Category Archives: Photography

5 Tips Fotografi Bagi Anda yang Masih Pemula

5 Tips Fotografi Bagi Anda yang Masih Pemula

Fotografi adalah salah satu kegiatan atau hobi yang menyenangkan, dan Anda hanya perlu mengandalkan kamera dan juga skill memotret yang baik. Diperlukan konsep yang menarik dan unik, jika ingin menghasilkan jepretan yang luar biasa dan sesuai keinginan. Berikut beberapa tips fotografi untuk Anda para pemula yang menyukai hobi ini, antara lain:

5 Tips Fotografi Bagi Anda yang Masih Pemula

1. Mengambil Gambar Secara Dekat

Robert Capa yang merupakan seorang fotografer terkenal pernah berkata “Jika foto anda tidak cukup baik, berarti anda tidak cukup dekat saat membidiknya”. Hal ini merupakan tips fotografi dimana menunjukkan bahwa sebuah tampilan foto tidak akan cukup baik jika tidak diambil dalam jarak dekat. Sebisa mungkin, ambillah gambar yang bagus dalam jumlah banyak, jangan sampai hanya membuang ruang penyimpanan kamera Anda saja. Semakin dekat Anda dengan subyek, maka akan semakin jelas ekspresi wajah dari subyek Anda tersebut.

  1. Latihan Memotret Setiap Hari

Tips fotografi bagi para pemula selanjutnya adalah dengan banyak berlatih. Memotretlah sebanyak yang Anda bisa, dengan cara ini Anda akan terbiasa dan secara tidak langsung mengasah kemampuan Anda. Selain menambah daftar galeri kamera Anda, berlatih dengan cara ini juga dapat mengumpulkan momen-momen yang menarik dan bisa membuat Anda termotivasi untuk berlatih lebih giat. Tidak perlu khawatir dengan hasil potret Anda. Cobalah dengan berbagai keahlian yang Anda miliki, lama kelamaan hasil foto Anda akan terlihat semakin luar biasa.

  1. Belilah Buku-buku Tentang Fotografi

Tak hanya mengandalkan kamera saja, Anda juga perlu memiliki ilmu dan wawasan serta keahlian mengenai fotografi. Ada banyak hasil jepretan yang luar biasa dengan hanya memotret melalui kamera ponsel. Anda juga perlu mempelajari buku-buku fotografi yang bermanfaat. Dengan melihat hasil karya para fotografer handal dalam buku-buku tersebut, tak hanya memotivasi Anda untuk mengikuti jejak mereka, melainkan juga mampu memberi ide untuk Anda agar menghasilkan jepretan yang lebih baik dari sebelumnya.

  1. Jangan Terlalu Banyak Menghabiskan Waktu dalam Proses Edit

Tips fotografi untuk para pemula selanjutnya adalah untuk mengatur kamera terlebih dahulu di awal kegiatan memotret, sehingga Anda tidak perlu membuang waktu untuk proses editing lagi. Anda bisa menggunakan efek super-seni foto jika ingin memiliki hasil foto dengan editan yang baik. Jika waktu untuk mengedit foto Anda saja lebih lama dari proses pemotretan, lebih baik Anda memotret ulang dibandingkan menghabiskan waktu hanya untuk proses edit. Oleh sebab itu, tips yang satu ini perlu untuk Anda perhatikan.

  1. Bereksperimen dengan Pengaturan Kamera Anda

Tips fotografi berikutnya yaitu hasil pemotretan gambar atau bidikan Anda mungkin lebih fleksibel dan terlihat natural dari yang Anda ketahui. Penting untuk Anda mempelajari dan membaca mengenai arti dari simbol-simbol kecil di kamera. Ketika Anda sedang memahaminya, cobalah untuk bereksperimen menggunakan berbagai pengaturan yang ada di kamera Anda.

 

Cara-cara Mendapatkan Skill Fotografi dengan Cepat

Cara-cara Mendapatkan Skill Fotografi dengan Cepat

Keahlian potret memotret kini seakan-akan dimiliki oleh siapa saja. Semakin banyak ajang sosial media yang bisa digunakan untuk memamerkan hasil jepretan kamera maka semakin banyak orang yang secara instan memiliki kemampuan memotret untuk ditampilkan. Namun tentu saja hasil jepretan kamera tersebut akan berbeda antara jepretan hasil iseng atau suka-suka, hobi hingga mereka para profesional yang benar-benar memiliki keahlian untuk menghasilkan foto baik melalui pendidikan ataupun pengalaman. Skill fotografi yang dimiliki seseorang sendiri akan sangat mempengaruhi hasil foto yang diambil meski didukung dengan kamera canggih ataupun kurang canggih.

Cara-cara Mendapatkan Skill Fotografi dengan Cepat
Cara-cara Mendapatkan Skill Fotografi dengan Cepat

Kini semakin banyak orang yang memiliki hobi dalam dunia fotografi. Dalam hobi ini, diperlukan kemampuan khusus untuk menciptakan berbagai jenis foto yang memiliki nilai seni. Meski didukung dengan penggunaan kamera yang mahal dan canggih, namun jika usernya tak memiliki bakat serta kemampuan yang dibutuhkan untuk menentukan angle, trik pencahayaan dan sebagainya, maka foto yang dihasilkanpun tetap akan kurang maksimal. Bagi Anda para ada baiknya memperdalam pengalaman fotografi jika ingin menambah kemampuan mengambil gambar agar semakin baik lagi. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan dalam menggali potensi dan kemampuan diri untuk menghasilkan foto-foto terbaik.

  • Mempelajari tehnik pencahayaan.

Cahaya merupakan unsur yang sangat menentukan dalam dunia fotografi. Menguasai tehnik pencahayaan bisa dikatakan Anda telah memiliki sebagian besar skill fotografi yang dibutuhkan untuk membuat foto menjadi lebih baik. Cara untuk mempelajarinya adalah dengan bereksperimen sendiri maupun melihat fotografer handal dalam mengatur lightning ketika memotret indoor maupun outdoor. Selain itu pelajari juga alat-alat yang diperlukan untuk mengatur pencahayaan jika Anda lebih menyukai pemotretan dalam ruangan.

  • Angle.

Pemilihan angle juga sangat mempengaruhi hasil foto yang diambil. Jangan ragu untuk mengambil banyak foto dari berbagai angle sehingga Anda bisa mendapatkan satu yang terbaik. Cara mendapatkan skill ini adalah melakukan observasi terutama jika yang dipotret adalah alam terbuka.

  • Menantang diri sendiri.

Jika seseorang cukup puas dengan apa yang telah dihasilkan maka ilmu yang dimiliki tak akan berkembang lebih baik lagi. Tantang diri Anda untuk mendapatkan materi foto beserta hasil yang lebih baik lagi dari foto lama sehingga Anda sendiri akan menemukan berbagai skill yang mungkin tak dimiliki orang lain.

Cara-cara untuk belajar tehnik fotografi di atas, bisa Anda lakukan sendiri, dengan kawan, guru ataupun melalui pendidikan formal. Terus mengasah skill fotografi yang telah dimiliki dan selalu ingin memperbaikinya menjadi kunci seseorang bisa menghasilkan karya-karya yang unik dan memiliki nilai seni tinggi. sebagai bahan belajar, gunakan objek biasa yang ditemukan sehari-hari baik indoor maupun outdoor dan buatlah menjadi foto yang paling menarik dari waktu ke waktu.

Inilah 7 Tips yang Dapat Meningkatkan Skill Fotografi Anda dengan Cepat

Inilah 7 Tips yang Dapat Meningkatkan Skill Fotografi Anda dengan Cepat

Memiliki hobi fotografi memang menyenangkan. Namun, untuk menjadi fotografer tak semudah yang terlihat. Seorang Fotografer harus mampu menyulap objek yang pada kenyataannya kurang menarik, menjadi gambar yang mengagumkan. Tentu dibutuhkan skill fotografi yang mumpuni agar tercipta hasil yang memuaskan seperti itu. Oleh karenanya, berikut disajikan tips bagaimana meningkatkan kemampuan fotografi Anda dengan cepat.

Inilah 7 Tips yang Dapat Meningkatkan Skill Fotografi Anda dengan Cepat

Niat dan Tekat Berkembang

Niat dan tekat sangat diperlukan saat Anda menargetkan sesuatu agar terus berkembang lebih baik lagi. Begitupun dalam mempelajari dunia fotografi. Pusatkan niat dan tekat pada tujuan utama belajar yakni untuk menjadi fotografer yang profesional.

Percaya Diri

Meskipun terkadang hasil yang telah kita pelajari belum sebagus fotografer profesional, tetaplah Percaya diri bahwa skill fotografi Anda kedepannya akan lebih baik. Perlu diketahui bahwa seorang fotografer profesional pun masih terus belajar mengasah kemampuannya. Jadi, hilangkan rasa minder dan tetap semangat belajar.

Tekun

Tidak ada hal yang mudah diperoleh semudah membalikkan telapak tangan. Bila Anda tekun menjalani apa yang telah dimulai maka akan semakin dekat dengan tujuan yang diinginkan. Terlebih belajar fotografi membutuhkan waktu dan ketelatenan yang konsisten.

Terus Praktek dan Evaluasi

Jangan mudah menyerah walaupun hasil yang Anda peroleh belum sesuai dengan harapan. Teruslah belajar, jika perlu perbanyak jam terbang. Jangan lupa untuk menyempatkan waktu mengavaluasi hasil yang telah di peroleh. Hal tersebut bisa dilakukan dengan membuat list kekurangan serta kelebihan gambar yang dihasilkan kemudian dipraktekkan pada kesempatan memotret berikutnya.

Baca Juga : Masih Kurang dalam Hal Skill Fotografi? Tingkatkan Secara Cepat dengan Menggunakan Cara Ini!

Bergabung dalam Forum Fotografer

Biasanya, dalam melakukan sesuatu akan lebih semangat dan antusias jika dilakukan bersama-sama. Daripada belajar sendiri, akan lebih baik jika Anda bisa meningkatkan kualitas dan skill fotografi dengan bergabung dalam forum-forum fotografi. Karena, dalam forum tersebut Anda dapat berbagai pengalaman dan pengetahuan dengan anggota lain.

Sharing dengan Master

Jangan ragu untuk sharing dengan fotografer yang memang sudah profesional. Anda juga bisa meminta pendapat dan masukan mereka tentang gambar yang telah dihasilkan. Agar lebih mudah, carilah teman atau partner dengan kemampuan yang lebih baik dari pada Anda.

Jangan Mudah Puas

Jangan merasa hebat jika telah memiliki kemampuan yang lebih baik. Banyak orang yang kemampuannya justru stagnan karena mudah puas dengan apa yang telah dicapai. Pupuk rasa ingin tahu akan hal baru dan rendah diri bahwa ilmu yang Anda miliki belum seberapa atau masih banyak yang dapat dipelajari diluar sana. Teruslah merasa kurang ilmu Anda dapat memposisikan diri secara bijak dan mau terus belajar lebih giat lagi.

Jika Anda telah memutuskan untuk menggeluti dunia fotografi, pastikan untuk mempraktikkan tips-tips diatas.

Masih Kurang dalam Hal Skill Fotografi? Tingkatkan Secara Cepat dengan Menggunakan Cara Ini!

Masih Kurang dalam Hal Skill Fotografi? Tingkatkan Secara Cepat dengan Menggunakan Cara Ini!

Masing-masing orang memang memiliki hobi atau kesukaan yang berbeda, namun belakangan ini ada salah satu jenis hobi yang mulai ramai diminati oleh anak muda Indonesia, hobi tersebut adalah fotografi. Baik mengabadikan suatu pemandangan yang menakjubkan atau pun mengabadikan momen bersama seseorang, pastinya hal tersebut belakangan ini memang lebih diminati kembali oleh mereka yang rata-rata adalah anak remaja dan dewasa muda. Hal ini dikarenakan munculnya berbagai jenis media sosial yang dapat digunakan untuk membagikan foto mereka ketika sedang berpergian atau pun foto-foto pemandangan yang indah untuk dilihat oleh teman-temannya. Selain itu, hal ini juga digunakan sebagai trend kekinian, dimana akun media sosial Anda dipenuhi dengan foto-foto yang penuh estetik. Namun, jika Anda memotret dengan menggunakan kamera, maka Anda perlu dibekali dengan skill fotografi agar hasil foto semakin baik dan memberikan kesan estetika yang lebih enak untuk dipandang. Untuk menaikkannya secara cepat, Anda bisa menerapkan cara ini:

Masih Kurang dalam Hal Skill Fotografi? Tingkatkan Secara Cepat dengan Menggunakan Cara Ini!

  • Terus Belajar

Tidak ada sesuatu yang bisa kita kuasai jika belum memahami dan juga mempelajarinya secara mendalam. Sama halnya dengan dunia fotografi, Anda bisa belajar mengenai ilmu fotografi terlebih dahulu. Memang tidak akan langsung bisa karena meski terlihat simple, namun sebenarnya cukup rumit. Teruslah pelajari dan juga memahami segala ilmu dan juga seni yang dimiliki oleh hobi yang satu ini untuk bisa menekuninya dan mendapatkan hasil jepretan yang begitu berkualitas.

  • Praktek dan Evaluasi

Jika Anda ingin menjadi seorang fotografer yang memiliki skill fotografi yang begitu apik, maka Anda harus terus melakukan praktek meski pun hasilnya masih belum dapat memuaskan Anda. Teruslah perbanyak pengalaman Anda untuk mengambil foto serta selalu lakukan evaluasi pada setiap jepretan yang diambil. Dengan ini, pastinya skill Anda pun akan terus meningkat serta dapat menampilkan foto yang begitu cocok dan sesuai dengan selera Anda.

  • Ahlinya

Jika Anda mengalami kesulitan untuk mempelajarinya sendiri, maka lebih baik Anda meminta bantuan dari para ahli untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan tersebut. Mungkin jika disekitar Anda tidak ada yang memiliki jam terbang yang lebih tinggi, maka Anda bisa ikut dalam suatu perkumpulan pecinta fotografi dan saling bertukar pengalaman, tips, kiat-kiat meningkatkan kemampuan, dan lain sebagainya. Selain berguna, Anda juga dapat memperluas pertemanan dan jaringan Anda.

  • Jangan Merasa Puas

Sering kali yang membuat skill fotografi seseorang terhambat adalah karena mereka selalu mudah merasa puas ketika sudah mengambil foto meski pun hasil yang dikeluarkan tidak berkualitas. Pastikan untuk selalu mencari hasil foto yang paling terbaik, dan jangan mudah puas akan apa yang telah Anda capai. Miliki tujuan untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik dan memperkaya kemampuan Anda dalam dunia fotografi tersebut.

Kamera Murah 1 Jutaan Ini Bisa Anda Gunakan Ketika Liburan Mendatang

Kamera Murah 1 Jutaan Ini Bisa Anda Gunakan Ketika Liburan Mendatang

Musim liburan memang sebentar lagi akan datang, pastinya setiap masyarakat Indonesia sudah merencanakan liburan yang akan dihabiskan dengan keluarga, teman, kekasih, dan juga orang-orang terdekat mereka. Ketika berlibur, tentunya Anda tidak boleh sampai kelupaan untuk mengabadikan momen-momen berharga tersebut. Sekarang ini memang sudah tercipta berbagai jenis ponsel pintar yang dibekali dengan fitur kamera yang sangat berkualitas, namun pasti hasilnya tidak akan bisa sama seperti ketika Anda menggunakan kamera sungguhan. Tidak perlu yang mahal, beberapa kamera murah pun bisa Anda gunakan untuk mengabadikan momen tersebut dan hasilnya pun pasti berkualitas. Memang beberapa kamera dengan harga yang terjangkau memiliki ukuran yang relatif kecil dan bisa Anda masukkan ke dalam saku Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis kamera yang memiliki harga 1 jutaan yang bisa Anda beli dengan mudah:

Kamera Murah 1 Jutaan Ini Bisa Anda Gunakan Ketika Liburan Mendatang 

  • Canon IXUS 135

Jenis kamera pertama yang memiliki harga terjangkau namun berkualitas adalah kamera keluaran Canon ini. Memiliki kelebihan dapat disambungkan dengan berbagai jenis perangkat, misalnya ponsel pintar, komputer, dan lain sebagainya membuat pengiriman foto semakin mudah. Dilengkapi juga dengan fitur Eco Mode yang dapat membuat baterai kamera menjadi lebih hemat. Jenis kamera yang satu ini dibanderol dengan harga 1.2 juta rupiah untuk satu unitnya. 

  • Sony Cybershot DSC W810

Kamera murah yang satu ini memiliki kelebihan untuk mengambil gambar dari berbagai macam mode, misalnya Party Mode, Beauty Effects, dan lain sebagainya. Selain itu, kamera ini juga dapat Anda gunakan untuk mengambil foto dengan perbesaran gambar hingga 6 kali lipat, namun hasilnya masih tetap berkualitas, yakni full HD. Kebanyakan dari foto yang diambil dengan kamera ini biasanya memiliki hasil final yang terlihat lebih cerah sedikit. Kamera bisa Anda bawa pulang jika membayar 1.1 juta rupiah untuk satu unitnya. 

  • Nikon Coolpix S33

Jenis kamera yang satu ini juga dikategorikan dalam jenis kamera yang memiliki harga terjangkau, yakni 1.3 juta saja. Jenis ini memiliki ketahanan fisik yang sangat baik, yakni tahan banting dan juga mampu bertahan di tempat yang memiliki suhu -10 derajat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya di dalam air hingga kedalaman 10 meter meski masih membutuhkan casing anti air khusus untuk kamera jenis ini. 

  • Olympus Stylus VG-180

Jenis kamera murah terakhir yang juga memiliki harga di bawah 1 juta ini juga sangat banyak digunakan di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kamera ini memiliki berbagai jenis efek foto, yakni seperti miniature, pop art, Turnpic yang bisa Anda gunakan untuk menangkap objek yang sangat dekat dan juga dapat digunakan untuk memotret pemandangan dengan cara dan efek yang begitu unik. 

Beberapa Kelebihan Monopod Kamera yang Harus Anda Ketahui  

Beberapa Kelebihan Monopod Kamera yang Harus Anda Ketahui  

Bagi Anda yang senang melakukan perjalanan wisata dengan tidak lupa melakukan hobi fotografi, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya monopod kamera. Monopod sendiri sangat berguna mengambil gambar atau video tanpa harus meminta bantuan orang lain untuk prosesnya. Monopod hampir menyerupai tripod. Perbedaannya tripod memiliki tiga kaki yang berfungsi untuk menopang kamera, sedangkan pada monopod hanya memiliki satu kaki untuk berpijak. Monopod biasanya sering digunakan untuk kegiatan memotret pertandingan sepak bola atau memotret burung.

 Beberapa Kelebihan Monopod Kamera yang Harus Anda Ketahui  

Meskipun memiliki fungsi yang sama dengan tripod, yaitu membantu mempermudah pengambilan objek gambar tanpa harus meminta bantuan orang lain, namun monopod memiliki kelebihan tersendiri. Jika Anda mencari alat yang membantu menstabilkan kamera dari guncangan atau memotret di dalam ruangan dengan kondisi yang minim cahaya, maka monopod menjadi pilihan yang tepat. Monopod sendiri memiliki beberapa kelebihan yang sangat tepat digunakan untuk membantu kegiatan fotografi. Berikut ini beberapa diantaranya:

Lebih ringan dan ringkas.

Monopod memiliki bentuk yang ringkas, bisa dilipat bahkan dimasukkan ke dalam tas kamera. Selain itu lebih ringan dibandingkan dengan tripod yang beratnya bisa 3x lipat dibandingkan dengan monopod.

Cepat dirakit.

Untuk menggunakan monopod kamera pun cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya tinggal mengulurkan monopod kemudian memasang kamera dan memposisikannya ke tanah sebelum digunakan. Berbeda dengan tripod yang cara memasangnya harus merentangkan terlebih dahulu ketiga kakinya satu persatu. Jika permukaan tanah atau pijakannya tidak rata akan membuat tripod tidak seimbang.

Lebih lincah.

Monopod sangat tepat digunakan pada kondisi dan situasi yang mana membutuhkan kestabilan dan kelincahan untuk bergerak. Karena lebih ringan dan ringkas untuk dibawa kemana-mana, monopod menjadi salah satu alat fotografi favorit, terutama untuk mengambil gambar pertandingan olahraga.

Baca Juga : Jangan Salah Memilih Monopod Kamera

Harga yang relatif lebih murah.

Monopod juga terbilang lebih terjangkau untuk didapatkan. Anda bisa memiliki alat fotografi ini untuk yang berkualitas tinggi dan mampu menahan beban seberat 10 kg hanya pada kisaran harga 500 ribu rupiah saja.

Perspektif lebih keren.

Jika Anda memiliki lensa wide ataupun fish eye bisa memasangkannya ke monopod. Lakukan penyetingan set memotret dengan timer. Angkat monopod Anda pada posisi yang tinggi. Cara ini akan memungkinkan Anda bisa memotret dalam perspektif yang tinggi dan berbeda.

 

Monopod kamera memang merupakan alat fotografi yang berguna untuk mempermudah pengambilan objek gambar. Namun yang perlu diingat saat membeli alat fotografi yang satu ini, pastikan bahwa monopod mampu menahan beban kamera Anda. Meskipun banyak monopod yang sudah mampu menahan beban kamera DSLR, namun tidak semua yang dijual di pasaran mampu untuk melakukan hal yang sama. Untuk itu Anda perlu memperhatikan dengan seksama spesifikasi pada masing-masing monopod yang dijual di pasaran.

 

 

Memiliki Kamera CCTV di Rumah, Pastikan untuk Merawatnya Agar Tahan Lama

Memiliki Kamera CCTV di Rumah, Pastikan untuk Merawatnya Agar Tahan Lama  

Saat ini keamanan di Indonesia memang tidaklah terlalu baik seperti beberapa negara luar. Sekarang ini, meski sudah dijaga dengan baik, pasti masih bisa terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya seperti terjadi kecurian atau pun perampokan di rumah atau toko sekarang ini masih menjadi kejahatan yang paling sering terjadi di Indonesia. Untuk itu, tidak heran jika sekarang ini beberapa rumah besar yang ada di perkotaan seperti Jakarta mulai memperketat keamanan tempat tinggal mereka dengan menggunakan kamera CCTV yang berfungsi untuk memantau keadaan sekitar kediaman Anda, dan meski ada hal tak baik terjadi pun masih dapat terlacak. Oleh karena itu, akan sangat penting jika kamera ini selalu menyala dan tidak pernah rusak. Maka, Anda pun harus merawatnya dengan baik dan juga benar, yakni:

 

Menjaga Kebersihan

Jika Anda sangat jarang membersihkan suatu alat elektronik, sudah dapat dipastikan bahwa alat tersebut akan mudah rusak. Lebih baik jika Anda ingin kamera pemantau tersebut tahan lama, maka Anda harus membersihkannya beberapa waktu sekali secara rutin. Dengan ini, pastinya kamera tersebut akan jauh lebih awet dan bisa Anda gunakan untuk waktu yang cukup lama. Selain itu, pastinya hal ini akan meminimalisir kerusakan juga yang terjadi pada alat elektronik yang satu ini.

 Memiliki Kamera CCTV di Rumah, Pastikan untuk Merawatnya Agar Tahan Lama

Pengaturan Rekaman

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan pengaturan mode yang digunakan oleh kamera CCTV untuk merekam. Hal ini harus Anda atur beberapa waktu sekali untuk menjaga agar kualitas gambar yang direkam atau dihasilkan kamera tersebut masih berkualitas dan dapat Anda gunakan dengan baik. Jika gambar kurang bagus, pastinya ketika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi maka Anda pun akan mengalami kesulitan dalam beberapa hal. Lebih baik melakukannya secara berkala.

 

Perhatikan Komponennya

Hal selanjutnya yang juga sangat berpengaruh untuk kelangsungan dari kamera pemantau tersebut adalah dengan mengecek semua komponen yang ada pada kamera tersebut. Perhatikan juga kabel dan juga koneksinya, jangan sampai hal tersebut membuat rekaman CCTV menjadi tidak jelas. Hal ini juga dapat meminimalisir adanya kerusakan yang terjadi pada alat elektronik yang satu ini. Anda pun alhasil tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak untuk servis atau membeli yang baru lagi.

 

Backup Rekaman

Jika Anda sudah melakukan beberapa hal di atas, untuk membuat Anda tidak merasa menyesal mau pun kesal ketika kamera CCTV Anda rusak, maka lebih baik untuk selalu membuat backup atau salinan dari setiap rekaman dari kamera tersebut. Untuk tidak memenuhi memorinya, lebih baik Anda memilah jenis video yang penting saja dan menghapus beberapa yang menurut Anda tidak begitu penting untuk disimpan. Namun jangan percayakan hal ini pada orang lain, cukup Anda saja.

 

Masih Pemula? Ini Dia Teknik Photography yang Paling Cocok Anda Pelajari!  

Masih Pemula? Ini Dia Teknik Photography yang Paling Cocok Anda Pelajari!  

Bukan suatu hal aneh lagi zaman sekarang jika Anda melihat anak muda mau pun orang dewasa selalu menggunakan ponselnya untuk mengambil foto atau pun swafoto bersama teman atau orang terdekatnya ketika sedang berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan lain sebagainya. Kecintaan masyarakat Indonesia saat ini begitu nyata dan banyak juga yang menekuninya agar bisa menghasilkan foto yang berkualitas dan juga memiliki estetikanya tersendiri. Jika sudah menekuninya, biasanya mereka akan membeli kamera dan menerapkan beberapa teknik photography dasar yang tentunya akan membuat mereka berhasil untuk menangkap gambar dengan kualitas dan segi yang lebih baik. Ada begitu banyak teknik yang bisa Anda pelajari agar hal tersebut dapat terwujud. Berikut inilah beberapa teknik yang paling cocok untuk Anda terapkan sebagai pemula:

 Masih Pemula? Ini Dia Teknik Photography yang Paling Cocok Anda Pelajari!  

High Speed

Teknik pertama yang bisa Anda coba dan pelajari adalah teknik High Speed. Seperti namanya, teknik ini menggunakan unsur kecepatan, dimana Anda masih bisa menangkap foto berkualitas ketika objeknya bergerak dengan sangat cepat. Biasanya, teknik ini bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar tetesan air yang memantul, cairan yang terbang, kaca yang pecah, dan lain sebagainya. Anda pun memerlukan bantuan suara pelatuk dari kamera agar ketika suara tersebut datang, Anda menjadi sigap dan langsung menjepretnya.

 

Tilt Shift

Teknik photography yang terbilang mudah selanjutnya dan sangat cocok untuk digeluti oleh para pemula adalah Tilt Shift. Namun untuk melakukannya, Anda pun diharuskan memiliki kamera berukuran sedang dan lensa khusus. Teknik ini merupakan pergerakan dan juga rotasi lensa pada gambar yang dimana akan mempertajam gambar serta memberikan juga sentuhan blur yang sangat halus. Teknik ini biasanya digunakan untuk memotret seseorang dengan latar belakang yang blur agar terfokus pada objek saja.

 

Motion Blur

Teknik yang satu ini ternyata juga menggunakan kecepatan sebagai unsur utamanya, mirip seperti High Speed namun teknik ini dinilai jauh lebih mudah untuk diterapkan oleh pemula. Untuk menciptakannya, Anda bisa menggunakan kamera biasa dengan bantuan slow shutter speed. Selain itu, agar hasilnya terlihat lebih maksimal dan juga lebih memuaskan Anda, akan lebih baik untuk menggunakan aplikasi edit foto seperti photoshop untuk menghasilkan pergerakan atau motion yang lebih terlihat halus.

 

Smoke Art

Sekarang ini, tidak jarang masyarakat Indonesia yang mengambil foto asap. Teknik photography yang satu ini sangat tepat untuk mengabadikan setiap lekukan-lekukan asap yang ada. Untuk membuatnya berhasil, Anda pun dapat menggunakan dupa yang dikenal lebih fleksibel, tahan lama, dan juga harganya lebih murah. Untuk membuatnya terlihat lebih estetik dan enak untuk dipandang, Anda bisa mengeditnya dengan aplikasi edit foto, misalnya dengan memberikan warna-warna yang bervariasi sehingga lebih menarik.

 

Berbagai Tehnik Fotografi untuk Mengambil Gambar Landscape

Berbagai Tehnik Fotografi untuk Mengambil Gambar Landscape

Memiliki sebuah kamera dslr yang berharga mahal sangat disayangkan jika Anda hanya menyimpannya di rumah saja. Mengeksplorasi berbagai lokasi baik yang sudah ramai dijadikan lokasi fotografi maupun yang masih belum banyak dikenal orang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan untuk menjajal kemampuan fotografi Anda. Salah satu tehnik fotografi yang menantang adalah pemotretan landscape atau alam dan lingkungan. Untuk tema yang satu ini Anda diharapkan bisa lebih menjelajah ataupun memperhatikan lingkungan sekitar dengan lebih jeli untuk mendapatkan lokasi dan objek pemotretan yang menarik untuk di ekspos.

 Berbagai Tehnik Fotografi untuk Mengambil Gambar Landscape

Dalam tehnik pemotretan landscape, ada berbagai tantangan yang umumnya dihadapi oleh para amatir atau pemula yaitu pada point pencahayaan. Landscape dilakukan di luar ruangan baik di pagi, siang, sore maupun malam hari. Cahaya matahari bisa menjadi teman pendukung ataupun sedikit masalah yang bisa menjadikan suatu objek over exposed. Namun hal inilah yang justru menjadikan tehnik pemotretan landscape menjadi salah satu tantangan bagi mereka yang ingin mengembangkan kemampuan fotografi.

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk memotret di luar ruangan pada tehnik landscape, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk lebih siap dalam menghasilkan foto yang memiliki nilai seni dan berkualitas:

  • Pilih objek dan lokasi yang menarik.

Objek atau lokasi pemotretan tak harus tempat-tempat yang populer, Anda bahkan bisa mengambil gambar sebuah tangga putar namun dari sisi tepat untuk menampilkan sisinya yang menarik.

  • Lakukan survey.

Survey disini adalah survey pencahayaan, waktu, dan kondisi sekitar lokasi pemotretan. Misalnya jika Anda datang dipagi hari, suasana di sekeliling akan berbeda dengan ketika datang siang ataupun malam. Dari survey tersebut Anda bisa memilih waktu yang paling tepat untuk melakukan pemotretan yang sebenarnya. Survey merupakan tips tehnik fotografi landscape yang sangat penting untuk dilakukan.

Baca Juga:Tips untuk Memotret Landscape Fotografi dengan Subjek Pemandangan Alam yang Indah

  • Pahami kamera dan lensa yang dimiliki.

Memahami kamera dan lensa sama halnya dengan memahami senjata yang akan digunakan. Dengan memahami sifat kamera dan lensa, Anda akan bisa menghemat waktu penyetingan sehingga tak melewatkan berbagai moment menarik yang ada di sekitar Anda.

  • Jangan ragu untuk bereksplorasi.

Lakukan eksplorasi jika memang perlu. Hilangkan objek yang mengganggu pemotretan, tunggu hingga mendapatkan cahaya atau suasana yang nyaman untuk menghasilkan foto yang diinginkan atau berpindah lokasi angel untuk mengambil gambar.

Tehnik fotografi untuk memotret landscape di atas akan membantu Anda dalam mendapatkan gambar yang maksimal. Jangan terpengaruh pada stigma bahwa kualitas gambar yang paling baik hanya bisa dihasilkan oleh kamera yang paling mahal, namun juga diperlukan kreatifitas, keberanian, perpaduan komposisi hingga berbagai aspek lainnya untuk saling mendukung proses yang diperlukan. Tingkatkan terus kemampuan fotografi Anda dengan mencoba berbagai lokasi dan objek sehingga mendapatkan berbagai pengalaman.

Perbedaan Mendasar Antara 3 Varian Gopro Hero 3

Perbedaan Mendasar Antara 3 Varian Gopro Hero 3

Kamera action sudah menjadi gadget yang populer saat ini setara dengan kamera digital seperti dslr. Meski sama-sama kamera namun kamera action memiliki spesifikasi tujuan penggunaan yang berbeda dibandingkan kamera digital lainnya. Action kamera lebih ditujukan untuk merekam video kegiatan yang ingin diabadikan namun sulit ketika harus menggunakan kamera handy cam biasa. Action kamera didesain lebih kecil namun berkemampuan rekam gambar yang sangat maksimal. Merk pertama dan paling populer untuk action camera adalah Gopro, dengan salah satu serinya Gopro Hero 3.

 Perbedaan Mendasar Antara 3 Varian Gopro Hero 3

Hero 3 merupakan seri action camera yang populer dengan 3 varian warna. Dari ketiga varian tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda meski dengan nama seri yang sama. Bagi Anda yang ingin memiliki action camera dengan kualitas prima, memilih salah satu dari ketiga varian ini merupakan pilihan yang tepat. Berikut ini adalah masing-masing varian beserta spesifikasi dari Hero 3:

  • Hero 3 Black edition.

Merupakan edisi yang paling lengkap dari seri Hero 3 dengan wifi remote untuk mengambil gambar saat merekam video. Resolusi kamera hingga 12 mp dengan kecepatan pengambilan gambar 12 fps. Resolusi video yang dihasilkan hingga 4k (3840 x 2160 px). Dijual dengan harga yang paling mahal diantara ketiganya yaitu sekitar Rp. 5 jutaan.

  • Gopro Hero 3 Silver edition.

Memiliki resolusi kamera yaitu 10 mp, kamera ini juga bisa merekam gambar dengan kualitas video 1080 px. Kecepatan perekaman gambar hingga 10 fps. Harga silver edition saat ini sekitar Rp. 3 jutaan.

  • Hero 3 white edition.

Merupakan varian yang paling terjangkau dari ketiga seri Hero 3. Dijual dengan harga Rp. 2 jutaan Anda sudah memiliki kamera beresolusi 5 mp untuk mengambil gambar dan video dengan kecepatan 3 fps.

Baca Juga:Mengenal Kamera GoPro Hero 3 dari Kelebihan dan juga Kekurangannya

Meski memiliki spesifikasi yang sangat berbeda diantara ketiganya namun berbagai varian Hero 3 juga memiliki kualitas yang sama untuk masalah chasing dan penggunaan lensa wide. Kamera action ini tidak seperti kamera digital atau kamera saku yang memiliki LCD di bagian belakang untuk melihat hasil jepretan atau video. Memiliki slot penyimpanan micro sd untuk menyimpan semua hasil rekaman untuk bisa dibagikan melalui wifi atau jaringan komputer.

Tunggu apalagi, Anda bisa memilih varian mana dari Gopro Hero 3 untuk dijadikan action kamera andalan guna merekam berbagai aktifitas menarik yang Anda lakukan. Aksesoris Gopro juga sudah bisa Anda temukan dengan mudah seperti untuk holder helm, sepeda hingga tripod dan batre cadangan. Belilah kamera Gopro di toko kamera langganan atau toko kamera terpercaya untuk mendapatkan kamera Gopro asli yang masih bergaransi resmi untuk mendapatkan keawetan khas Gopro pada gadget Anda.