5 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik untuk Kamera Anda

5 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik untuk Kamera Anda

Perkembangan fitur kamera terus mengalami peningkatan. Belum lagi dengan hadirnya beberapa aksesoris lain yang meningkatkan kualitas foto Anda, salah satunya dengan menggunakan lensa tambahan. Ada banyak jenis lensa tambahan yang bisa digunakan, salah satunya adalah fisheye lens.

5 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik untuk Kamera Anda

Lensa ini memiliki kekhususan tersendiri dan bisa menunjang hobi memotret pemandangan, apalagi saat travelling di tempat-tempat yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Maraknya penggunaan alat ini, membuat banyaknya pilihan lensa fisheye di pasaran. Berikut ini ada beberapa rekomendasi fisheye lens terbaik yang bisa Anda pilih.

Sigma 15mm F2.8 EX DG Diagonal Fisheye

Salah satu kelebihan yang ada pada fisheye lens ini adalah  memiliki maksimum aperture f/2.8 dan minimum aperture f/2.2 sehingga memungkinkan Anda bisa melakukan focusing hingga 15 cm. Selain itu, ukuran focus ring lensa ini juga sangat pas dan mudah dioperasikan. Sedangkan untuk fitur autofocus-nya, lensa ini mudah merespon dan menangkap gambar dengan efek diagonal fisheye. Tak heran jika lensa ini sangat cocok untuk memotret landscape maupun cityscape. Lenda kamera ini di banderol dengan harga Rp 10.200.000.

Nikon AF Fisheye-Nikkon 16mm f/2.8D

Nikon AF Fisheye-Nikkon 16mm f/2.8D memiliki lebar sudut yang mencapai 180°. Dengan lebar sudut tersebut pada lensa ini memungkinkan Anda akan memperoleh efek diagonal fisheye tanpa sudut hitam. Selain itu, lensa ini juga memiliki aperture maksimum f/2.8 plus focal length yang besar sehingga menghasilkan gambar yang tajam meskipun dalam kondisi pencahayaan yang minim. Dengan fitur canggih seperti yang telah disebutkan, tak heran jika lensa ini di banderol seharga Rp 11.095.000.

Olympus M.Zuiko ED 8mm F1.8 Fisheye PRO

Seolah tak mau ketinggalan, Olympus juga merilis fisheye lens yang tak kalah canggih dari pesaing-pesaingnya. Lensa memiliki ukuran compact plus fast f/1.8 maximum aperture sehingga akan memudahkan Anda mengambil pemandangan alam pada mode fast-action meskipun berada di medan yang berat.

Selain itu, lensa ini juga dilengkapi dengan anti-reflective coating yang berfungsi untuk mengambil gambar dengan ketajaman dan kontras yang sangat baik bahkan sekalipun ada cahaya menyilaukan. Sedangkan untuk lebar sudut lensa ini mencapai 180° dengan maksimum perbesaran hingga 0.22 kali. Oleh karena itu, harga yang di banderol untuk lensa ini, yakni Rp 18.835.700 sebanding dengan kualitas dan kecanggihan yang ditawarkan.

Canon EF 8-15mm f/4L USM

Jika Anda sedang mencari fisheye lens yang dapat memberikan efek diagonal fisheye dan circular fisheye dalam satu produk, maka pilihan yang tepat adalah lensa fishseye Canon yang satu ini. Selain memiliki focal length dengan range 8-15 mm yang dapat Anda sesuaikan, lensa ini juga dilengkapi dengan Canon’s Super Spectra Coating. Fitur ini akan meminimalisir munculnya ghosting ataupun flare. Lensa Canon ini dapat Anda miliki dengan membayar harga Rp 18.550.000.

Panasonic LUMIX G Fisheye Lens 8mm F3.5 Micro Four Thirds – H-F008

Salah satu kelebihan fisheye lens ini adalah karena bobotnya yang ringan hanya 165 gram dengan jarak fokus minimum 10 cm sehingga memudahkan Anda dalam mengambil foto close-up. Tak hanya itu, lensa ini juga memiliki ukuran aperture f/3.5, maka Anda tak perlu meragukan tingkat ketajaman gambar yang dihasilkan. Lensa ini juga terbilang murah dibanding lensa lainnya, yakni hanya di banderol seharga Rp 9.059.000.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *