4 Panduan Perawatan Kamera DSLR Untuk Umum

Mempunyai kamera DSLR memang butuh perawatan kamera yang displin. Agar kamera yang Anda beli dengan harga yang mahal tersebut tetap awet dan bisa digunakan sampai kapan pun. Di bawah ini, kami akan memberikan panduan bagi Anda sekalian, yang baru memiliki kamera DSLR dalam menjaga dan merawat kamera Anda dengan tepat dan benar.

Berikut 4 panduan perawatan kamera DSLR untuk umum.

  • Menjaga Lensa Tetap Bersih.

Nah ini termasuk poin yang cukup penting yang harus Anda selalu perhatikan. Yakni menjaga lensa kamera DSLR Anda agar tetap bersih. Walaupun saat sedang tidak digunakan. Salah satu panduan yang benar dalam merawat dan menjaga lensa dengan menggunakan cairan pembersih khusus lensa yang bisa Anda dapatkan di toko kamera terdekat. Cara penggunaan cairan pembersih khusus tersebut jangan langsung disemprotkan. Semprotkan cairan pembersih khusus tersebut ke lap microfiber. Lalu bersihkan ke seluruh bagian lensa dengan cara diusap perlahan-lahan.  Dan jangan lupa juga ketika lensa kamera DSLR sedang tidak digunakan, Anda bisa memasangkan Lens Cap. Lens Cap berfungsi melindungi selalu lensa kamera Anda dari debu dan kotoran yang menempel pada lensa kamera DSLR Anda.

  • Pasang Pelindung Layar di Layar LCD kamera DSLR

Cara merawat kamera DSLR selanjutnya yang kadang luput dari para pengguna kamera DSLR adalah dengan memasangkan pelindung layar di layar LCD Anda. Pelindung layar ini layaknya seperti pelindung di layar smartphone. Yang mempunyai fungsi bermanfaat. Untuk menjaga layar LCD  kamera DSLR Anda dari debu, air dan sidik jari. Alasannya adalah biar tetap bersih dan higinis. Karena layar LCD akan selalu terus menerus Anda pegang, untuk mengecek atau mengedit foto di layar LCD tersebut.

Baca Juga: 9 Tips Perawatan Kamera Agar Tidak Cepat Rusak

  • Hindari Selalu Kamera DSLR Anda Dari Air.

Usahakan selalu kamera DSLR Anda terhindar dari air. Apalagi kalau Anda suka berpetualang di alam terbuka. Karena kamera DSLR biasanya sangat sensitive terhadap air. Karena air bisa memudahkan kamera DSLR Anda cepat rusak dan mengganggu kinerja komponen di dalam kamera DSLR Anda. jadi usahakan kalau Anda sedang mengambil gambar yang di dominasi oleh air, seperti di danau, laut, lembah, atau kolam renang. Usahakan jangan sampai air mengenai lensa kamera atau body kamera DSLR Anda.

  • Selalu Bawa Tas Khusus Kamera DSLR.

Jika Anda senang mengambil gambar atau objek foto di alam terbuka. Jangan sampai lupa untuk memasukan dan membawa kamera DSLR Anda di dalam tas yang memang dirancang khusus kamera DSLR. Jangan sampai membawa tas sembarang. Karena tas kamera khusus DSLR biasanya dilengkapi dengan bantalan dan ruang yang lebih mencukupi segala kebutuhan kamera DSLR Anda.

Semoga 4 tips perawatan kamera DSLR di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang baru menekuni hobi fotografer. Sekian dan terima kasih.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *