Aksesoris Kamera DSLR

Ketika Anda sudah memiliki kamera DSLR, tentu saja Anda akan asyik belajar memotret apa saja dari hal sederhana seperti yang benda yang kecil berukuran mikro, potret jalanan, potret wajah serta makanan. Hanya saja, setelah Anda mulai terbiasa dengan kamera dan hasil foto yang sudah mumpuni. Sudah saatnya Anda membeli aksesoris kamera untuk menunjang karya fotografi Anda agar bisa tampil lebih maksimal. Berikut beberapa pilihan aksesoris yang layak dan wajib dibeli untuk menemani kamera canggih Anda.

  • Tas

Kamera tentunya harus dimiliki seseorang yang ingin menjaga kameranya agar tidak terkena cipratan air, dan benturan selama perjalanan. Saat sedang hujan, setidaknya kamera Anda tidak terkena langsung airnya dan saat Anda sedang berpergian, Anda tidak merasakan leher yang pegal karena seharian digantung di leher Anda. Tas kamera ada terdiri dari berbagai jenis seperti model backpack, ikat pinggang, sling-slide (menyamping) seperti messenger bag.

  • Kit Pembersih

Kamera adalah alat elektronik mahal dan canggih, jadi tentu saja Anda harus membersihkan dan merawatnya secara rutin dan telaten. Menjaga kondisi eksterior lensa dan kamera diperlukan lap mikrofiber dan cairan pembersih khusus kamera. Seperti cairan pembersih monitor laptop dan kacamata, maka untuk lensa kamera juga ada cairan pembersih khusus, sebisa mungkin Anda melindunginya dengan filter UV atau untuk membersihkannya bisa gunakan blower. Kit pembersih bisa dibeli di toko kamera. Untuk membersihkan bagian dalam atau interior kamera (apalagi sensor), jika Anda kurang tahu caranya, lebih baik berikan pekerjaan ini pada ahlinya.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kamera DSLR dan Fungsinya

  • Tripod

Aksesoris ini berfungsi membantu dan meringankan beban Anda saat sedang fokus memotret. Aksesoris ini terdiri dari beberapa jenis yaitu tripod, monopod, gorillapod. Fungsi lainnya adalah membantu Anda menghasilkan foto yang tajam dan detil saat mengambil eksposure long shutter. Lebih disarankan membeli tripod yang kaki-kakinya gampang diatur panjang dan pendeknya, kuat untuk menahan beban kamera dan mekanisme pemasangan dan pelepasan kamera yang gampang dan fleksibel.

  • Shutter Release

Aksesoris ini terbagi dua jenis, ada yang kabel dan ada juga yang wireless. Dengan adanya shutter release, Anda tidak perlu repot memencet tombol shutter di kamera dan cukup menggunakan shutter release sehingga bisa memencetnya dari jarak jauh. Fungsi ini juga mirip remote control TV.

  • Vertikal Grip

Beli vertikal grip tambahan karena aksesoris ini sangat membantu Anda saat memotret dalam orientasi portrait atau vertikal. Vertikal Grip juga bisa berfungsi sebagai baterai cadangan, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan batere saat asyik memotret.

Anda tidak perlu merasa boros karena mengeluarkan uang banyak untuk aksesoris kamera ini karena semuanya wajib dibeli dan bisa sangat berfungsi dengan baik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *