Apa Itu Memori Kamera dan Apa Fungsinya?

Sebuah kartu memori atau flash card adalah memori flash perangkat penyimpanan data elektronik yang digunakan untuk menyimpan informasi digital. Ini biasanya digunakan dalam perangkat elektronik portabel, seperti ponsel, komputer laptop, tablet, PDA, MP3 player, konsol video game, synthesizer, dan keyboard elektronik dan juga untuk memori kamera digital, guna untuk menampung segala foto-foto yang diambil. Dan itu tergantung, kapasitas memori yang Anda miliki.

PC Card (PCMCIA) adalah yang pertama format kartu memori komersial (tipe I kartu) untuk keluar, tetapi sekarang terutama digunakan dalam aplikasi industri dan untuk menghubungkan perangkat I / O seperti modem. Sejak tahun 1994, sejumlah format kartu memori yang lebih kecil dari PC Card tiba, yang pertama adalah CompactFlash kemudian SmartMedia dan kartu Miniatur. Keinginan untuk kartu yang lebih kecil untuk sel-ponsel, PDA, dan memory kamera digital kompak melaju tren yang meninggalkan generasi sebelumnya “kompak” kartu tampak besar.

Pada kamera SmartMedia digital dan CompactFlash telah sangat sukses [netralitas diperdebatkan]. Pada tahun 2001, SM sendiri ditangkap 50% dari pasar kamera digital dan CF telah menangkap pasar kamera digital profesional. Pada tahun 2005 Namun, SD / MMC telah hampir mengambil alih tempat SmartMedia, meskipun tidak ke tingkat yang sama dan dengan persaingan yang ketat berasal dari varian Memory Stick, serta CompactFlash. Dalam bidang industri dan tertanam, bahkan kartu PC terhormat (PCMCIA) kartu memori masih berhasil mempertahankan niche, sementara di ponsel dan PDA, kartu memori telah menjadi lebih kecil.

Sejak 2010, produk baru dari Sony (sebelumnya hanya menggunakan Memory Stick) dan Olympus (sebelumnya hanya menggunakan XD-Card) telah ditawarkan dengan slot SD-Card tambahan. Efektif format telah berubah dalam mendukung SD-Card.

Ada beberapa jenis kartu memori  kamera di pasar, dibagi antara perangkat konsumen dan perangkat penyimpanan perusahaan.

Baca Juga: Apa Itu Monopod Kamera?

Perangkat ini meliputi kartu Secure Digital (SD card) dan varian yang lebih kecil, kartu microSD; Secure Digital High Capacity (SDHC) kartu; kartu CompactFlash (CF card); kartu SmartMedia; Memory Stick; MultiMediaCard (MMC); kartu xD-Picture; dan kartu USB.

Jenis di atas kartu memori biasanya berhubungan dengan perangkat konsumen, seperti kamera digital, smartphone dan tablet. Kartu dalam berbagai ukuran, dan kapasitas penyimpanan biasanya berhubungan langsung dengan harga.

Kebanyakan jenis kartu memori yang tersedia telah terus didukung, memori nonvolatile, terutama NAND flash. Baterai perlindungan memori data dalam hal pemadaman listrik, bug software atau gangguan lainnya, dan juga menghilangkan kebutuhan untuk secara berkala me-refresh data pada kartu memori. Karena kartu memori menggunakan media solid-state.

media penyimpanan removable sebelumnya, seperti kartu PC, kartu pintar dan kartu yang sama digunakan untuk sistem game komputer, juga dianggap kartu memori. Namun, jenis yang lebih baru dari kartu memori yang lebih kecil, memerlukan sedikit daya, memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi dan portabel di antara sejumlah besar perangkat. Karena fitur ini, kartu memori yang mempengaruhi produksi peningkatan jumlah perangkat kecil, ringan dan rendah daya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *