3 Filter Kamera Favorit yang Sering Digunakan Profesional

Filter kamera adalah alat seperti cincin dalam berukuran besar yang bisa dipasangkan pada lensa kamera bagian depannya. Dimana lensa kamera ini membutuhkan filter agar hasil gambar yang diambil menjadi lebih bagus dan juga bervariasi. Banyak penggemar fotografi yang menggunakan filter untuk dapat membuat gambar yang diambilnya menjadi lebih hidup dan juga lebih fotogenik lagi. Ada banyak jenis filter yang bisa dipilih dan juga dikumpulkan untuk dapat berganti-ganti efek kamera yang dihasilkan ketika menggunakan filter ini.

Filter sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yang bisa dipilih. Apabila dilihat dari berbagai efek yang ditimbulkan filter ini mempunyai beberapa jenis yang bisa dipilih. Pertama adalah filter persegi panjang atau slot ini yang mempunyai bentuk persegi panjang. Jenis filter ini akan dimasukkan dalam frame di dalam kamera. Sedangkan untuk filter yang kedua adalah jenis lingkaran dimana merupakan filter umum yang banyak digunakan oleh orang. Fitur ini mempunyai diameter yang sama dengan lensa dan bisa langsung dipasang dengan cara mengikuti arah jarum jam. Sehingga apabila ingin memilih filter, pilihlah dahulu menurut bentuk yang akan dipasangkan pada kamera Anda. Sedangkan untuk hasil filter tersebut ada 3 filter yang menjadi favorit pada umumnya seperti berikut ini:

  • Ultraviolet Filter

Merupakan filter kamera pertama yang paling sering digunakan oleh penyuka dan pengguna kamera. Filter ultraviolet ini dapat digunakan untuk membuat gambar menjadi lebih bagus apabila terkena cahaya matahari yang berlebihan. Sehingga filter ultraviolet ini bisa digunakan untuk dapat mengurangi pengaruh sinar UV pada gambar. Apabila menggunakan filter ini, gambar yang akan dihasilkan akan mempunyai warna yang kebiru-biruan dan juga seperti berkabut. Filter ini sendiri biasanya dibiarkan terpasang di lensa kamera karena digunakan juga untuk dapat melindungi lensa kamera.

Baca Juga: Mengenal Lebih Tentang Jenis-Jenis Filter Kamera Dan Fungsinya

  • Polarizer filter

Adalah jenis filter yang kedua yang bisa dipilih oleh penyuka fotografi. Dimana filter ini dapat digunakan untuk dapat mengurangi pantulan dari sinar matahari, air, dan juga kaca. Filter ini dapat menghasilkan polasari yang tepat untuk hasil gambar yang akan diperoleh. Filter ini sendiri sangat cocok digunakan untuk mengambil langit, lautan, dan juga tempat yang mempunyai cahaya banyak dan banyak terjadi pantulan sehingga gambarnya akan kabur.

  • Natural density filter

Merupakan filter kamera selanjutnya yang menjadi favorit dan paling banyak digunakan oleh pecinta fotografi. Efek yang bisa ditimbulkan dari filter ini untuk hasil foto adalah dapat untuk menurunkan intensitas cahaya dalam foto. Sehingga bisa menggelapkan pemandangan yang ada pada objek. Filter ini sendiri sering digunakan untuk pengambilan gambar yang banyak airnya seperti pada pantai, air terjun, laut, dan juga tempat lainnya sehingga akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *