Apa Sebenarnya Fungsi dari Tripod Kamera?

kegunaan tripod

Jika Anda memiliki kamera, tentu belum lengkap rasanya jika tidak memiliki tripodnya. Banyak orang yang menganggap jika tripod ini tidak terlalu penting. Ada sebagian orang yang kurang memerlukan perlengkapan fotografi seperti tripod ini. Padahal, tripod kamera atau yang biasanya disebut dengan tiga kaki, ialah salah satu aksesoris tambahan, ia berguna untuk menopang body kamera. Ada berbagai macam jenis tripod sesuai dengan kegunaannya. Sebenarnya apa fungsi dari tripod ini?

Pertama, ia berfungsi untuk mengurangi kelelahan ketika menopang beban kamera. Apakah seri dari kamera DSLR Anda? memang, semakin mahal kamera akan semakin besar pula ukuran yang ia miliki, tentu akan semakin besar pula bobot yang dimilikinya. Jika hanya body saja sudah besar, bayangkan jika ia harus di tambah dengan perangkat lensa dan yang lain. Untuk fotografer yang sudah profesional, mereka sering sekali melakukan update untuk kamera yang mereka miliki. Pada lensa yang berukuran di atas 105 mm, tentu ia mempunyai ukuran yang lebih besar dan berat. Jika menggunakan tripod, Anda dapat lebih santai saat memotret, dan rasa pegal tidak akan Anda rasakan.

Tripod kamera ini juga berguna untuk pemotretan dengan shutter rendah dan long exposure. Atur kamera yang Anda miliki dengan kecepatan yang rendah, setelah Anda memotret, Anda dapat segera melihat hasilnya. Tentu gambar hasil bidikan Anda akan kabur dan kurang memuaskan. Ini bukan karena kamera yang Anda miliki bermasalah. Ini dikarenakan tangan Anda kurang kuat untuk menopang kamera ketika memotret dengan menggunakan kecepatan rana yang rendah. Padahal, sekarang ini banyak sekali variasi foto yang diciptakan dari rana yang rendah. Salah satu cara untuk mengatasi efek blur ialah memotret dengan menggunakan tripod. Tripod dapat membantu kamera berdiri dengan stabil.

Fungsi lainnya ialah mempertajam gambar ketikan Anda melakukan focal length yang panjang. Memang sangat sulit untuk menghasilkan foto yang begitu tajam serta fokus bila Anda melakukan perbesaran hingga 200 mm, gerakan tangan yang Anda lakukan akan mengganggu kamera dalam menghasilkan foto yang lebih tajam. Oleh sebab itu, lebih baik Anda menggunakan tripod. Menggunakan focal length yang lebih banyak dilakukan untuk memotret satwa liar. Lebih baik, gunakan tripod untuk penggunaan focal length panjang.

Fungsi terakhir dari tripod kamera ialah sebagai pembantu ketika mengaktifkan fitur timer. Ketika Anda liburan bersama dengan pasangan, tentu Anda membutuhkan seseorang untuk dapat mengambil gambar Anda. Apakah Anda akan terus meminta bantuan seseorang agar terus memotret Anda? tentu tidak bukan? untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan tripod. Gunakan fitur kamera seperti timer, setelah itu Anda bisa segera berpose berdua dan kamera Anda akan menghasilkan gambar seperti yang Anda inginkan.

Be Sociable, Share!

One thought on “Apa Sebenarnya Fungsi dari Tripod Kamera?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *