Aksesoris Kamera DSLR Yang Wajib Dimiliki

Meski dengan hanya berbekal kamera dan lensa DSLR Anda sudah bisa memotret, ada aksesoris kamera dan perlengkapan lain yang wajib Anda miliki. Perlengkapan ini sangat penting peranannya, khususnya untuk mereka yang ingin menjadi fotografer profesional, karena bisa membuat hasil jepretan DSLR kamu semakin baik.

Aksesoris kamera ini dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko langganan Anda. Aksesoris tersebut meliputi:

Kartu memori

Aksesoris kamera ini berfungsi sebagai pengganti film negatif yang digunakan pada kamera analog. Aksesoris ini tentunya mutlak dimiliki. Kebanyakan kamera DSLR menggunakan kartu memori jenis Compact Flash (CF) dan Secure Digital (SD). Kartu memori ini hadir dalam beragam merek dengan kapasitas dan kecepatan transfer data yang beragam pula. Pilihlah kartu memori dengan kapasitas yang besar agar dapat menyimpan banyak foto hasil jepretan Anda.

Tas kamera

Karena kamera Anda pasti tidak akan tinggal diam di dalam kamar Anda, tentu Anda memerlukan tas khusus yang dapat memberikan perlindungan yang baik. Aksesoris kamera yang satu ini memiliki beragam model, mulai dari model selempang hingga ransel. Tas ini pada umumnya dilengkapi dengan slot-slot khusus di dalamnya untuk menyimpan kamera, lensa, pembersih kamera, dan perlengkapan lainnya. Slot ini terdiri dari pembatas tebal namun lembut sehingga kamera dan aksesorisnya terlindung. Pilihlah tas kamera dengan pelindung tebal, anti lembap, dan berbahan anti air. Agar tidak lembap, sebaiknya Anda sisipkan silica gel ke dalamnya.

Filter

Dengan beragam fungsi, aksesoris kamera ini berupa lingkaran kaca yang dipasang di muka lensa.  Jenisnya ada banyak sekali, mulai dari filter polarized, infrared, hingga aneka filter warna. Salah satu filter yang wajib Anda miliki adalah filter UV. Selain berfungsi sebagai pembias sinar ultra violet, filter ini juga dapat melindungi lensa dari goresan dan debu.

Lampu flash eksternal

Lampu flash (kilat) bawaan dibekali dengan kemampuan yang terbatas, begitu pula pengontrolannya. Jika Anda sering memotret obyek di dalam ruangan, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli lampu flash eksternal. Aksesoris kamera yang kadang disebut flash gun ini memiliki pancaran sinar yang lebih luas dan kuat.

Lens hood

Fungsi utama aksesoris kamera ini adalah untuk mengurangi efek flare, hasil pembiasan dari cahaya lampu atau matahari. Beberapa lensa DSLR memang telah menyertakan lens hood dalam paketnya, namun banyak juga yang tidak sehingga Anda harus membelinya.

Cleaning kit (perlengkapan pembersih)

Kamera DSLR berisiko kemasukan debu dan kotoran karena lensanya bisa dicopot. Lensa yang sering dipegang pun bisa cepat kotor. Oleh karena itu perlengkapan untuk membersihkan kamera mutlak diperlukan. Cleaning kit umumnya terdiri dari tisu pembersih lensa, blower untuk menghilangkan debu, dan cairan pembersih noda pada lensa. Aksesoris kamera ini ada yang dijual per paket, ada juga yang dijual terpisah.

Tripod

Saat memotret dalam kecepatan shutter rendah, seperti memotret di malam hari, Anda memerlukan bantuan tripod agar tangkapan kamera tidak goyang. Pilihlah tripod yang benar-benar kokoh dan memiliki kaki-kaki yang kuat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *