Apa Itu Monopod Kamera?

Sebuah monopod juga kadang disebut unipod adalah tiang/penyangga yang digunakan untuk membantu kamera atau video  dalam mengambil objek yang dirasa butuh monopod sebagai penopangnya. Monopod  kamera memungkinkan fotografer untuk mengambil gambar yang tajam pada kecepatan rana lebih lambat, dan / atau dengan lensa panjang yang akan membuat fotografi Anda semakin fokus dan bagus.

Untuk video kamera sendiri jika Anda menggunakan monopod kamera bisa mengurangi goyangan kamera. Monopod lebih mudah untuk dibawa-bawa dan cepat untuk diatur daripada tripod konvensional, membuat Monopod lebih baik untuk on-the-go (OTG) fotografi. Ketika ia melihat potensi gambar yang ingin diambil, tidak ada waktu untuk repot-repot dengan menyiapkan tripod yang rumit.

Sebuah monopod kamera sederhana untuk dibawa, tidak berat, mudah diatur, dan memungkinkan fotografer untuk mengambil keuntungan dari situasi yang ada di lapangan dengan monopod, sambil memberikan dukungan kamera untuk menangkap jelas, gambar yang tajam.  Contoh situasi di mana monopod sangat berfungsi adalah ketika berada dan mengambil objek di satwa liar dan fotografi untuk acara/pertandingan olahraga di mana Anda dapat secara mudah meningkatkan stabilitas lensa panjang. Ketika Anda menggunakan monopod, bisa menghilangkan goyangan kamera di sumbu vertikal. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan bersandar sebuah objek besar, bipod terbentuk; ini juga bisa menghilangkan gerakan horizontal.

Tidak seperti tripod, monopod kamera tidak dapat mendukung kamera secara independen. ini membatasi kecepatan shutter yang bisa digunakan. Monopod masih memungkinkan kecepatan rana lebih rendah dan lebih mudah untuk dibawa dan digunakan dari pada tripod.  

Dengan adaptor khusus, monopod dapat digunakan sebagai “chestpod”, yang berarti bahwa kaki monopod bertumpu di dada fotografer. Hasilnya adalah bahwa kamera akan lebih mantap mengambil objek daripada dengan tangan saja. monopod benar-benar sangat fleksibel. Teknik ini banyak digunakan dalam videografi di mana fotografer harus bergerak dengan subjek.

Monopod kadang juga bisa digunakan dengan smartphone atau kamera untuk mengambil foto selfie. Ada dua cara untuk melampirkan kamera Anda untuk monopod. Yang pertama adalah untuk sekrup ulir sekrup yang monopod langsung ke dalam tubuh kamera. Ini bagus jika Anda menggunakan cukup kecil, lensa cahaya. Jika Anda mengambil gambar dengan menggunakan panjang, lensa tele berat, lebih baik untuk menggunakan tripod mount cincin. Ini perbaikan monopod untuk lensa bukan body kamera, memberikan keseimbangan yang lebih baik dan menghentikan monopod dari berputar di tangan Anda saat Anda mencoba untuk posisi itu. Ada berbagai jenis kepala monopod yang tersedia, Monopod memungkinkan Anda untuk menembak dalam potret atau orientasi landscape, dan sudut kamera Anda untuk menyesuaikan untuk segala objek miring yang Anda inginkan  dari monopod tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *