model yang paling pas dengan selera,

Model untuk tas tempat kamera DSLR kesayangan ini juga sangat beragam, ada yang bentuknya berupa ransel, tas selempang, tas pinggang, dan semacamnya. Model yang beragam tentu membuat pilihan yang bisa diambil lumayan banyak sehingga pastikan memilih model yang pas dengan selera. Kalau sudah sesuai dengan kepribadian maka dijamin akan memperoleh kenyamanan dan mampu melindungi kamera secara optimal. Maka tentukan model tas kamera yang tepat sesuai kepribadian dan selera Anda, sehingga tidak harus mengikuti trend yang berkembang.

4 Strategi yang Bisa Anda Terapkan untuk Mendapatkan Kamera Terbaik

Memegang kamera terbaik ternyata tidak bisa dilakukan secara asal, sebelum memilikinya tentu perlu pertimbangan matang pada saat memilih. Kamera yang ada di pasaran sangat banyak dan tentunya dalam memilih setiap orang memiliki kriterianya sendiri yang tentunya saling berbeda. Bagi fotografer yang berpengalaman dan menjadikannya sebagai ladang rezeki dijamin akan mencari kamera DSLR dengan kualitas yang terbaik. Sementara untuk keperluan lainnya bisa leluasa memilih kamera yang dirasa paling sesuai dengan karakter dalam membidik suatu obyek.

Strategi Mendapatkan Kamera yang Tepat

Kamera bagi mereka yang suka dengan aksi fotografi adalah senjata andalan, ketika keliru memilih maka akan membuat kecewa. Dalam memilih ternyata tidak bisa sekedar asal dan dianjurkan untuk memperhatikan beberapa strategi ini:

  • Kenali tipe kamera sesuai kebutuhan,

Tipe atau jenis kamera yang ada di sekitar kita sangatlah banyak, paling sering disebut adalah kamera saku, kamera DSLR, dan yang terbaru adalah polaroid. Diluar itu semua masih ada beberapa jenis kamera yang baiknya dikenali pula kelebihan dan kekurangannya. Kalau sudah tahu karakternya seperti apa maka bisa menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Menentukan pilihan yang sesuai isi kantong,

Harga menjadi point paling sensitif dalam menemukan kamera terbaik sehingga perlu direncanakan dengan matang. Menyiapkan dana secara maksimal penting dilakukan supaya kamera yang memang pas dengan kebutuhan bisa dibawa pulang. Kalaupun kondisi keuangan tidak mendukung maka bisa memilih mengajukan kredit, sehingga bisa meringankan beban finansial. Akan tetapi memilih kamera yang murah asalkan tahu cara penggunaannya maka dijamin akan menghasilkan foto yang kualitasnya setara kamera lebih mahal.

  • Pilih kamera yang sanggup Anda rawat,

Kamera yang sifatnya digital, sebut saja seperti DSLR, ternyata memerlukan perawatan yang lebih rumit dan eksklusif. Tujuannya untuk mempertahankan kualitas dan performa kamera tersebut sehingga setelah dimiliki jangan asal pakai tanpa memperhatikan kebutuhan perawatannya. Kamera DSLR idealnya disimpan memakai dry box yang bisa ditemukan di toko perkakas, supaya awet dan tidak mudah error. Pastikan dalam memilih kamera Anda paham betul perawatannya seperti apa kemudian memilih yang memang paling mudah untuk dirawat.

  • Baiknya tidak tertipu ukuran megapixel,

Bagi pembeli kamera yang minim pengalaman umumnya menentukan standar kualitas bidikan berdasarkan angka yang menunjukan megapixel lensa suatu kamera. Tentu pemahaman ini tidak sepenuhnya benar sebab kualitas foto yang dihasilkan justru dipengaruhi oleh seberapa tinggi sensor pada lensa kamera tersebut. Pastikan kamera yang dipilih tidak hanya punya megapixel yang tinggi namun sensornya pun terbilang tinggi untuk hasil yang lebih memuaskan. Memahami point ini tentu mempermudah untuk mendapatkan kamera terbaik supaya kegiatan fotografi lebih menyenangkan.