Fungsi Beberapa Lensa Kamera

Bagi Anda para pemula yang baru saja memiliki kamera DSLR pastinya bingung dengan lensa yang dijual di beberapa toko kamera beserta fungsi dari lensa – lensa tersebut. Karena lensa memiliki fungsinya tersendiri, maka harga lensa kamera juga bervariasi dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Ada juga lensa yang digunakan untuk pengambilan fotografi makro, dan pengambilan gambar secara umum. Setelah memilih lensa kamera yang diinginkan, Anda pun bisa langsung ke toko kamera atau membelinya secara online di toko online sesuai dengan jenis lensa yang Anda butuhkan. Berikut beberapa fungsi lensa kamera yang mungkin bisa Anda jadikan patokan sebelum membeli.

  • Lensa Kit ( Standar dan Normal)

Lensa kit biasanya sudah bawaan dari pabrik dan ketika Anda membelinya sudah ada pada kamera tersebut. Disebut normal dan standar karena memiliki focal length yang setara dengan diagonal gambar yang diproyeksikan pada lensa kamera. Dan disebut standar karena menghasilkan proyeksi yang lebih natural bila dibandingkan dengan lensa yang lain. Hasil yang diperlihatkan oleh lensa kita atau normal ini juga sama persis dengan apa yang dilihat oleh mata Anda.

  • Lensa Wide Angle

Disebut sebagai lensa sudut lebar karena sudut pandang yang lebar dan memberikan sudut panadng mendekati 180 derajat. Hasil dari karakter lensa lebar ini dapat membuat objek atau subjek kelihatan berukuran lebih kecil dari aslinya. Lensa jenis ini cocok digunakan saat memotret subjek yang luas dalam ruangan yang sempit. Ukuran lensa ini beraneka ragam, 17 mm, 28 mm, dan 35 mm.

  • Lensa Tele

Lensa ini kebalikan dari Wide Angle karena dapat memperbesar objek yang berjarak jauh dan menghasilkan gambar yang tidak pecah atau terdistorsi. Fungsi lensa ini untuk mendekatkan objek dan mempersempit sudut pandang. Biasanya ukuran lensa ini di atas 70 mm dan digunakan untuk mengambil foto candid atau pemandangan.

Baca Juga: Aksesoris Kamera DSLR

  • Lensa Zoom

Lensa ini merupakan gabungan dari lensa kit, wide angle dan tele. Lensa ini dirancang memiliki sudut pandang berbeda. Dimulai dari 2x zoom, 3x zoom, 10 x zoom dan 12x zoom.

  • Lensa Fish Eye

Gambar yang dihasilkan dari lensa ini cenderung melengkung, terdistorsi menjadi sedikit oval dan agak gepeng. Area penglihatan juga cenderung lebih dari 100 derajat, sehingga menghasilkan gambar yang cukup tinggi distorsinya. Dan pengaturan fokus pada kamera juga tidak diperlukan.

Jadi, lensa kamera sebenarnya lebih banyak lagi jenisnya hanya saja lima lensa di atas yang paling sering dicari dan diminati oleh para pengguna pemula. Semoga artikel ini bermanfaat dan tidak membuat Anda kebingungan lagi saat ingin membeli lensa. Ayo tingkatkan keahlian Anda dalam memotret!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *