Aplikasi Kamera Manual Untuk Smartphone Android

Zaman serba digital seperti sekarang ini masih banyak usaha yang diilakukan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih praktis dan modern. Termasuk dalam hal pemenuhan perangkat teknologi yang digital.  contohnya adalah smartphone yang sudah dilengkapi beragam fitur dan aplikasi. Dalam artikel ini kita akan membahas aplikasi pada sector kamera manual pada smartphone.

Smartphone yang sudah menggunakan sistem pengoperasian OS Lollipop memberikan fitur tambahan seperti application program interface atau API. Aplikasi kamera tersebut bisa menghasilkan gambar yang maksimal. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh apliasi tersebut adalah pengaturan kamera manual, seperti: pengaturan ISO, kualitas gambar, intensitas cahaya dsb. Banyak fitur yang terdapat pada kamera API ini untuk menghasilkan gambar yang berkualitas dari kamera bawaannya.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa aplikasi kamera manual untuk smartphone android yang bisa Anda jadikan pilihan.

Aplikasi Kamera FV-5

Aplikasi ini mampu menghasilkan gambar yang sempurna dan jelas. FV-5 mampu mengatur secara manual pada smartphone android. Bahkan untuk tampilan user face-nya cukup sederhana dan simple dan banyak menu yang bisa digunakan untuk mengatur secara manual.

Anda bisa bereksperimen dengan mengatur sesuai dengan keinginan sebelum digunakan layaknya sedang menggunakan kamera DSLR, seperti: pengaturan ISO, shutter speed, fokus, exposure dsb. Hasilnya berupa file RAW (DNG) fotografi. Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi ini caranya mudah, tinggal membuka Google Play Store pada smartphone Andadan membayar Rp 50 rupiah. Jika Anda ingin mencobanya dulu bisa menggunakan versi yang gratis.

Baca Juga:Perbedaan Kamera Manual Dengan Kamera Digital

Aplikasi Manual Kamera

Aplikasi selanjutnya adalah Manual Kamera, merupakan hasil pengembangan Geeky Devs Studio. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi yang sudah kita bahas sebelumnya. Manual kamera lebih cocok digunakan untuk Smartphone android yang menggunakan sistem pengoperasian OS Lollipop. Menggunakan aplikasi ini tidak terlalu sulit dan sudah dilengkapi berbagai fitur yang lengkap.

fitur utama kamera ini bisa ditemui di pengaturan manual fokus distance dan expoxure yang menghasilkan kualitas foto DNG atau RAW, white balance dan manual shutter speed. Tidak hanya itu jika Anda menggunakan aplikasi ini bisa menggunakan fitur lainnya seperti: geotagging, sound on/off, timer dan gridliness. Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi ini bisa mengunduhnya dengan biaya sebesar Rp 4,2ribuan.

Aplikasi A Batter Camera

Aplikasi yang dikembangkan oleh developers bernama Almalence ini mendapatkan sambutan yang positif di kalangan pengguna android. Bahkan ratingnya sudah mendapatkan 4.1 bintang di Google Play Store. Di dalam aplikasi ini terdapat banyak sekali fitur yang bisa digunakan, salah satunya adalah panorama yang memungkinkan pengguna mengambil gambar hingga 360 derajat.

Selain itu aplikasi kamera manual ini sudah bisa mengatur ISO, white balance, time stamp, manual control fokus, RAM capture dan masih banyak aplikasi lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *