Category Archives: Aksesoris Kamera

Keuntungan Membidik Gambar dengan Menggunakan Monopod Kamera

Monopod adalah alat bantu atau penyangga yang biasa digunakan oleh seorang pembidik gambar, ketika hendak mengambil angle gambar yang memang memerlukan ketajaman gambar tertentu ataupun pencahayaan yang lebih. Dengan menggunakan monopod kamera, seorang pembidik gambar, dapat menghasilkan gambar bidikan yang lebih tajam, dengan pencahayaan yang lebih terang. Monopod ini merupakan tiang penyangga berkaki satu, yang tidak hanya dapat digunakan untuk mengambil dan membidik gambar, namun juga dapat digunakan untuk membantu perekaman gambar, sehingga hasil rekaman mampu memiliki kualitas yang stabil dan tinggi.

Alat penyangga ini, secara garis besar memiliki fungsi yang hampir sama dengan sebuah tongsis atau tongkat penyangga smartphone lainnya. Yang membedakan antara monopod dengan tongsis adalah media atau alat pengambilan gambar atau kamera yang ditempatkan pada penyangga tersebut. Pada umumnya monopod, lebih banyak digunakan oleh mereka yang menggunakan kamera jenis digital DSLR ataupun kamera lainnya.

Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh monopod kamera, jika digunakan sebagai penyangga kamera pada saat pembidikan sebuah gambar, yang antara lain adalah:

Baca Juga: Tips Membeli Monopod Kamera yang Bisa Anda Terapkan

  • Dapat dipergunakan untuk membantu mengambil gambar dalam pencahayaan yang lebih jelas.
  • Memiliki timbangan yang ringan sehingga tidak menambah beban pada pengguna kamera, jika menggunakan penyangga berkaki satu ini.
  • Dapat digunakan untuk pengambilan gambar selfie, karena mampu mendukung berbagai angle dalam pengambilan gambar.
  • Jika dipadukan dengan chestpod, maka monopod dapat berfungsi sebagai penyangga kamera, yang dapat diletakkan pada dada pembidik gambar, sehingga mampu menghasilkan bidikan gambar yang lebih tajam.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh monopod adalah terletak pada kepala monopod, dimana kepala ini dapat diganti dengan berbagai model yang banyak beredar dipasaran, sesuai dengan bentuk kamera yang Anda gunakan. Bahkan untuk seri terbaru dari monopod sendiri, kini telah dibesut dalam model yang mendukung penempatan kamera mini atau kamera smartphone dari para penggunanya. Fungsi dari monopod yang dapat digunakan sesuai dengan situasi keberadaan para penggunanya inilah, yang kemudian menjadikan alat bantu pengambilan gambar ini makin banyak digemari oleh para penghobi fotografi.

Untuk mendapatkan hasil bidikan dan rekaman gambar dengan kualitas yang tinggi, Anda dapat memilih monopod kamera yang sesuai dengan bentuk kamera yang Anda miliki. Pastikan bahwa monopod yang Anda beli memiliki kualitas bahan pembuatan yang bagus, sehingga mampu bertahan lama serta dapat digunakan secara optimal. Perawatan dan penyimpanan monopod dengan tepat juga perlu Anda perhatikan, agar nantinya monopod tidak menjadi berkarat dan rusak secara sia-sia. Berhati-hatilah dalam memasang dan melepas kamera pada kepala monopod, karena bagian ini merupakan bagian yang paling rawan terjadi kerusakan. Oleh karena itulah gunakan teknik yang benar dalam memasang dan melepas kamera pada kepala monopod.

 

Tips Membeli Monopod Kamera yang Bisa Anda Terapkan

Monopod atau yang dikenal dengan unipod merupakan tiang yang digunakan sebagai penyangga kamera, teropong dan yang lainnya. monopod ini berguna untuk menstabilkan kamera dari adanya guncangan. Bila Anda merupakan seorang pemula, Anda bisa memilih monopod yang dibuat dari alumunium. Monopod kamera ini mempunyai harga yang lebih murah. selain itu untuk fotografer yang telah profesional bisa memilih yang dibuat dari serat karbon. Monopod yang mempergunakan serat karbon biasanya lebih tahan lama serta mudah dibawa kemana saja.

Selain itu, monopod yang dibuat dari serat karbon, bisa bekerja dengan optimal walaupun sedang dalam cuaca yang dingin. Sudah pasti kelebihan tersebut dibarengi dengan harga yang lebih mahal. Jika Anda ingin mendapatkan monopod yang awet namun memiliki harga yang lebih murah, Anda bisa membeli monopod yang dibuat dari serat basalt. Apabila Anda merupakan pengguna kamera DSLR, Anda bisa memilih monopod yang mempunyai kemampuan menahan berat DSLR, bukan monopod yang hanya dapat menahan beban kamera kecil.

Ada beberapa kelebihan monopod kamera yang harus Anda ketahui, antara lain

  1. Monopod jauh lebih ringkas dan ringan. Dengan ringannya bobot monopod ini, untuk membawanya Anda tidak perlu repot karena bisa dimasukkan dalam ransel,
  2. Cepat dirakit. Dengan menggunakan monopod, Anda hanya perlu memanjangkan tongkat dari monopod ini serta menyesuaikannya dengan tinggi yang bisa membuat Anda nyaman untuk mengambil gambar. Pasang kamera serta posisikan monopod di tanah,
  3. Lebih lincah. Monopod memang bisa memberikan kita kestabilan, namun tidak akan membatasi gerak Anda. Anda tetap akan bisa bergerak dengan bebas untuk membidik objek yang ingin Anda ambil. Seringnya monopod digunakan oleh fotografer olahraga,
  4. Monopod merupakan sahabat lensa. Jika Anda sering bekerja dengan menggunakan lensa tele, pasti Anda akan merasa berat bila harus menopang kamera tersebut dengan mempergunakan monopod, beban menjadi semakin ringan.

Saat akan memilih monopod, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, seperti:

  • Ketinggian maksimum. Bila Anda memiliki postur tubuh yang tinggi, lebih baik Anda memeriksa dengan baik tinggi monopod yang akan Anda pilih agar semakin mempermudah Anda saat menggunakannya,
  • Sediakan budget lebih. Kita tidak akan pernah tahu seperti apa monopod yang akan kita temui di toko, sehingga usahakan sudah menyediakan budget lebih untuk membelinya.

Jangan lupa, ketahui muatan maksimum yang dapat diterima oleh monopod kameraJangan sampai Anda membeli monopod dengan beban yang ringan, padahal Anda sering menggunakan kamera dengan memberikan beban yang berat. Memang, monopod bisa menjadi alat yang tangguh seperti yang lain, namun jika tidak berhati-hati, memilih monopod yang keliru malah menyebabkan masalah nantinya. Jadi, usahakan mempertimbangkan hal-hal tersebut sebelum membeli monopod.

 

Monopod Kamera, Pentingkah Dimiliki?

Dunia fotografi memang selalu menarik untuk dikulik dan terus dikulik. Hal ini lantaran banyak sekali obyek foto yang terlihat biasa di mata orang biasa, namun bisa menjadi gambar yang begitu artistik ketika dilihat oleh mata seorang fotografer yang jitu. Selain itu teknologi pada kamera juga semakin berkembang sehingga berbagai spesifikasi serta fitur yang mendukung dalam proses pengambilan gambar pun kini semakin maju dan memberikan kualitas yang begitu mumpuni. Bahkan aksesoris berupa monopod kamera pun juga bisa membantu untuk menjadikan foto lebih terlihat baik.

Perlu diketahui jika monopod dan tripod merupakan dua benda yang berbeda. Monopod kamera memiliki satu tangkai dan tripod memiliki tiga tangkai penyangga kamera. Secara umum, fungsi dari monopod ini tetap tidak akan bisa menggantikan tripod, namun jika Anda mencari aksesoris kamera yang bisa membantu dalam menstabilkan kamera saat ada guncangan, membantu pemotretan ketika cahaya remang hingga membantu agar foto lebih tajam, maka jawabannya ada pada monopod ini.

Baca Juga: Kelebihan Monopod Kamera Dan Perbedaannya Dengan Tripod

Berikut ini beberapa kelebihan dari monopod dibanding tripod, yaitu:

  • Monopod lebih ringkas dan juga ringan karena tripod sendiri bisa memiliki bobot hingga 3 kaki lebih berat jika dibanding dengan monopod. Apalagi dalam hal membawa tripod juga lebih ribet dan repot karena bentuknya tetap saja tebal meski sudah terlipat. Sedangkan monopod sangat ringkas karena lebih tipis dan mudah diselipkan di tas Anda.
  • Monopod juga lebih cepat perakitannya yang cukup diulur saja dalam penggunaannya. Pasang kamera dan posisikan pada tanah sebelum dipakai. Berbeda dengan tripod yang harus direntangkan kakinya satu demi satu dan jika permukaan tidak rata, maka menyeimbangkan kaki tripod pun jadi butuh waktu.
  • Jika Anda membutuhkan stabilitas dalam pemotretan, maka Anda bisa menggunakan monopod ini sehingga mendukung Anda tetap lincah dalam bergerak. Karena mudah dan ringan dalam perakitan, tak heran jika banyak fotografer kerap menggunakannya dalam even pemotretan lapangan.
  • Monopod bisa membantu lensa tele karena dapat meringankan beban yang harus ditanggung oleh tangan saat memotret dengan lensa yang berat seperti ini. Dengan adanya monopod, maka bisa membantu dalam memberikan topangan.
  • Harga monopod di pasaran juga cukup terjangkau dibanding harga tripod. Untuk menahan beban sampai 10 kg, Anda bisa memilih monopod hanya dengan harga 500 ribuan saja.
  • Monopod juga bisa sebagai modal untuk memotret dengan perspektif yang berbeda dengan ketinggiannya.

Itulah beberapa keunggulan monopod kamera dibanding tripod. Untuk Anda yang masih pemula, maka bisa juga dengan berlatih memotret dengan monopod. Namun untuk para fotografer yang sudah profesional, memiliki keduanya bisa menjadi modal untuk mendapat jepretan maksimal.

 

Aksesoris Kamera Jenis Tas Bisa Dipilih dengan 4 Tips Berikut Agar Lebih Tepat!

Terdapat beberapa aksesoris kamera yang terbilang wajib untuk dimiliki karena punya fungsi melindungi kamera yang digunakan. Salah satunya adalah tas untuk kamera kesayangan yang membantu melindungi kamera tersebut ketika dibawa bepergian. Selain itu bisa memberikan rasa nyaman untuk membawa kamera beserta perangkat fotografi lainnya. Tentunya tidak mengherankan jika aksesoris satu ini sering dianggap wajib dimiliki oleh fotografer profesional sekalipun. Sebagai aksesoris dengan peran penting tentu perlu memilih dengan teliti supaya memperoleh yang terbaik dan tepat manfaat.

Tips Terbik Memilih Tas Kamera

Ketika memasuki toko penjual aksesoris khusus kamera maka usahakan untuk memilih produk sesuai kebutuhan dan mutunya paling bagus. Khusus untuk tas kamera rupanya mendapatkan pilihan terbaik perlu menyimak serangkaian tips berikut

  • Memilih bahan tas yang bagus,

Tas kamera umumnya terbuat dari bahan kulit ada pula yang terbuat dari bahan sintetis, apapun pilihannya usahakan yang terbaik. Pastikan bahannya melar dan tahan air sehingga bisa lebih awet dan memberi perlindungan maksimal. Perlindungan ini akan lebih terasa jika material tas dibuat beberapa lapis untuk menghindari benturan yang bisa merusak kamera di dalamnya.

  • Baiknya tas dilengkapi dengan jas pelindung,

Membeli tas yang termasuk ke dalam aksesoris kamera yang sifatnya wajib ini usahakan mencari yang sudah dilengkapi sarung atau jas pelindung. Sarung khusus ini dirancang tahan air yang bisa dipasangkan ke tas ketika turun hujan. Sarung seperti ini tentu sangat berguna untuk mencegah masuknya air hujan ke bagian dalam tas. Padahal kamera jenis apapun terbilang cukup rentan dengan air dan bisa mati seketika, maka pilih yang sudah dilengkapi sarung agar terhindar dari kemungkinan satu ini.

  • Ukuran yang baiknya tepat,

Membeli tas kamera usahakan tidak fokus pada kebutuhan saat ini melainkan juga melihat kebutuhan mendatang. Pertimbangkan memilih tas yang ukurannya lebih besar dengan maksud bis dipakai jangka panjang. Sebab tas dengan ukuran besar memiliki kapasitas lebih banyak sehingga semakin bertambah aksesoris yang dibeli. Nantinya bisa dimasukkan ke dalam tas tersebut yang membuat pemakaian kamera beserta aksesorisnya lebih praktis. Pertimbangkan point satu ini supaya tidak perlu membeli tas kamera berkali-kali

  • Kunjungi pengrajin nya langsung,

Tas khusus kamera memang meski berukuran terbatas harganya tidak murah terutama jika dibuat dengan kualitas tinggi. Mengingat tidak semua orang memiliki budget besar maka bisa berhemat dengan mengunjungi pengrajin nya langsung. Umumnya pengrajin kulit kerap menyediakan produk jenis tas kamera ketika membeli langsung ke pengrajin maka harganya akan lebih miring. Soal kualitas Anda bisa memilah produk buatannya yang paling bagus, dan kunjungi lokasi pengrajin terpercaya supaya bisa mendapatkan aksesoris kamera dengan mutu tinggi.

Aksesoris Kamera Tambahan yang Harus Dimiliki Oleh Pecinta Fotografi

Fotografi adalah jenis bidang yang disukai oleh para pecinta pemburu gambar. Alat yang digunakan adalah kamera terutama jenis yang mempunyai resolusi yang bagus. Seperti jenis kamera DSLR atau juga kamera mirrorless. Apabila membeli kamera tersebut ia mempunyai aksesoris bawaan yang ada seperti baterai dan juga lensa. Selain aksesoris tersebut, ada juga aksesoris kamera tambahan yang bisa dibeli atau dimiliki untuk dapat menunjang kerja kamera tersebut. Beberapa aksesoris yang bisa dibeli adalah:

  • Flash eksternal kamera

Salah satu aksesoris yang bisa digunakan untuk kamera yang pertama adalah flash eksternal. Aksesoris ini sangat berguna untuk dapat memberikan pencahayaan saat kamera mengambil gambar terutama ketika mengambil gambar malam hari, di ruangan tertutup, di ruangan yang gelap, dan juga saat pencahayaannya kurang mendukung. Sehingga bisa menggunakan flash kamera yang bisa dibeli dengan mudah di berbagai tempat aksesoris. Untuk harga dari flash kamera ini sendiri beragam yaitu mulai 600 ribu hingga 2 jutaan rupiah tergantung dari merek yang dipilih. Aksesoris tambahan akan membuat hasil pengambilan gambar menjadi lebih bagus dan juga mengatur cahaya kamera lebih bagus.

  • Penutup lensa kamera

Untuk aksesoris kamera tambahan selanjutnya ini adalah penutup kamera yang merupakan tutup untuk dapat membuat lensa kamera tidak kotor sehingga harus ditutupi dengan benar. Biasanya ketika membeli kamera akan mendapatkan aksesori ini tetapi ada kemungkinan juga tutup ini hilang atau terselip di suatu tempat. Sehingga membuat lensa kamera mudah kotor apabila tidak ditutupi. Oleh karena itulah agar tidak gampang kotor sebaiknya harus membeli penutup kamera yang baru dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar 30 hingga 100 ribuan rupiah saja. Lebih murah dibandingkan aksesoris untuk kamera lainnya yang berada di atas 100 ribuan.

  • Tripod kamera

Adalah aksesoris untuk kamera terutama penggemar fotografi yang profesional. Alat ini digunakan untuk tempat kamera sehingga bisa berdiri untuk menangkap gambar tanpa guncangan seperti ketika memegang kamera sendiri. Jenis aksesoris ini mempunyai harga yang sangat beragam dari 100 ribuan hingga 800 ribu tergantung dari ukuran, bahan, dan juga merek dari tripod tersebut. Tripod ini digunakan untuk dapat mengambil exposure long shutter dan juga fungsi lainnya.

  • Kit pembersih

Dan jenis aksesoris kamera tambahan yang harus dimiliki adalah kit pembersih. Sesuai namanya, kit ini digunakan untuk tetap menjaga agar kamera tetap bersih. Pembersih ini dapat digunakan untuk membersihkan eksterior kamera dengan bahan seperti lap mikrofiber dan juga cairan pembersih yang khusus. Harga dari aksesoris ini sendiri sekitar 50 hingga 500 ribuan dan bisa dipilih menurut kelengkapan alat pembersih yang ada di dalamnya.

Lengkapi Petualangan Fotografi Anda dengan Aksesoris Kamera DSLR Berikut Ini!

Di zaman serba modern ini, kamera telah menjadi kebutuhan untuk beberapa orang. Tak hanya bagi para fotografer saja, karena kini kamera pun banyak dibutuhkan oleh para pemilik hobi fotografi. Kamera memiliki banyak jenis, mulai dari kamera analog hingga kamera digital. Namun kini mayoritas pengguna lebih memilih jenis kamera digital DSLR karena diklaim mampu memberikan hasil foto yang optimal dengan berbagai kemudahan. Namun demi bisa menghasilkan foto yang bagus, maka perlu juga didukung dengan aksesoris kamera yang melengkapinya.

Aksesoris untuk kamera bukan hanya sekedar untuk mempercantik hasil foto saja, namun juga bisa sebagai pelengkap dan pelindung tambahan bagi kamera kesayangan Anda sehingga tidak mudah rusak. Untuk itu berikut ini beberapa aksesoris kamera yang wajib Anda miliki, antara lain:

  • Tas kamera

Yang pertama adalah tas kamera yang bertugas untuk melindungi bagian luar kamera. Tersedia berbagai jenis tas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari tas selempang, tas backpack, dan masih banyak lagi. Namun pastikan memilih tas kamera yang bisa memberikan kenyamanan dalam penyimpanan kamera sehingga Anda bisa bepergian dengan lebih aman dan nyaman.

  • Kit pembersih

Selanjutnya ada kit pembersih yang bermanfaat untuk bisa menjaga bagian eksterior lensa sehingga bisa selalu bersih dan bening. Lengkapi dengan lap mikro fiber sehingga tidak dikhawatirkan lensa menjadi tergores atau cacat. Meski begitu, hindari membersihkan bagian interior kamera karena bisa saja menimbulkan goresan permanen atau justru kerusakan fatal.

Baca Juga: 5 Aksesoris Kamera Yang Fungsinya Sangat Penting

  • Tripod

Dengan memiliki tripod, maka hasil foto akan bisa lebih baik karena memungkinkan untuk diambil dari berbagai sudut yang tepat. Monopod, tripod dan gorillapod bisa menjadi pilihan Anda karena tangguh dan handal.

  • Flash eksternal

Selanjutnya ada juga flash eksternal yang bisa secara drastis menambah kualitas foto yang Anda ambil. Meski memang di kamera terdapat flash bawaan, namun dengan adanya flash tambahan ini bisa mendapatkan power lebih besar dan kemampuan kontrol nya pun fleksibel.

  • Filter

Filter merupakan aksesoris untuk kamera yang sangat esensial. Terdapat 3 jenis filter yang layak untuk dipertimbangkan diantaranya filter proteksi yang mampu melindungi lensa filter polarisasi yang mampu mengubah langit terlihat lebih dalam dan filter ND yang mampu mengurangi jumlah cahaya masuk ke kamera.

Itulah beberapa jenis aksesoris kamera yang wajib dimiliki oleh para pengguna kamera DSLR sehingga kualitas fotonya lebih baik dan tentunya kamera selalu aman untuk dipergunakan. Anda juga bisa melengkapi aksesoris dengan shutter release dan verikal grip untuk mempermudah proses pengambilan gambar sehingga gambar yang Anda potret bisa selalu sempurna.

Kelebihan Monopod Kamera Dan Perbedaannya Dengan Tripod

Bagi para traveling atau yang suka membuat video pasti tidak asing dengan benda yang satu ini. Bisa dikatakan, monopod merupakan peralatan wajib bagi mereka. Dengan monopod kamera para traveling atau video blogger bisa mengambil gambar tanpa harus minta tolong orang.

Perbedaan Tripod Dan Monopod

Monopod merupakan peralatan fotografi yang fungsinya menunjang atau mempermudah proses pengambilan gambar. Seringkali monopod disamakan dengan tripod, padahal keduanya berbeda.

Seperti namanya tripod memiliki 3 kaki yang fungsinya menopang kamera. Sedangkan monopod hanya memiliki satu kaki. Monopod kamera biasanya digunakan untuk memotret pertandingan sepak bola atau memotret burung.

Keuntungan Penggunaan Monopod

Monopod maupun tripod memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Secara umum monopod tidak akan menggantikan fungsi tripod, seperti memotred buld. Begitupun sebaliknya. Namun jika Anda mencari alat yang membantu menstabilkan kamera dari guncangan atau memotret dalam ruang atau kondisi yang minim cahaya bisa gunakan monopod sebagai alat bantunya.

Baca Juga: Penjelasan Seputar Monopod Kamera

Berikut ini beberapa kelebihan monopod yang harus Anda ketahui:

  • Lebih ringan dan ringkas – tripod beratnya 3 kali lebih dibandingkan monopod. bentuk tripod lebih lebar, walaupun bisa dilipat kadang membuat kerepotan. Berbeda dengan monopod, bentuknya lebih ringkas, bisa dilipat bahkan dimasukkan ke tas kamera.
  • Cepat dirakit – cara menggunakan monopod hanya tinggal mengulurkan monopod, lalu memasang kamera dan memposisikan monopod ke tanah sebelum digunakan. Sedangkan tripod cara memasangnya harus merentangkan ketiga kakinya satu persatu. Jika permukaan tidak rata membuat tripod tidak seimbang.
  • Lebih lincah – monopod ideal digunakan pada kondisi dan situasi dimana kita butuh stabilitas dan butuh kelincahan bergerak. Karena ringan dan ringkas, monopod menjadi alat fotografer favorit saat pengambilan gambar pertandingan olahraga.
  • Harganya lebih murah – Anda bisa mendapatkan alat ini yang memiliki kualitas tinggi dan mampu menahan beban seberat 10 kg hanya dengan harga Rp 500 ribu rupiah.
  • Perspektif lebih keren – jika Anda memiliki lensa wide atau fish eye bisa dipasang ke monopod. Lalu setting set memotret dengan timer, angkat monopot pada posisi yang tinggi. Nah, dengan demikian Anda bisa memotret dalam perspektif yang tinggi.

Sekarang sudah ada monopod yang bisa menahan beban kamera DSLR namun tidak semua monopod sanggup menahan beban kamera, jadi sebelum membeli monopod perhatikan dengan seksama spesifikasi yang diberikan oleh masing-masing monopod.

Dengan mengetahui spesifikasi yang ditawarkan masing-masing monopod, Anda akan mengetahui monopod tersebut diperuntukkan untuk kamera apa saja dan berapa berat yang harus ditopangnya.

Demikian ulasan mengenai monopod kamera, semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang mencari monopod yang tepat.

5 Aksesoris Kamera Yang Fungsinya Sangat Penting

Jika Anda memiliki kamera DSLR penting juga mengetahui jenis-jenis aksesoris kamera. Sebagai fotografer profesional ataupun amatiran harus mengetahui bahwa aksesoris yang dimaksud bukan untuk menambah penampilan kamera menjadi lebih girly namun berguna untuk menjaga dan merawat kamera.

Bahkan ada jenis kamera yang bisa membantu proses pengambilan gambar yang mempengaruhi kualitas gambar atau video yang diambil. Berikut ini beberapa jenis aksesoris kamera dan fungsinya yang harus Anda miliki.

  • Tas Kamera

Tas kamera sangat penting karena fungsinya untuk menyimpan kamera dan aksesoris lainnya agar tidak terkena benturan, air dsb. Jika menyimpan kamera disatukan dengan barang-barang lain dikhawatirkan akan tergores atau kerusakan lainnya.

Ada beberapa model tas kamera yang dijual di pasaran, yaitu: model back pack, ikat pinggang, sling slide dan model koper.

  • Kit Pembersih Dan Lens Pen

Aksesoris ini fungsinya sangat penting untuk merawat kamera. Membersihkan kamera harus menggunakan cairan khusus dan kain khusus agar tidak tergores. Apalagi bagian lensa kamera merupakan bagian yang sensitive. Dengan kit pembersih proses membersihkan kamera lebih aman dan mampu membersihkan debu, kotoran dan bintik putih akibat lembab.

Pembersih bentuknya pena ini merupakan salah satu alat untuk membersihkan lensa. Bentuknya seperti ballpoint memiliki 2 ujung yang fungsinya berbeda, satu sisi adalah kuas lembut dan satu sisi yang lainnya merupakan penampar bundar yang fungsinya untuk membersihkan bercak noda jari.

Baca Juga: Bisnis Langka Jual Casing HP dan Aksesoris Lawasnya!

Mendapatkan kit pembersih ada di toko kamera atau bisa membelinya di situs jual beli kesayangan Anda Bukalapak.com.

  • Tripod

Aksesoris yang satu ini sangat membantu Anda pada waktu memotret dalam kondisi cahaya yang rendah. Menggunakan tripod sangat membantu menghasilkan gambar yang tajam, namun perlu diketahui bahwa tidak semua tripod mampu menahan beban yang berat. Jadi pastikan Anda mengetahui dan memilih spesifikasi tripod yang dibeli. Untuk para pemula bisa beli tripod yang bahannya terbuat dari serat karbon yang ringan dengan ketinggian yang standar. Pastikan tripod mampu memutar secara vertikal untuk pengambilan gambar.

  • Flash Eksternal

Akseoris ini fungsinya untuk membantu pencahayaan tambahan pada kondisi gelap saat akan mengambil gambar. Dengan fash eksternal gambar yang diambil bisa lebih maksimal dibandingkan hanya menggunakan flash yang sudah ada pada kamera.

  • Filter UV

Filter kamera adalah aksesoris yang fungsinya sangat penting untuk melindungi lensa kamera dari benturan, debu dan kemampuan menyaring sinar ultraviolet agar tidak masuk ke bagian sensor kamera. Sinar ultraviolet yang terlalu lama masuk ke dalam sensor bisa merusak sensitifivitas sensor pada kamera.

Nah, 5 aksesoris tersebut merupakan jenis aksesoris kamera yang penting yang harus Anda miliki. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat khususnya seputar dunia fotografi.

Penjelasan Seputar Monopod Kamera

Monopod atau dsebut juga dengan unipod adalah alat yang membantu kamera atau video untuk mengambil ojek. Alat ini berupa tiang atau penyangga yang digunakan sebagai penopang kamera. Dengan adanya monopod kamera memungkinkan para fotografer mengambil gambar dengan tajam pada kecepatan rana yang lambat atau saat menggunakan lensa panjang agar foto yang dihasilkan semakin fokus.

Manfaat Dan Kelebihan Monopod

Sedangkan untuk kebutuhan video, alat ini membantu mengurangi goyangan. Kelebihan monopod salah satunya adalah lebih praktis dibawa kemana-mana dan lebih mudah diatur daripada menggunakan trivod konvensional yang sebelum menggunakannya terlebih dulu harus diatur. Monopod cocok digunakan saat situasi harus cepat mengambil gambar.

Contoh situasi dimana monopod kamera sangat dibutuhkan dan berfungsi adalah pada waktu berada di alam untuk mengambil objek berupa satwa liar atau saat harus mengambil gambar atau video saat pertandingan olahraga dimana pada situasi tersebut fotografer harus dengan cepat meningkatkan stabilitas lensa kamera panjang.

Keuntungan menggunakan monopod adalah bisa menghilangkan goyangan pada kamera pada sumbu vertikal. Hal ini digunakan dalam kombinasi dengan bersandar pada objek yang besar dan bermanfaat untuk menghilangkan gerakan yang horizontal.

Berbeda dengan tripod, pada monopod tidak dapat mendukung kamera secara independent artinya monopod lebih memungkinkan digunakan pada ranah kecepatan yang lebih rendah. Selain itu mudah dibawa dibandingkan tripot.

Baca Juga: Perbedaan Tongsis Dan Monopod Kamera

Walaupun terlihat repot saat menggunakannya, sebenarnya menggunakan monopod bisa lebih praktis. Alat ini sudah dilengkapi dengan adaptor khusus yang dapat digunakans ebagai chestpod yang artinya kaki monopod bertumpu di dada fotografer. Hasilnya kamera akan lebih tajam mengambil objek gambar dibandingkan dengan mengambil menggunakan tangan.

Fungsi Monopod Kamera Lainnya

Monopod benar-benar sangat fleksibel dan banyak digunakan dalam dunia videografi dimana mengharuskan fotografer bergerak mengikuti subjek foto atau video. Selain untuk kamera, alat ini bisa digunakan dengan smartphone atau kamera untuk kebutuhan foto selfie. Ada dua cara untuk menempatkan smartphone pada monopod, yaitu:

  • Cara yang pertama adalah untuk bagian sekrup ulir monopod langsung masuk ke dalam tubuh smartphone. Cara ini cocok jika Anda menggunakan lensa cahaya yang kecil.
  • Sedangkan jika Anda menggunakan lensa tele yang berat untuk mengambil gambar, sebaiknya gunakan tripod mount cincin. Hal ini digunakan untuk lensa kamera bukan body kamera agar lebih seimbang dan menghentikan monopod berputar.

Ada berbagai jenis dan model kepala monopod yang bisa Anda pilih. Dengan adanya alat ini membuat aktivitas memotret menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa memotret atau mengambil video yang bergerak dan bisa menyesuaikan dengan objek miring yang Anda inginkan.  

Demikian penjelasan mengenai seputar monopod kamera. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Tas Kamera dan Ragam Pilihan Aksesoris Kamera Lainnya

Tas Kamera dan Ragam Pilihan Aksesoris Kamera Lainnya— penggunaan aksesoris tambahan untuk kamera memang tergantung kebutuhan. Aksesoris kamera memang tidak serta merta dibutuhkan semua. Ada kalanya penggunaan aksesoris hanya untuk keperluan tertentu saja. Misalnya kamu memerlukan lampu flash tambahan untuk memeotret acara pernikahan.

Mari kita simak tas kamera dan ragam pilihan aksesoris kamera lainnya untuk menambah wawasan anda dalam dunia fotografi.

  • Tas Kamera

Aksesoris kamera yang terbilang penting adalah, tas kamera ini. Karena kita memang perlu untuk tempat menyimpan kamera saat berpergian. Selai untuk menyimpan kamera juga bisa menyimpan beragam aksesoris kamera lainnya yang berbentuk kecil. Ada banyak sekali model tas kamera yang dapat anda jadikan pilihan.  Dari Back pack, ikat pinggang, sling-slide atau selempang.

  • Shutter Release

Shutter Release mempunai fungsi yang sama dengan remote control. Ya, aksesoris ini memudahkan anda untuk menekan shutter dari jarak jauh. Selain tripod, aksesoris ini yang anda perlukan. Sertakan ini dalam tas kamera anda. Anda pasti akan membutuhkannya.

  • Tripod

Tripod, monopod, gorillapod apapun namanya fungsi aksesoris ini tetaplah sama, yaitu membantu untuk mendapatkan hasil gambar yang tajam dan stabil. Terlebih dalam pencahayaan yang rendah. Sebaiknya pilih tripod yang kuat, berbahan karbon yang ringan dengan mekanisme yang baik serta mantap. Pilihlah yang menggunaka ball head agar lebih memudahkan dalam pemasangan.

  • Filter UV

Fungsi dari filter ini adalah melindungi lensa kamera dari debu dan juga benturan serta menyaring sinar matahari agar tidak masuk ke sensor kamera yang dlalam jangka panjang dapat merusak sensitifitas sensor tersebut.

  • Vertikal Grip

Jika anda lebih sering memotret sementara kamera anda belum memiiki fitur pegangan vertikal dari bawaannya, gunakanlah aksesoris satu ini. Vertikal grip, sangat membantu anda memotret dalam orientasi vertikal (Portrait). Selain itu, Vertikal Grip juga berfungsi sebagai baterai cadangan. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi  kehabisan baterai.

  • Flash Eksternal

Aksesoris ini akan secara otomatis menambahkan kualitas foto anda. Hasilnya akan berbeda drastis ketika anda tidak menggunakan flash tambahan ini. Falsh eksternal memliki power yang besar, kemampuan kontrol yang jauh fleksibel ketimbang menggunakan flash bawaan kamera. Selain itu kita pun dapat mengatur ke arah mana seharusnya cahaya ditembakkan. Sehingga hasil gambar akan terlihat lebih cerah dan lembut.

  • Cleaning Kit

Untuk menjaga eksterior lensa dan kamera agar selalu bersih, anda memerlukan alat pembersih atau cleaning kit. Biasanya cleaning kit ini terdiri dari:

  • Kain microfiber
  • Blower
  • Brish
  • Cairan khusus untuk membersihkan lensa.

Tidak disarankan untuk membersihkan bagian dalam dari kamera. Cukup bersihkan bagian luarnya saja.