5 Aksesoris Kamera Yang Fungsinya Sangat Penting

Jika Anda memiliki kamera DSLR penting juga mengetahui jenis-jenis aksesoris kamera. Sebagai fotografer profesional ataupun amatiran harus mengetahui bahwa aksesoris yang dimaksud bukan untuk menambah penampilan kamera menjadi lebih girly namun berguna untuk menjaga dan merawat kamera.

Bahkan ada jenis kamera yang bisa membantu proses pengambilan gambar yang mempengaruhi kualitas gambar atau video yang diambil. Berikut ini beberapa jenis aksesoris kamera dan fungsinya yang harus Anda miliki.

  • Tas Kamera

Tas kamera sangat penting karena fungsinya untuk menyimpan kamera dan aksesoris lainnya agar tidak terkena benturan, air dsb. Jika menyimpan kamera disatukan dengan barang-barang lain dikhawatirkan akan tergores atau kerusakan lainnya.

Ada beberapa model tas kamera yang dijual di pasaran, yaitu: model back pack, ikat pinggang, sling slide dan model koper.

  • Kit Pembersih Dan Lens Pen

Aksesoris ini fungsinya sangat penting untuk merawat kamera. Membersihkan kamera harus menggunakan cairan khusus dan kain khusus agar tidak tergores. Apalagi bagian lensa kamera merupakan bagian yang sensitive. Dengan kit pembersih proses membersihkan kamera lebih aman dan mampu membersihkan debu, kotoran dan bintik putih akibat lembab.

Pembersih bentuknya pena ini merupakan salah satu alat untuk membersihkan lensa. Bentuknya seperti ballpoint memiliki 2 ujung yang fungsinya berbeda, satu sisi adalah kuas lembut dan satu sisi yang lainnya merupakan penampar bundar yang fungsinya untuk membersihkan bercak noda jari.

Baca Juga: Bisnis Langka Jual Casing HP dan Aksesoris Lawasnya!

Mendapatkan kit pembersih ada di toko kamera atau bisa membelinya di situs jual beli kesayangan Anda Bukalapak.com.

  • Tripod

Aksesoris yang satu ini sangat membantu Anda pada waktu memotret dalam kondisi cahaya yang rendah. Menggunakan tripod sangat membantu menghasilkan gambar yang tajam, namun perlu diketahui bahwa tidak semua tripod mampu menahan beban yang berat. Jadi pastikan Anda mengetahui dan memilih spesifikasi tripod yang dibeli. Untuk para pemula bisa beli tripod yang bahannya terbuat dari serat karbon yang ringan dengan ketinggian yang standar. Pastikan tripod mampu memutar secara vertikal untuk pengambilan gambar.

  • Flash Eksternal

Akseoris ini fungsinya untuk membantu pencahayaan tambahan pada kondisi gelap saat akan mengambil gambar. Dengan fash eksternal gambar yang diambil bisa lebih maksimal dibandingkan hanya menggunakan flash yang sudah ada pada kamera.

  • Filter UV

Filter kamera adalah aksesoris yang fungsinya sangat penting untuk melindungi lensa kamera dari benturan, debu dan kemampuan menyaring sinar ultraviolet agar tidak masuk ke bagian sensor kamera. Sinar ultraviolet yang terlalu lama masuk ke dalam sensor bisa merusak sensitifivitas sensor pada kamera.

Nah, 5 aksesoris tersebut merupakan jenis aksesoris kamera yang penting yang harus Anda miliki. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat khususnya seputar dunia fotografi.

Be Sociable, Share!

One thought on “5 Aksesoris Kamera Yang Fungsinya Sangat Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *