5 Jenis Tas Kamera Traveller Berdasarkan Fungsinya

5 Jenis Tas Kamera Traveller Berdasarkan Fungsinya

Bagi Anda yang suka traveling, pastinya kamera menjadi salah satu perlengkapan yang penting untuk dibawa kemana pun Anda berkelana. Ada berbagai jenis kamera seperti kamera mirrorless, kamera DSLR, kamera saku, dan jenis kamera lainnya. Adapun jenis-jenis kamera tersebut memiliki fungsi dan tujuan penggunaan berdasarkan kebutuhan yang berbeda. Prinsip tersebut juga berlaku bagi tas kamera. Ada baiknya sebelum Anda membeli barang yang satu ini, Anda perlu mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Berikut beberapa jenis tas kamera secara umum berdasarkan fungsi dan kegunaannya, antara lain.

5 Jenis Tas Kamera Traveller Berdasarkan Fungsinya

  1. Pouch dan Holster

Perlu Anda ketahui, tas kamera berjenis pouch biasanya digunakan untuk menyimpan kamera saku, karena tas ini berukuran ringkas dan simpel. Sedangkan tas berjenis holster, kerap kali disebut sebagai pouch versi besar. Pada umumnya, pengguna kamera mirrorless atau DSLR menggunakan jenis holster ini dikarenakan kamera yang mereka miliki hanya perlu satu jenis lensa untuk dipasang pada bodi kamera saat berpergian. Secara umum, jenis pouch dan holster ini bisa dikaitkan pada celana atau sabuk. Hal ini memudahkan bagi Anda ketika ingin mengambil gambar secara sigap supaya tidak ketinggalan momen.

  1. Tas Selempang atau Messenger Bag

Jenis tas kamera yang satu ini biasa disebut dengan istilah shoulder bag. Dimana tas ini merupakan jenis tas yang paling populer dan banyak digunakan. Shoulder bag mampu menampung sebuah DSLR serta lensa tambahannya berjumlah satu atau lebih, ditambah lagi dengan aksesoris lain seperti charger atau flashgun. Model selempang ini juga menjadi favorit bagi para traveller. Posisinya yang berada di samping, memudahkan mereka mengambil kamera untuk mengambil gambar.

  1. Tas Ransel atau Backpack

Selanjutnya, tas kamera berjenis ransel atau backpack biasanya digunakan oleh fotografer profesional. Tas ini mampu menampung lebih banyak muatan dibandingkan dengan shoulder bag. Backpack mampu memuat kamera DSLR beserta lensa-lensa tambahannya dan juga mampu menyimpan laptop maupun tablet. Sangat multiguna ya. Jenis tas yang satu ini memiliki pengait untuk tripod, sehingga sangat aman dan cocok bagi Anda yang hobi berkelana jarak jauh seperti mendaki gunung atau hiking.

  1. Sling Bag

Tas kamera berikutnya yaitu berjenis sling bag. Memang, kapasitas daya tampungnya masih kalah dengan kapasitas backpack, sehingga Anda tidak disarankan untuk membawa terlalu banyak. Terlebih lagi, sling bag ini hanya akan disangga oleh satu bahu, jadi pastikan Anda bawa yang penting saja. Sling bag juga memberikan akses yang mudah bagi Anda dalam mengambil kamera, jadi tak perlu ribet.

  1. Tas Troli atau Rolling Case

Jenis tas yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang hobi berpergian ke lokasi ekstrem, khususnya yang bertipe hard case. Kapasitas daya tampung tas kamera ini, jangan diragukan lagi. Tas ini mampu menampung lebih dari satu buah DSLR serta lensa-lensanya, bahkan juga bisa menyimpan drone.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *