Aplikasi Kamera Manual Untuk Smartphone Android

Semakin majunya teknologi seperti sekarang ini, memungkinkan pengguna smartphone android melakukan berbagai aktivitas hanya menggunakan smartphonenya. Salah satunya adalah fitur kamera. Namun kadang pengguna smartphone membutuhkan fitur tambahan yang menawarkan pengaturan kamera manual.

Yang dimaksud dengan aplikasi kamera manual adalah aplikasi yang menawarkan pengaturan manual terhadap ISO, kualitas gambar, intensitas cahaya dsb. Namun sayangnya tidak semua smartphone android terpasang fitur ini. Bagi Anda yang memiliki smartphone dengan OS yang didukung Lollipop bisa coba aplikasi kamera manual untuk mengontrol penuh kamera pada smartphone Anda.

Aplikasi Camera FV-5

Aplikasi kamera ini menghasilkan gambar yang jernih dan sempurna. Mampu mengatur secara manual dengan tampilan yang simple dan banyak pilihan menu untuk pengaturan. Menggunakan aplikasi ini seperti sedang menggunakan kamera DSLR dimana pengguna sudah bisa mengatur ISO, shutter speed, fokus,exposure dan pengaturan lainnya.

Hasil foto yang dihasilkan berupa file RAV atau DNG fotografi. Jika Anda ingin mendapatkan aplikasi ini caranya sangat mudah, yaitu membuka Google Play dengan mengeluarkan biaya hanya 50 ribu rupiah saja atau bisa gunakan versi gratisannya.

Aplikasi Manual Camera

Aplikasi selanjutnya adalah manual camera. Aplikasi ini dikembangkan oleh Geeky Devs Studio. Tidak jauh beda dengan aplikasi camera FV-5, menggunakan manual camera tidak terlalu sulit dan cocok bagi Anda yang sedang belajar memotret. Fiturnya lumayan lengkap, seperti: manual focus distance, white balance, expoxure, manual shutter speed dan menghasilkan foto dengan format RAW (DNG). Selain itu, aplikasi ini sudah dilengkapi fitur lainnya seperti: sound on/ off, gridlines, geotagging dan timer. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di Goggle Play Store dengan biaya sebesar 42 ribu rupiah.

Aplikasi A Better Camera

Aplikasi yang dikembangkan oleh Almalence disambut positif oleh pengguna smartphone android. Bahkan ratingnya di Google Play Store sudah memiliki bintang sampai 4.1. Ada banyak fitur yang bisa Anda dapatkan di aplikasi ini. salahs atunya adalah panorama, fitur yang bisa mengambil sudut gambar lebih dari 360 derajat dengan kualitas 100MP. Selain itu terdapat pengaturan ISO, timestamp, RAW capture, shutter speed priority, namual control focus, white balance, timestamp dan aplikasi lainnya yang membuat aktivitas memotret menjadi lebih menyenangkan.

Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Google Play Store dengan biaya sekitar Rp 13 ribu rupiah.

Aplikasi Open Camera

Aplikasi yang satu ini berbeda dengan tiga aplikasi yang sudah kita bahas. Aplikasi open camera bisa Anda dapatkan dengan gratis di Google Play Store. Namun aplikasi kamera manual ini tidak bisa menghasilkan gambar RAW. Tapi dari segi kualitas jangan disepelekan karena aplikasi ini mampu menghasilkan gambar yang jernih dan tajam.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *