Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk PC

Berbicara aplikasi edit foto di komputer, sebagian besar orang pasti akan langsung menyebut Photoshop sebagai rekomendasi mereka. Sebenarnya, selain Photoshop, masih ada beberapa aplikasi lain yang dapat Anda gunakan. Walaupun tidak begitu terkenal, tapi aplikasi-aplikasi ini memiliki fitur dan fungsi yang sangat lengkap.

Preferensi aplikasi edit foto bagi setiap orang pasti berbeda-beda. Namun, ada satu poin penting yang harus Anda pertimbangkan: aplikasi tersebut harus ringan agar kinerja penyuntingan cepat, tidak memakan waktu lama.

Di bawah ini ada dua aplikasi edit foto berbayar yang memiliki fitur lengkap dan tampilan bagus. Namun, Anda tentu harus merogoh kocek lebih dalam agar bisa memilikinya secara halal dan legal. Jangan sampai Anda menggunakan aplikasi berbayar ini dengan cara yang tidak halal.

  1.  Adobe Photoshop

Bila Anda sudah terbiasa edit foto di komputer, Photoshop merupakan pilihan terbaik untuk Anda. Aplikasi ini memiliki fitur dan fungsi tombol yang dirancang khusus untuk para profesional. Jadi, aplikasi ini tidak bekerja dengan sedikit klik ini dan itu lalu langsung ada hasilnya, tapi ada langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menghasilkan gambar yang keren, menarik, dan artistik.

Anda bisa memiliki aplikasi edit foto Photoshop secara legal lewat pembelian online atau pembelian langsung di toko-toko software original. Tapi bila Anda baru mau coba-coba, Photoshop menyediakan versi trial yang berlaku selama 30 hari.

Photoshop sangat cocok digunakan untuk menyunting foto wajah karena menyediakan banyak sekali teknik pengeditan, mulai dari memutihkan, menghilangkan jerawat dan flek hitam, memudarkan keriput di muka, memberi eyeshadow dan lipstick, dan sebagainya. Ibaratnya, Anda tidak perlu berdandan sebelum difoto karena bisa didandani setelahnya oleh Photoshop.

  1.  Adobe Lightroom

Aplikasi ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Namun, sebagaimana umumnya aplikasi buatan Adobe, Lightroom merupakan aplikasi edit foto yang bagus dan nyaman saat digunakan. Sebagian profesional mengatakan bahwa aplikasi ini jauh lebih bagus dan lebih canggih daripada Photoshop. Selain itu, kualitas gambarnya pun jauh mengalahkan pendahulunya tersebut.

Salah satu fitur Lightroom yang mungkin akan sangat Anda senangi adalah fitur penggantian background foto yang tidak memerlukan proses cut dan sebagainya untuk menyeleksi gambar. Cukup dengan sekali klik, latar foto bisa langsung berubah. Bagaimana? Canggih bukan?

Kemampuan Lightroom dalam mengatur kualitas tampilan foto juga tidak diragukan lagi. Anda bisa mengatur kelembutan warnanya agar lebih enak dilihat, menata contrast-nya agar lebih tajam atau pudar, dan banyak lagi. Dan bila Anda tidak memiliki cukup space di hard disk, Anda bisa menggunakan versi portabel. Versi ini tidak memerlukan penginstalasian di komputer, tapi bisa langsung Anda gunakan via flashdisk dan penyimpanan file eksternal lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *