6 Tips Foto Pada Waktu Malam Hari

Tips foto – Memotret pada waktu malam hari disebut juga dengan istilah fotografi malam. Ternyata salah satu aspek fotografi yang menarik adalah foto yang dilakukan pada malam hari. Namun, untuk mendapatkan gambar yang tajam dan jelas dalam kondisi yang minim cahaya bukanlah hal mudah.

Untuk para fotografer pemula tentu aktivitas memotret pada malam hari adalah sesuatu yang rumit namun bisa menjadi tantangan yang menarik. Pada dasarnya memotret pada waktu malam hari lebih sulit dibandingkan pada waktu siang hari. Karena pada waktu siang cahaya terang dan tidak terbatas.

Dengan sedikit teknik yang tepat, memotret pada malam hari terutama objek jalan dengan kendaraan, objek gedung dan aktivitas di malam hari lainnya bisa menghasilkan foto yang menawan. Karena efek cahaya lampu bisa membuat objek foto menjadi lebih dramatis.

Berikut ini akan kami sampaikan tips foto pada waktu malam agar mendapatkan hasil foto yang tajam.

Gunakan Tripod

Tripot diperlukan dalam fotografi malam hari karena cahaya minim, dengan adanya alat ini bisa membuat kamera stabil sehingga gambar yang diambil tidak blur. Saat menggunakan tripot pastikan bagian kakinya berada dipermukaan yang rata dan kokoh. Gunakan kecepatan shutter lambat 4-8 detik. Untuk medapatkan hasil foto seperti siang hari, caraya bisa menggunakan tripod sudut rendah yang diarahkan ke langit.

Gunakan Format RAW

Dibandingkan dengan JPEG, format RAW menghasilkan kualitas gambar terbaik. Namun format ini membutuhkan banyak kapasitas di memori. Format RAW cocok digunakan untuk menangkap objek landscape pada waktu siang hari. Karena pada waktu siang lebih banyak membutuhkan gambar yang detail dan tajam.

Baca Juga:Tips Photography untuk Menangkap Obyek yang Sedang Bergerak di Kecepatan Tinggi

Mengatur ISO

Pada waktu malam hari diperlukan ISO tinggi. Pengaturan ISO mempengaruhi sensitivitas sensor pada kamera terhadap cahaya. Semakin besar ISO maka semakin sensitive senor kamera terhadap cahaya. Untuk malam hari set ISO pada angka rendah dibawah 400 karena akan memotret long exposure. Gunakan angka f yang besar.

Gunakan Aperture yang Tajam

Aperture yang tajam adalah dua stop dari bukaan aperture terlebar, contohnya: bukaan terlebar kamera adalah f/2,8 maka untuk menghasilkan diafragma yang tajam adalah f/5,6 dan f/8.

Perhatikan Komposisi

Untuk mendapatkan komposisi yang tepat, sebaiknya datangi terlebih dahulu tempat yang akan dijadikan tempat memotret. Perhatikan detail tempat yang memiliki cahaya berlebih dan cahaya sedikit. Perhatikan pula komposisi cahaya lampu.

Gunakan Miroor Lock Up

Fitur ini fungsinya untuk mengurangi getaran pada gerakan cermin. Saat menggunakan fitur ini maka mirror kamera akan bergerak keatas atau kebawah untuk mengijinkan cahaya masuk ke sensor. Dengan fitur ini gambar akan lebih tajam.

Selain 6 tips foto pada waktu malam hari, masih ada tips lainnya yang akan kita sampaikan pada artikel lainnya. Selamat memotret!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *