Category Archives: Kamera

Hal-hal yang Perlu diketahui Tentang Memori Kamera

Memory card merupakan salah satu komponen penting dalam dunia fotografi, yang terkadang keberadaannya tidak begitu dianggap oleh para pembidik gambar. Tanpa adanya memory card, maka seorang fotografer tidak akan dapat menyimpan hasil bidikan gambar mereka secara optimal. Bagi Anda yang baru saja memasuki dunia hobi fotografi, ada baiknya terlebih dahulu Anda mengenal memori kamera, agar nantinya Anda dapat menggunakan dan mengerti fungsi dari jenis-jenis memori tersebut, sehingga Anda mampu menghasilkan penyimpanan gambar yang optimal.

Secara umum memori yang biasa digunakan dalam dunia fotografi, terbagi atas dua macam, yaitu memori secure digital atau yang biasa disebut dengan SD Card dan memori compact flash card atau yang biasa disebut dengan CF Card. Memori CF Card, merupakan memori lebih dulu diluncurkan sebelum munculnya SD card, namun untuk saat ini memori CF sendiri sudah jarang kita temukan digunakan secara umum oleh para penghobi fotografi. Memori jenis CF card ini, kini hanya dapat kita temukan pada jenis-jenis kamera high end tertentu saja.

Sedangkan untuk memori kamera jenis SD Card, saat ini merupakan memori yang lebih banyak digunakan oleh para pengguna kamera digital, karena memang mampu menghasilkan penyimpanan gambar dalam kapasitas dan kualitas yang lebih. Berikut ini jenis SD card yang dapat Anda gunakan dalam pengoperasian kamera digital, yang antara lain adalah:

  • SD card standar, yang merupakan SD card yang memiliki kapasitas memori penyimpanan maksimal sebesar 2 GB, jenis memori standar inipun kini sulit untuk kita dapatkan dipasaran umum, karena banyak kalangan yang sudah berpindah pada jenis penyimpanan dengan kapasitas yang lebih besar.
  • SDHC card, memori ini merupakan memori yang memiliki kapasitas penyimpanan mencapai 32 GB dengan disertai teknologi high interface 10, memori inilah yang saat ini banyak digunakan dalam versi kamera digital terbaru.
  • SDXC card, yang merupakan memori penyimpanan untuk jenis kamera digital yang mempunyai kapasitas penyimpanan mencapai 2 TB. Jenis memori ini hanya baru dapat digunakan untuk kamera digital tertentu yang telah mensupport jenis memori tersebut.

Secara umum para penghobi fotografi, pastinya akan memilih dan membeli memori berdasarkan kecepatan kerja dari memori tersebut. Hal tersebut terkait dengan kecepatan transfer data yang tinggi pada sebuah memori, akan memiliki pengaruh pada shoot atau mode perekaman dan pengambilan gambar yang dilakukan dengan kamera digital yang membesut memori tersebut. Semakin tinggi kecepatan memori maka, akan semakin cepat penyimpanan yang dapat dilakukan.

Kecepatan transfer data pada memori kamera biasanya akan dilakukan secara real time atau bersamaan dengan pengambilan dan perekaman gambar. Oleh karena itu sudah selayaknya bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, Anda juga harus memperhatikan jenis memori yang akan Anda aplikasikan pada kamera digital Anda, selain kecepatan, ketepatan dan kesesuaian jenis memori dengan kamera juga perlu Anda perhatikan. Jangan lupa untuk membeli adaptor SD card jika pembelian SD card Anda belum menyertakannya. Adaptor ini digunakan untuk menghubungkan SD card dengan kamera atau laptop apabila belum compatible dengan dimensi SD card. Masukkan SD card ke dalam adaptor sebelum dipasangkan pada kamera dan laptop Anda. Kemudian untuk mengambil SD card tersebut, sebelumnya Anda harus memutuskan hubungan melalui komputer agar pelepasan data menjadi lebih aman dan data yang tersimpan atau telah tertransfer tidak hilang.

 

Mengenal Lebih dalam Kamera Manual dan Konvensional

Sebelum kita memasuki jaman digital seperti saat ini, dahulu dalam mengambil atau mengabadikan sebuah gambar digunakan sebuah kamera analog yang difungsikan secara manual. Untuk dapat merekam atau menyimpan gambar hasil cepretan, kamera manual ini menggunakan suatu sistem penyimpanan yang diwujudkan dalam bentuk negative film atau yang biasa disebut dengan negative seluloid. Oleh karena itulah, banyak masyarakat umum yang menyebutkan kamera ini dengan kamera film.

Dalam sistem kerjanya sendiri film seluloid yang terdapat pada kamera ini terdiri dari beberapa bagian atau elemen penting, sehingga dapat dipergunakan untuk menangkap gambar dari hasil cepretan kamera dan meneruskannya kembali dalam bentuk negative, yang kemudian akan dicetak dalam bentuk foto setelah melalui proses pencucian film. Gambar yang dihasilkan oleh negative seluloid, biasanya akan dicetak menjadi sebuah foto nyata dengan menggunakan media khusus, yaitu kertas foto.

Berikut ini beberapa jenis kamera manual, yang banyak digunakan oleh beberapa kalangan di Indonesia, sebagai alat untuk pengambilan dan pengabadian gambar ataupun moment berharga yang mereka miliki, yang antara lain adalah:

Baca Juga: Kamera Mirrorless yang Bisa Menjadi Pilihan

  • Kamera pocket, kamera ini juga sering disebut oleh orang sebagai kamera saku, karena memiliki bentuk yang kecil dan mampu ditempatkan pada saku para penggunanya. Kamera ini memiliki sistem kerja point and shot atau menekan tombol kamera ketika lensa sudah mengarah pada objek yang dibidik.
  • Kamera TLR atau yang biasa disebut dengan kamera lensa kembar. Kamera ini memiliki 2 bidang lensa, dimana salah satu lensa berfungsi sebagai pengambil gambar, sedangkan lensa lainnya berfungsi sebagai viewfinder atau lensa pengamatan.
  • Folding kamera atau kamera lipat, kamera ini memiliki bagian lensa yang dapat dilipat ke bagian dalam kamera, sehingga mampu memberikan tampilan yang praktis pada kamera tersebut.
  • SLR atau yang biasa disebut dengan single lens reflex atau kamera berlensa tunggal, kamera ini banyak digunakan oleh para pembidik gambar profesional, karena dapat digunakan dengan kecepatan shutter dan fokus yang dapat diatur secara manual sesuai dengan insting dari para pembidik gambar.

Beberapa dari kamera yang bekerja secara manual diatas, memang sudah sangat jarang dijual secara umum dipasaran. Namun bagi para penggemar seni fotografi, kamera ini masih dengan senang mereka gunakan, karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh kamera digital. Selain itu hasil bidikan gambar yang natural dan terkesan tidak dibuat-buat pun menjadi alasan bagi pembidik gambar untuk menggunakan kamera ini.

Untuk dapat memperoleh berbagai jenis kamera manual, yang dapat Anda lakukan adalah berburu pada toko-toko khusus yang memang menyediakan penjualan berbagai kamera konvensional. Meskipun toko ini akan sulit dan jarang kita temukan, namun apabila kita mau menggali lebih dalam dan membuka sistem komunikasi dengan sesama penggemar fotografi, maka toko akan mudah untuk kita temukan.

 

Aplikasi Kamera Manual Android yang Paling Baik

Di jaman yang telah masuk pada era digital sekarang ini memang begitu banyak usaha untuk menjadi lebih baik. hal ini tidak dapat dipungkiri atau dihilangkan karena sudah menjadi dampak di kalangan modern, seperti perangkat teknologi digital. Ada begitu banyak pembaruan yang dilakukan untuk tercapainya sebuah kemajuan. Contohnya saja seperti smartphone. sekarang, kita begitu mudah menemukan smartphone yang mengusung spesifikasi begitu bagus, bahkan dapat dikatakan sudah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Termasuk dari sisi aplikasinya, ada begitu banyak aplikasi kamera manual untuk android yang dapat digunakan.

Pertama, Aplikasi Camera FV-5. Aplikasi Camera FV-5 adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan jepretan yang sempurna. Aplikasi Camera FV-5 dapat mengatur manual kamera smartphone. pada tampilan user facenya, Aplikasi Camera FV-5 begitu simple dan begitu banyak menu untuk pengaturan secara manual, Ana dapat bereksperimen dengan pengaturan yang sebaik mungkin sebelum menangkap obyek yang ada. Anda dapat mengatur aplikasi kamera Aplikasi Camera FV-5 ini seperti kamera DSLR, dimana Anda dapat mengatur fokus, ISO, exposure, speed dan yang lainnya. hasil yang Anda peroleh nantinya adalah RAW fotografi.

Kedua, aplikasi kamera manualAplikasi Manual Camera ini dikembangkan Geeky Devs Studio. Manual Camera tidak berbeda jauh dengan aplikasi yang pertama, cocok untuk Anda gunakan di smartphone dengan OS Lollipop. Jika ingin menggunakan Manual Camera, Anda tidak akan lama belajar memfoto menggunakannya. Manual Camera mempunyai fitur yang begitu lengkap, fitur utama yang dimiliki oleh Manual Camera ini ialah focus distance serta menghasilkan foto dengan kualitas RAW, ada juga timer.

Baca Juga: Ketahui Kelebihan yang Dimiliki Oleh Kamera Manual

Ketiga, Aplikasi A Better Camera. Aplikasi A Better Camera dikembangkan oleh Almalence serta mendapatkan tanggapan yang begitu positif dari para pengguna. Rating dari Aplikasi A Better Camera juga sangat bagus. Aplikasi A Better Camera terdapat berbagai macam fitur yang bisa kita gunakan contohnya pengambilan sudut lebih dari 360 derajat saat mengambil gambar dengan kualitas 100 MP. Anda juga bisa menikmati beberapa fitur lain seperti manual control focus, white balance dan masih banyak lagi. untuk mendapatkan Aplikasi A Better Camera, Anda harus membayar sebesar Rp 13 ribuan.

Terakhir, Open Camera. Jika Anda ingin mendapatkan aplikasi kamera manual dengan gratis, Open Camera merupakan pilihan yang dapat Anda ambil. Dengan menggunakan Open Camera, Anda dapat menghasilkan gambar RAW. Namun jangan salah, meskipun Open Camera bisa diperoleh dengan cara gratis, Ana tidak boleh menyepelekan fitur yang berada di dalamnya, Open Camera memiliki fitur yang sangat unggul, selain itu ukuran dari Open Camera juga tidak besar hanya berukuran 1 MB saja. Jadi, segera download aplikasi Open Camera ini.

 

Tips Memilih Kamera Analog Idaman yang Tepat untuk Anda

Di zaman yang serba modern ini, sudah menjadi biasa jika setiap orang selalu menuntut segala sesuatu yang praktis dan mudah. Hal ini pun terbukti dengan munculnya kamera digital sebagai pembaharuan dari kamera model sebelumnya yaitu kamera analog. Kamera digital memang lebih simpel dalam penggunaan, praktis dan memudahkan, bahkan untuk para pemula. Berbeda dengan kamera manual yang lebih ribet dan kurang praktis karena masih memakai film di dalamnya.

 

Masih banyak sekali perdebatan di forum internet terkait pemilihan kamera yang tepat. Meski begitu, perdebatan seperti ini sebetulnya tidak diperlukan karena kedua kamera ini berbeda. Untuk pemilihannya sendiri, maka bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda saja, bukan harus diperdebatkan. Untuk yang lebih memihak kepada kamera manual sendiri memiliki berbagai macam alasan seperti kamera ini lebih artistik, ingin belajar fotografi dan masih banyak lagi.

 

Jika Anda memang ingin memilih kamera analog, maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

 

  • Pertama, Anda harus memperhatikan dari segi ketersediaan baterainya, apakah baterai tersebut masih diproduksi dan banyak tersedia di pasaran atau tidak, terutama pada kamera jenis analog yang full manual. Hal ini lantaran baterai sangat penting untuk kamera.
  • Selanjutnya adalah terkait ketersediaan lensa yang ada di pasaran. Tak hanya kamera digital saja yang membutuhkan lensa, karena kamera manual juga membutuhkannya. Bagi yang memilih kamera jenis fixed lens, maka tenang karena jenis lensanya tidak perlu diganti. Namun bagi yang memilih jenis SLR, maka harus waspada akan hal ini.
  • Selanjutnya adalah dari segi ukuran filmnya. Pastikan untuk mengetahui ukuran film dari kamera yang akan Anda pilih, apakah 35 mm, 120 mm atau jenis medium format. Hal ini diperlukan sehingga Anda bisa memilih jenis film yang pas nantinya sebelum mengoperasikan kamera.

 

Setelah Anda sudah mengetahui kamera seperti apa yang ingin dibeli, selanjutnya lakukan tes pada kamera tersebut yaitu dengan cara:

 

  • Shutter speed – coba tes shutter speed tersebut, apakah tombolnya pas dan langsung menjepret atau tidak dan lainnya.
  • Diafragma lensa – dari segi bukaan ini juga perlu dicek dan pastikan agar kamera yang dipilih lancar ketika bukaan sehingga lebih mudah dalam menjepret gambarnya.
  • Shutter blades – selanjutnya tes juga bagian shutter blades dan hindari kamera dengan shutter blades yang sudah berlubang karena film di dalamnya bisa dengan mudah terbakar.
  • Light sealing – periksa juga semua bagian tepi pintu yang memungkinkan cahaya untuk masuk ke dalam. Cek kembali apakah karet dari seal tersebut dalam kondisi baik atau tidak.

 

Itulah beberapa tips dalam memilih kamera analog idaman Anda. Pastikan untuk membeli hanya di toko yang terpercaya sehingga mendapat kualitas kamera yang terbaik.

Ini Dia Beberapa Mirrorless Kamera Terbaik di Pasaran

Kamera kini seolah sudah menjadi bagian hidup yang tidak dapat dipisahkan lagi. Hal ini lantaran munculnya ponsel berkamera dan juga sosial media sehingga banyak sekali orang yang ingin membagikan momen indahnya di sosial media miliknya. Meskipun kamera yang ada di ponsel memiliki kualitas yang semakin baik, namun masih banyak juga yang lebih memilih untuk menggunakan kamera. Saat ini mirrorless kamera sedang sangat populer di pasaran dan bahkan sudah mulai bersaing dengan kepopuleran kamera DSLR.

Peluang di pasaran yang begitu besar akan permintaan kamera yang semakin banyak menjadikan produsen pun lebih giat lagi membuat produk yang bisa menarik perhatian pasaran. Mirrorless kamera ini didesain apik untuk penggemar fotografi yang butuh kamera dengan desain lebih ringan namun tetap berkualitas yang baik serta mampu memberikan hasil jernih dan juga detail. Banyak yang tertarik untuk menjadikan kamera ini sebagai kamera utama dalam keseharian, namun banyak juga yang menjadikannya second body.

Berikut ini beberapa rekomendasi kamera mirrorless terbaik di pasaran saat ini, antara lain:

  • Sony A6000

kamera Sony ini memiliki ukuran sensor APSC dengan resolusi 24 MP sehingga sangat layak untuk dipilih. Keunggulan yang dimilikinya adalah dimana memiliki sistem autofocus yang cepat di kelasnya. Selain itu terdapat sistem burst hingga sampai 11 foto per detik sehingga kamera ini sangat handal. Kualitas gambarnya sampai ISO6400 juga membuatnya sangat baik. Harga kamera ini adalah di kisaran 6,5 jutaan.

Baca Juga: Kenali Rekomendasi Setting untuk Mirrorless Kamera Baru

  • Panasonic Lumix GX85

Jika Anda sedang mencari kamera yang mampu memotret dan merekam video hingga 4K, maka Anda bisa menjadikan Panasonic Lumia GX85 ini sebagai pilihan. Fitur yang bisa memanjakan penggunanya adalah dengan adanya layar LCD sentuh sehingga titik fokus pun bisa dipilih dengan mudah seperti menggunakan ponsel. Resolusi kameranya masih kalah dengan kamera Sony sebelumnya yaitu hanya 16 MP, namun tetap mampu menghasilkan foto tajam dan detil. Harga kamera ini adalah di kisaran 9 jutaan.

  • Sony A6300

Selanjutnya ada kamera dari Sony yang memiliki video 4K dengan stabilizer dan 5 sensor sumbu. Kemampuannya dalam memotret hingga 11 frame per detiknya membuat kamera ini sangat layak untuk dipilih. Ketika pertama peluncuran, kamera ini disebut-sebut merupakan kamera yang memiliki sistem autofocus yang tercepat di dunia. Harga kamera ini ada di kisaran 13 jutaan karena memiliki berbagai kelebihan dan spesifikasi mumpuni.

Itulah beberapa rekomendasi mirrorless kamera yang layak dijadikan pertimbangan karena kualitasnya yang sangat baik. Anda bisa menjadikan kamera mirrorless ini sebagai kamera utama dan andalan dalam berbagai momen yang ingin diabadikan.

 

 

 

Jenis Kamera Digital yang Harus Diketahui dan Perbedaannya

Untuk mengabadikan sebuah momen tertentu ada kamera yang bisa digunakan untuk mengambil gambar dan potret momen tersebut. Apabila telah menggunakan kamera, maka bisa menjadi kenangan ketika membuka potret yang dihasilkan sehingga momen tersebut walau telah lewat tetapi kenangannya masih tersimpan dengan baik. Salah satu kamera yang bisa digunakan adalah jenis kamera digital. Dimana untuk jenis kamera ini mempunyai banyak kelebihan dari hasilnya yang mudah dicetak dan juga hasilnya bisa dilihat langsung dari LCD yang ada di bagian kameranya. Hasilnya juga bisa dipindahkan dengan mudah menggunakan kabel data di laptop atau tempat penyimpanan lainnya. Untuk jenis digital kamera tersebut dibedakan sebagai berikut:

  • Kamera DSRL

Merupakan kamera pertama dalam kategori kamera jenis digital ini. Jenis ini merupakan kamera yang sering digunakan oleh para fotografer profesional. Karena mempunyai hasil gambar yang paling bagus dan juga harga yang paling mahal. Kamera DSRL ini mempunyai bentuk yang lebih besar daripada jenis lainnya dimana mempunyai banyak aksesoris yang bisa dipilih seperti tripod, tas kamera, baterai, charger, tempat penyimpanan data, filter kamera, dan juga lensa kamera. Harga dari jenis kamera DSRL ini sendiri berkisar antara 5 jutaan rupiah. Semakin berkembangnya teknologi jenis kamera DSRL ini sendiri mulai tergeser dengan digital kamera lainnya yaitu kamera mirrorless yang mempunyai bentuk dan desain yang lebih simpel dan harga yang lebih murah tetapi dengan hasil yang sama seperti kamera DSRL.

  • Kamera aksi

Adalah jenis kamera digital kedua yang merupakan kamera dengan bentuk yang kecil. Kamera ini cocok untuk kamera aksi petualangan baik di alam laut, hutan, maupun pegunungan. Untuk harganya sendiri berkisar antara 500 ribu hingga 5 jutaan rupiah tergantung dari merek dan fitur yang ditawarkannya. Jenis ini sangat cocok karena dapat tahan air dan juga tahan goncangan karena memang diproduksi untuk kegiatan diluar lapangan.

  • Kamera pocket

Adalah jenis digital kamera yang terakhir yang bisa dipilih dengan bentuk yang simpel dan juga desain yang simple. Kamera ini mempunyai harga yang terjangkau yaitu berkisar antara 800 ribuan hingga 1 jutaan keatas. Jenis ini sendiri bisa menghasilkan gambar yang bagus dan cocok untuk liburan di ruangan tetapi tidak secanggih kamera DSLR dan fitur sebanyak kamera aksi.

Tiga pilihan diatas adalah kamera digital yang bisa dipilih menurut kebutuhan penggunanya nanti. Seperti untuk liburan akan sangat cocok menggunakan kamera aksi, sedangkan dua jenis lainnya bisa digunakan untuk merekam gambar biasa. Sedangkan kebutuhan lainnya juga bisa disesuaikan dengan harga kamera tersebut karena ada yang murah seperti kamera pocket tetapi ada juga yang berharga mahal seperti kamera DSLR yang memang jenis kamera untuk profesional.

 

Kenali Rekomendasi Setting untuk Mirrorless Kamera Baru

Memiliki mirrorless kamera yang baru tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Anda, apalagi bagi Anda yang sudah susah payah menabung demi bisa memiliki kamera ini. Namun kegembiraan tersebut akan begitu saja sirna ketika Anda melihat banyaknya tombol serta roda kontrol yang ada pada kamera tersebut untuk pemakaiannya. Kebahagiaan memiliki kamera tersebut ternyata tak berselang lama jika memang Anda merupakan pemula sehingga patut untuk mengetahui lebih dalam terkait apa saja yang ada di dalam kamera baru milik Anda.

Daripada terus bingung, maka ada baiknya mengikuti beberapa rekomendasi setting untuk mirrorless kamera yang baru Anda miliki berikut ini:

  • Kartu memori

Setelah membuka kemasan dari kamera tersebut, Anda bisa langsung memasukkan kartu memori ke kamera tersebut. Format dari kartu memori sehingga bisa bekerja dengan manajemen file yang ditentukan sehingga bisa berjalan secara beriringan. Anda bisa masuk ke menu utama lalu cari perintah format

  • Menentukan ukuran dan kualitas gambar

Karena kamera yang Anda miliki saat ini cukup canggih, maka ada baiknya untuk memanfaatkan secara maksimal sehingga bisa menghasilkan foto yang berkualitas baik. Anda bisa memakai format JPEG berkualitas tertinggi dengan ukuran Large. Namun apabila tertarik menggunakan format Raw, maka Anda bisa menyimpan informasi lebih banyak lagi, namun pastikan agar komputer atau laptop yang Anda pakai juga memiliki spesifikasi untuk membaca file RAW dan mengkonversinya.

Baca Juga: Mirrorless Kamera Terbaik

  • ISO

Pengaturan ISO pada kamera ini nantinya akan menentukan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan oleh kamera dalam memproduksi gambar. ISO yang tinggi misalnya 6400 bisa berguna ketika Anda memotret di tempat yang memiliki cahaya minim. Sementara untuk ISO rendah sekitar 100 sampai 200 maka bisa menghasilkan foto tanpa bintik dan jernih namun beresiko blur ketika di dalam ruangan. Direkomendasikan untuk penggunaan awal, maka bisa memilih Auto.

  • White balance

Selanjutnya adalah pengaturan untuk white balance dimana akan mempengaruhi pada tingkat akurasi foto nantinya. Jika Anda menggunakan white balance tidak tepat, maka akan beresiko pada warna kulit atau warna baju yang tampak tidak tepat juga dan aneh. Namun kamera ini telah cukup canggih dalam pengaturannya sehingga Anda bisa memilih Auto sehingga tidak meleset.

  • Fokus

Lensa pada kamera secara umum bisa dipakai dalam pencarian fokus secara otomatis dalam menu autofocus di kamera atau bisa juga dengan memutar di bagian fokus cincin lensanya. Untuk tahap awal, maka bisa memanfaatkan sistem autofokus kamera dengan single AF.

Itulah beberapa pengaturan yang bisa Anda manfaatkan untuk mirrorless kamera baru yang Anda miliki sehingga mampu menghasilkan foto yang lebih maksimal. selamat mencoba.

 

Ketahui Kelebihan yang Dimiliki Oleh Kamera Manual

Kamera manual atau biasa disebut dengan kamera analog memang kini sudah tergusur dengan kamera teknologi baru seperti kamera mirrorless atau DSLR. Banyak sekali yang menganggap jika kamera analog merupakan kamera yang tidak praktis serta butuh banyak biaya dalam perawatannya. Kamera analog sendiri merupakan kamera yang teknik pengambilan gambarnya masih memakai film seluloid yang memiliki 3 elemen yaitu elemen kimia, elemen optik dan elemen mekanik.

Meski memang pada penggunaan kamera analog penggunanya akan lebih repot dalam proses pencetakan fotonya karena harus mengolah film dari hasil foto menjadi cetakan. Hal ini berbeda dengan menggunakan kamera digital karena bisa langsung dilihat hasilnya. Meski memang merepotkan, namun ketahui beberapa kelebihan dari kamera manual berikut ini:

  • Resolusi besar

Salah satu kelebihan dari kamera analog adalah dari segi resolusi yang mencolok. Pada kamera digital, Anda akan dibatasi dengan besaran dari resolusi foto yang ada sehingga apabila foto dicetak lebih dari pixel resolusi, maka foto akan pecah. Hal ini sangat berbeda dengan kamera analog yang dapat mencetak foto sampai ukuran besar seperti ukuran dinding rumah.

  • Tidak harus memakai baterai

Kendala ketika memotret yang paling kerap ditemui adalah ketika baterai yang Anda gunakan habis. Hal ini tentu tidak akan menjadi masalah jika Anda memakai kamera analog karena baterai yang ada di kamera analog hanya dipakai ketika menjalankan exposure dan light meter sehingga akan sangat awet.

Baca Juga: Kamera Mirrorless yang Bisa Menjadi Pilihan

  • Komponen kamera tahan banting

Berbeda halnya dengan kamera digital yang memiliki komponen elektronik yang lebih sensitif sehingga tak heran jika banyak sekali kasus kamera digital akan rusak hanya lantaran terkena air atau terjatuh. Namun kamera analog lebih kuat dan tahan banting sehingga akan tahan lama serta selalu awet dipakai.

  • Tidak ada noise di foto

Noise kerap didefinisikan menjadi pixel yang tidak pada tempatnya sehingga dalam fotografi noise kerap menjadi pengganggu kebersihan gambarnya. Namun perlu diketahui jika noise tidak ada di dalam kamera analog karena tidak adanya sistem pixel di kamera ini.

  • Warna vivid

Kelebihan selanjutnya adalah pada warna yang dihasilkan oleh kamera ini dimana menghasilkan warna lebih vivid. Vivid merupakan istilah yang kerap diartikan sebagai warna cerah dan mencolok sehingga sangat eye catching. Hal ini lantaran film di dalam kamera analog ini mampu menangkap sinar dari obyek secara apa adanya.

Itulah beberapa kelebihan dari kamera manual. Meski memang dapat diakui jika kamera ini agak ribet dalam pemakaiannya, namun sepadan dengan kualitas yang dimilikinya. Tidak ada salahnya untuk melestarikan kamera ini karena kamera ini juga merupakan awal dari kamera digital saat ini.

 

Cermati 3 Cara Aman Memakai Action Kamera Berikut Ini Agar Tahan Lama!

Kini semakin banyak orang memanfaatkan action kamera untuk membantu mengabadikan moment penting dari berbagai sudut atau angle. Bagi siapa saja yang aktif berselancar di dunia maya dan kebetulan aktif update di akun media sosial tentu menjadikan kamera satu ini sebagai kebutuhan wajib. Awalnya kamera aksi digunakan untuk mengambil foto ataupun video ketika melakukan kegiatan olahraga yang memacu adrenalin. Seiring berjalannya waktu kamera satu ini rupanya juga dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang dianggap lebih cocok diabadikan bersama kamera satu ini.

Merekam ataupun mengambil foto dengan kamera aksi memungkinkan untuk mengambil dari sudut tidak terduga, sehingga hasilnya lebih bernyawa. Kualitasnya pun lebih baik dibanding memotret atau merekam memakai kamera handphone, tidak heran penggemarnya terus bertambah. Usahakan tepat dalam memakai kamera aksi ini agar tidak mudah rusak sebab banyak orang yang memilikinya dalam waktu terbatas. Kesalahan dalam penggunaan dan tidak paham karakter kamera aksi yang dimiliki membuatnya mudah rusak bahkan hancur karena jatuh dan sebab lainnya.

Cermat Saat Memakai Kamera Aksi

Intip beberapa kiat berikut supaya pemakaian action kamera benar-benar aman dan membuatnya tahan lama:

  • Berikan pelindung khusus kamera aksi,

Penggunaan kamera aksi kini semakin tidak mengenal batas setelah banyak aksesoris diluncurkan di pasaran. Ada baiknya menambahkan beberapa aksesoris wajib terutama yang punya fungsi memberi proteksi. Misalnya casing khusus kamera aksi atau tas yang nantinya meningkatkan keamanan penggunaan kamera satu ini. Perlindungan secara maksimal memungkinkan kamera aksi lebih awet sehingga baiknya dicoba sebelum menyesal karena kamera keburu rusak parah.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Kamera Go Pro

  • Pastikan spesifikasi kamera sesuai kondisi tempat kegiatan,

Kamera aksi hadir dalam berbagai merek dan masing-masing punya fitur serta spesifikasi yang berbeda-beda sama seperti gadget maupun produk elektronik. Melihat pengguna kamera aksi merekam aksinya berenang di dalam laut lalu akan tertarik untuk ikut mencobanya. Namun sebelum mencoba aksi serupa pastikan dulu kamera Anda memang mendukung merekam di dasar laut. Periksa kembali informasi produk di buku petunjuk sehingga menghindari kerusakan total karena tidak tahu bahwa kameranya kurang cocok diajak berendam.

  • Memastikan sudah dipasang dengan benar sebelum beraksi,

Beberapa pengguna kamera aksi mengaku telah ceroboh dalam memasang kamera ini di suatu titik sehingga mudah jatuh saat beraksi. Misalnya memasang kamera di kemudi sepeda dan tanpa dipastikan sudah terpasang benar atau belum malah sudah beraksi. Resikonya kamera aksi terjatuh dan hancur lantaran tidak terpasang kuat di kemudi tadi. Menghindari tragedi serupa usahakan untuk memasang kamera dengan benar dan cek dulu sebelum menjalankan aksi. Memang sedikit membutuhkan waktu namun lebih menjamin keamanan dan keutuhan action kamera kesayangan.

4 Kiat Efektif Menentukan Harga Kamera yang Ideal

Berbincang mengenai harga kamera tentu setiap orang memiliki pilihan harga tersendiri, dan tentunya berkaitan dengan kebutuhan maupun budget. Beberapa fotografer kerap merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa memiliki kamera terbaik dengan fitur canggih dan lengkap. Sebab sebagai senjata dalam menciptakan potret bermutu tentunya butuh kamera yang benar-benar bisa diandalkan. Bagus saja tidak cukup, sebab perlu kamera yang juga punya fitur sesuai dengan kebutuhan untuk menghasilkan bidikan yang memang memiliki sentuhan nyawa di dalamnya.

Kiat Cermat Menemukan Harga Tepat

Kamera kini hadir dalam berbagai merek dan juga tipe, dan beberapa merek dikenal menawarkan harga yang sangat tinggi. Supaya tidak salah langkah dan asal memilih kamera maka dalam memilih harga perlu mencermati beberapa hal berikut:

  • Kenali ulasan dari merek dan tipe suatu kamera,

Menentukan merek dan tipe kamera baiknya tidak dengan asal tunjuk Anda wajib membaca ulasan produk tersebut. Lalu membandingkan produk dengan fitur dan harga sejenis dengan maksud memperoleh pilihan yang layak. Ketika suatu produk memperoleh ulasan positif maka bisa dipastikan produk tersebut memang bisa diandalkan, memilih berdasarkan pendapat pengguna lain memberi jaminan lebih.

  • Aksesoris bawaan yang didapatkan,

Beberapa merek dan tipe kamera oleh produsennya sudah dilengkapi dengan beberapa aksesoris yang tentunya punya fungsi penting. Pertimbangkan menentukan harga kamera dengan melirik aksesoris bawaan yang dihadirkan, sebab bisa menjadi solusi berhemat. Perhitungkan jika membeli aksesoris tersebut secara terpisah dan cari tahu berapa nilai penghematan biaya yang berhasil dilakukan. Menentukan harga yang tepat perlu melirik aksesoris bawaanya supaya perhitungan yang sudah dilakukan tidak meleset.

  • Fitur yang tersemat di dalamnya,

Setiap kamera tentu akan dilengkapi dengan beberapa fitur dan semakin kesini jenis fitur yang ada semakin bertambah banyak. Beberapa bahkan terbilang canggih yang mampu memudahkan siapa saja belajar fotografi dalam waktu singkat. Sebab berbekal suatu fitur fotografi maka hasil bidikan akan lebih maksimal dan bisa jadi seperti hasil fotografer yang sudah kaya pengalaman. Maka lirik fitur apa saja yang tersedia di kamera tersebut untuk menimbang apakah harga yang dimiliki memang sesuai, sehingga resiko salah dalam memilih benar-benar bisa dijauhi.

  • Sesuai dengan anggaran yang disiapkan,

Sebelum memasuki toko penjual kamera sudah tentu Anda menyiapkan anggaran sebelumnya, kecuali jika niat awalnya sekedar bertanya harga. Memasuki toko penjual kamera baiknya selalu menjadikan anggaran yang dikumpulkan sebagai standar. Supaya terhindar salah pilih harga lebih mahal pertimbangkan langsung bertanya kamera yang bisa dibeli dengan budget sekian. Dijamin Anda memperoleh referensi yang tepat, dan bisa mendapatkan harga kamera yang memang tidak mempersulit kondisi keuangan. Anda pun bisa bernafas lega sembari menikmati hobi fotografi secara maksimal.